7 Kesalahan charging yang merusak batere

Tips teknologi – Kegiatan charging sering kita lakukan secara rutin, dan banyak pengguna smartphone melakukannya dimalam hari. Tahukah anda, kesalahan charging yang selalu kita lakukan secara terus menerus dapat merusak kondisi batere yang akhirnya dapat merusak sirkuit dalam HP?. Jangan remehkan hal kecil yang nantinya dapat mengakibatkan HP anda bisa terbakar dan rusak secara permanen. Walau saat kita membeli HP selalu disertakan buku manual, tidak banyak yang membacanya malah dibuang dan diabaikan.

Memang, beberapa kejadian yang telah terjadi seperti HP yang meledak dan terbakar sehingga mengakibatkan korban hanya karena hal sepele. Walau sebuah produk HP dengan merk terkenalpun, jika kita perlakukan dengan tidak benar, akan mengakibatkan kecelakaan yang tidak kita inginkan. Bahkan pernah terjadi korban meninggal gara2 dia melakukan sambunga telepon saat HP sedang di charge. Kesalahan charging yang tidak direkomendasikan dari pabrik memang sering kita lakukan tanpa perhitungan.

Tips teknologi kali ini akan membahas beberapa kesalahan charging yang sering dilakukan oleh banyak pengguna HP yang tidak perlu kita contoh, yaitu :

1. Kesalahan charging – pengisian batere 100%
Perhatikan jika telapak tangan anda berkeringat saat memegang HP mulai saat baterai Anda turun di bawah 90%, Anda perlu untuk menghentikan sementara agar batere tidak panas. Mempertahankan muatan penuh bukan cara yang paling efisien untuk menjaga baterai ponsel Anda kuat. Bahkan, para ahli menyarankan pemakaian batere ponsel anda untuk beberapa hari antara 30 dan 80 persen penuh. Di situlah itu paling nyaman, dan akan berjalan secara efisien.

2. Kesalahan charging – pemakaian sampai power mati
Memang untuk jenis baterai lithium ion memiliki kelebihan tetap stabil ketika mereka drop-down untuk daya rendah, tetapi memiliki kelemahan untuk pemakaian yang lama sehingga Anda harus menghindari yang pada peringatan status “baterai rendah” terlalu sering. Aturlah pemakaian sesuai kondisi batere.

Artikel terkait :   Cara mengunci flashdisk dalam 5 menit

3. Kesalahan charging – kondisi batere terlalu panas
MAsih sekitar mengenai kesalahan charging ini tidak secara khusus masalah pengisian batere. Tapi itu masih sangat penting. Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa aktifitas telepon anda menjadi lamban setelah yang telah duduk di bawah sinar matahari, atau berada dibawah terik matahari. Itu karena baterai HP tidak stabil dalam kondisi suhu ekstrim, dan harus bekerja ekstra keras dalam panas tinggi atau dingin. Menurut beberapa ahli menyatakan bahwa, “zona nyaman” untuk batere adalah antara 32 dan 95 derajat. Intinya: telepon Anda pada dasarnya adalah bayi komputer kecil yang membutuhkan yang perlu terbungkus dan mendingin pada suhu ruangan yang membuatnya dapat bekerja dengan nyaman.

4. Kesalahan charging – menggunakan kabel charger terlalu panjang
Banyak yang tidak begitu memperhatikan kondisi ini, seringnya melakukan proses charging dengan asal bisa terkoneksi dengan sumber daya. Padahal, semakin panjang kabel charging dapat mengakibatkan power yang mengalir dari sumber daya akan memberikan efek panas pada port yang ada di HP. Maknya kita perhatikan, saat kita membeli power bank, selalu diberikan kabel yang pendek untuk menghindari daya yang hilang karena kabel yang panjang.

5. Kesalahan charging – melakukan kegiatan dengan HP saat charging
Jika anda sering tidak sabar menunggu sebentar untuk proses charging, tetapi tetap memakai HP anda untuk beraktifitas, mulai sekarang sebaiknya anda pikirkan lagi. Usia batere dapat semakin pendek jika anda tidak membiarkan batere melakukan pengisian ulang tanpa terganggu dengan aktifitas anda. Biarkan pengisian batere lebih leluasa secara penuh untuk umur batere yang lebih panjang dan awet.

6. Kesalahan charging – membiarkan batere habis dalam waktu yang lama
Walau memang masih dapat dicharging lagi saat kita colokan ke sumber daya, akan tetapi ini tidak direkomendasikan oleh pabrik pembuatnya. KOndisi batere saat tidak memiliki daya sama sekali dan sedang di lakukan pengisian ulang seolah tidak ada sama sekali muatan. Saat pengisian akan menjadi lama dan panas. Hal ini akan merusak kondisi elemen dalam batere yang akhirnya menjadikan usia batere pendek.

Artikel terkait :   Cara membuat headset awet

7. Kesalahan charging – menggunakan charger yang salah
Pasti anda sering melakukannya tanpa paham akibatnya. Sering meminjam kabel dan charger kepada teman walau colokan anda dapat masuk ke HP, tapi ini tidak direkomendasikan. Seperti halnya yang terjadi di beberapa waktu yang lalu dimana timbul korban karena kesalahan charging dengan charger yang salah sehingga HP meledak.

kesalahan chargingNah, 7 kesalahan charging yang sering kita lakukan tanpa memahami akibatnya pada usia batere sebaiknya anda pahami mulai dari sekarang. Hindari kesalahan charging yang dapat mengakibatkan hal yang fatal terjadi pada smartphone dan diri anda.

Leave a Reply