Action camera bagus harga murah

Jika anda mencari action camera bagus harga murah dibawah 1 jutaan, pikirkan mengenai wide range lensa untuk hasil yang alami serta natural saat merekam. Abaikan merk saat membeli action camera dengan budget terbatas. Percaya saja dengan insting serta kemampuan anda saat memakainya akan membuat merk tidak begitu penting untuk sebuah action camera di bawah 1 jutaan. Sebuah karya seni terutama dokumentasi sebuah momen indah dapat dilihat dari proses pengambilan gambar serta teknik fotografi yang dimiliki. Sebuah proses merekam gambar memiliki sentuhan khusus. Tetapi harga memang mutlah untuk sebuah cation camera. Ada beberapa hal pokok yang perlu anda perhatikan dan teliti sebelum membeli sebuah action camera bagus harga murah di bawah 1 jutaan. Apa itu?. Mari simak penjelasan berikut.

Apa fungsi action camera?

Action Camera atau Kamera Aksi adalah perangkat kamera yang dirancang compact dan kokoh dengan tombol dan fungsi yang simpel untuk mengabadikan berbagai momen dan sangat berbeda dengan kamera konvesional yang dioperasikan menggunakan tangan. Action Camera bisa dibilang kamera “point to view” sebab sebagian besar action camera dikenakan di tubuh atau perangkat tertentu misalnya di dada, lengan, kepala bahkan di kap mobil, di atas helm, di handlebar motor cross dan tempat lainnya. Dari sinilah sudut pandang orang pertama atau POV (point to view) muncul.

Action Camera dibuat untuk memenuhi keinginan orang yang ingin mengabadikan kegiatan ekstremnya. Apa Readers pernah melihat atau menonton video olahraga ekstrem atau kegiatan yang menguji adrenalin baik di darat, laut hingga udara dengan menggunakan drone. rata – rata untuk mengabadikan momen tersebut mereka menggunakan action camera. Sudut pengambilan gambar atau video bisa beragam tergantung darimana angle yang di inginkan sehingga hasilnya sangat mengesankan seolah – olah visual berupa foto atau video yang dihasilkan itu benar – benar memperlihatkan apa yang dialami langsung oleh pelakunya.

Walau ukuran action camera sangat compact, tapi fitur yang dimiliki kamera ini sangat advance. Bahkan sudah memenuhi standard industri televisi ataupun video klip. Tak heran, kemunculan action camera ini sangat booming di berbagai negara termasuk Indonesia.

Artikel terkait :   Tips membeli action camera terbaru

Apa bedanya dengan kamera biasa ?

Fungsi action camera saat ini adalah untuk menghasilkan sebuah foto dan video dengan resolusi tinggi di berbagai tempat tanpa harus takut kamera tersebut rusak. Action camera memiliki perlindungan di bagian casing. Casing tersebut sangatlah kuat sehingga tidak akan mudah hancur saat jatuh. Selain itu, casing action camera juga kedap air, jadi akan tetap aman saat dibawa berenang. Untuk beberapa casing action camera juga dilengkapi dengan dudukan khusus, untuk mempermudah saat ditaruh di berbagai tempat seperti helm, papan selancar, sepeda motor, mobil dan lainnya.

Bagaimana dengan daya tahan baterenya?

Meskipun digunakan di luar ruangan (outdoor), action camera memiliki batas maksimal kekuatannya sendiri. Seperti contoh sebuah action camera GoPro HERO4, dengan bantuan casing tambahan kamera ini mampu menyelam hingga kedalaman 40 meter. Ada juga kamera **iON Air Pro **3 yang mampu menyelam hingga 15 meter tanpa menggunakan casing.

Baterai adalah hal yang cukup penting di setiap action camera. Memiliki sebuah action camera dengan baterai yang besar tentu bisa membuat rekaman video dan foto lebih banyak. Contoh: GoPro HERO4 memiliki baterai 1160 mAH, dengan baterai seperti itu, HERO4 dapat merekam video 4K 30fps selama 1 jam 5 menit jika WiFi dalam keadaan mati.

Bagaimana dengan kualitas videonya ?

Fungsi utama action camera adalah membuat sebuah video. Beberapa action camera saat ini sudah bisa membuat sebuah video dengan resolusi 720p hingga 4K (3840 x 2160). Selain itu, untuk video resoulusi standar (720p – 1080p), kamu bisa mendapatkan frame rate tinggi hingga 240fps. Hal ini akan sangat membantu untuk menciptakan sebuah video SloMo (Slow Motion). Format hasil sebuah video dari action camera juga harus diperhatikan. Pastikan formatnya .mp4 dengan codec H.264 agar lebih mudah dijalankan dan diedit pada gadget lainnya.

Adakah kekurangan action camera murah ?

1. Harga Beda, Merek Beda, Kameranya Sama
Coba kalian perhatikan , hampir semua action camera buatan china memiliki design dan spesifikasi yang sama. Coba kalian perhatikan beberapa action camera dengan harga dibawah 1 jutaan, bentuk dan spesifikasinya sama saja kan ? hanya berbeda label yang tertulis pada body kamera. Jangan – Jangan 1 Pabrik ? belum diketahui apakah semua kamera tersebut berasal dari sebuah pabrik yang sama, lalu didistribusikan dengan merek berbeda, atau diberi merek oleh orang indonesia, karena spesifikasinya tidak begitu lengkap dan jelas, kita belum bisa menggali lebih dalam darimana sebetulnya merek-merek tersebut.

Artikel terkait :   Memasang charger hp di mobil berbahaya

2. Hardware Tidak Jelas
Kamera pada umumnya memiliki sensor dan sebuah chipset yang bekerja sama untuk menghasilkan sebuah foto maupun video. Nah, ini salah satu kekurangan action camera buatan china, pada halaman penjualan kita tidak tahu apa jenis sensor dan chipset, bisa dibilang sulit memastikan seberapa baik performa dari kamera buatan china ini.

3. Design Jiplak Merek Lain
Bukan sebuah rahasia kalau kelemahan action camera buatan china adalah dalam segi Design, kebanyakan kamera aksi buatan china menjiplak design GoPro.

4. Dukungan Perangkat Lunak Minim
Kekurangan action camera buatan china selanjutnya adalah dukungan perangkat lunak yang apa adanya, jika GoPro dan Xiaomi Yi memiliki aplikasi khusus yang eksklusif untuk mengendalikan kamera melalui smartphone, beberapa kamera buatan china hanya menggunakan aplikasi standar yang sifatnya universal.

5. Kompresi Gambar Yang Kurang Baik
Action camera yang baik mampu melakukan kompresi pada video dan foto yang dihasilkan dari kameranya agar ukurannya tetap kecil namun tidak mengurangi kualitas gambarnya. Kekurangan kamera aksi buatan china tidak bisa melakukan kompresi sebaik kamera ternama lainnya.

6. Kualitas Belum Teruji
Kelemahan Action camera buatan china pada umumnya belum dapat dipastikan segi durabilitasnya, hal ini dikarenakan pasar atau penggunanya masih sedikit, Kamera aksi buatan china biasanya dijual di negara-negara yang masyarakatnya sangat tertarik kepada fotografi namun daya beli kamera berkualitasnya kecil.

Berbeda dengan GoPro, Sony dan merek ternama lainnya yang kualitasnya sudah teruji dan terbukti bukan hanya digunakan oleh orang biasa, namun juga kerap digunakan sebagai kamera untuk mengambil gambar saat shooting film hollywood.

Leave a Reply