Aloe vera sebagai obat nyeri sendi

Jika anda sedang mengalami sakit persendian, sering ngilu dan merepotkan. Jangan kawatir, ternyata aloe vera baik sebagai obat nyeri sendi. Aloe vera atau lidah buaya yang kita kenal sangat banyak dan mudah kita budidayakan, ternyata memiliki kandungan dan manfaat baik sebagai obat nyeri sendi. Sekian banyak penelitian pengobatan dan pencegahan keluhan pada persendian untuk usia tertentu, dapat memanfaatkan aloe vera sebagai obat nyeri sendi yang baik. Apa saja penjelasannya mengenai hal tersebut?. Mari simak ulasan mengenai aloe vera untuk obat nyeri sendi.

Jenis makanan apa yang menyebabkan sakit nyeri sendi?

Menurut data Centers for Disease Control and Prevention, sekitar satu dari lima orang dewasa di Amerika terdiagnosis arthritis atau radang sendi. Hingga saat ini belum ada pengobatan pasti untuk meredakan sakit pada sendi. Namun dengan menghindari konsumsi beberapa makanan diyakini dapat menghindari rasa sakit berlebih.

Tomat – Para peneliti melakukan survei kepada 2.051 orang yang merasakan sakit pada sendinya. Sebanyak 20 persen di antaranya melaporkan pengonsumsian tomat diduga sebagai pemicu terbesar rasa sakit pada sendi.

Hal tersebut terjadi karena kandungan pada tomat mengakibatkan kadar asam urat yang berlebih pada darah manusia, sedangkan asam urat menjadi penyebab utama dari nyeri sendi. Para peneliti mengatakan mengurangi konsumsi tomat dapat mengurangi kadar asam urat pada tubuh.

Jagung, kedelai, kenari, dan minyak zaitun – Kacang-kacangan dan minyak zaitun mengandung asam lemak yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan masalah asma, penyakit jantung, dan peradangan pada tubuh juga arthritis.

Soda – Kadar gula pada soda berisiko diabetes dan penyakit jantung. American Journal of Clinical Nutrition menganalisa data dari dua penelitian dan menemukan hubungan antara mengonsumsi soda dengan risiko arthritis. Wanita yang meminum segelas soda sehari memiliki 63 persen risiko lebih besar dibandingkan wanita yang tidak meminum soda sama sekali.

Artikel terkait :   Dampak negatif kopi bagi ibu hamil

Apakah penyakit radang sendi itu berbahaya ?

Dalam beberapa kasus, bahwa penyakit radang sendi itu tidak berbahaya, karena penyakit ini bisa sembuh sendiri dalam beberapa hari tanpa harus di obati. Akan tetapi apabila penyakit radang sendi itu di diabaikan takutnya penyakit radang sendi akan bertambah buruk, oleh karena itu periksakan ke dokter apabila penyakit radang sendi anda tidak kunjung sembuh.

Ini merupakan salah satu penyakit yang umum yang dapat menyerang siapa saja, karena penyakit ini merupakan penyakit golongan yang tidak berbahaya akan sembuh dengan cepat tanpa di obati. Dapat menyerang siapa saja, dimana saja dan siapa saja. Radang sendi memang penyakit yang tidak berbahaya, akan tetapi bila terkena penyakit ini aktivitas sehari – hari kita bisa tergangu.

Apa manfaat aloe vera terhadap radang sendi?

Lidah buaya Aloe vera, tanaman asal Afrika yang menjadi imigran di Indonesia itu ternyata memiliki 1001 khasiat. Sejak zaman nenek moyang, lidah buaya digunakan sebagai tanaman obat untuk berbagai penyakit. Bangsa Mesir Kuno sudah memanfaatkannya sejak sekitar 1.500 SM; bangsa Samaria, 1875 SM. Karena khasiatnya yang luar biasa, lidah buaya dianggap sebagai tanaman keabadian.

Hasil penelitian Antoni Femenia, periset dari Departemen Kimia Universitat de les Illes Balears, Spanyol, lidah buaya memiliki multikhasiat lantaran bersifat antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, anticendawan, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiarteriosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik. Lidah buaya juga moncer sebagai penghilang nyeri.

Senyawa yang bertanggung jawab sebagai penghilang nyeri adalah antrakuinon dan kuinon. Dua senyawa itu juga dikenal sebagai antibiotik. Keluarga Liliaceae itu pun mengandung salisilat yang berperan untuk meredam rasa sakit. Salah satu enzim dalam lidah buaya juga bisa memecah brandykinin-senyawa penyebab rasa nyeri. Karena itu kerabat bawang merah itu bisa dimanfaatkan oleh penderita osteoartritis.

Artikel terkait :   Khasiat tanaman herbal melawan berbagai penyakit

Selain berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, lidah buaya juga berkhasiat bagi kecantikan. Dalam Drugs and Cosmetic Journal tertulis lidah buaya mengandung polisakarida (terutama glukomannan) yang bekerja sama dengan asam-asam amino esensial dan sekunder, enzim oksidase, katalase, dan lipase. Sejak lama asam amino diketahui berfungsi sebagai penyusun protein pengganti sel yang rusak. Artinya, lidah buaya berperan untuk membantu proses regenerasi sel baru.

@Tips bermanfaat – 2016

Leave a Reply