Apa itu android tv box?

Jika anda ingin memiliki smart tv dari tv lama anda. Beli saja android tv box untuk perangkat tv lama anda menjadi lebih smart. Apa itu android tv box?. Bagaimana android tv box bisa merubah tv lama menjadi smart tv?. Berapa harga sebuah androdi tv box?. Apakah perlu kita menjual tv lama kita dan membeli sebuah smart tv baru?. Memang smart tv sangat mendukung bagi anda yang hobi menikmati siaran hiburan melalui internet. Apalagi jika acara hiburan tersebut dapat anda nikmati pada sebuah tv layar lebar dirumah bersama keluarga. Sebuah smart tv memang tidak murah harganya. Cukup menguras kantong anda, terutama smart tv yang dikeluarkan merk terkenal seperti samsung yang sangat fantastis harganya karena cukup menyenangkan menikmati siaran smart tv dengan sebuah tv yang menghadirkan ketajaman gambar serta suara yang jernih. Nah, jika anda masih terlalu sayang dengan tv lama anda, pilihan memasang android tv box salah satunya. Bagaimana cara memasang android tx box?. Mari, dalam artikel tips teknologi berikut kami akan membahasnya untuk anda.

android-tv-boxTelevisi yang menjadi alat hiburan paling populer didunia. Dan juga alat hiburan tertua di era modern ini. Tak luput dari bidikan Android untuk digarap. Televisi yang sekedar menjadi hiburan konfensional 1 arah. Menjadi hiburan yang interaktif dengan beragam fungsi yang menarik. Dari fungsi hiburan, informasi, permainan, dan bahkan komunikasi layaknya sebuah telepon atau tablet, dengan adanya aplikasi-aplikasi Android yang disediakan oleh Google Play.

Menonton video youtube di televisi memberikan pengalaman lebih dengan adanya layar yang besar, menikmati bersama keluarga menjadi sesuatu yang berbeda. Browsing internet dengan browser yang tersedia. Memainkan game-game dari yang game ringan-ringan sampai game kelas berat dengan gambar grafis yang berat juga bisa. Kartu grafis Android juga dikembangkan untuk menangani game-game dengan tingkat grafis yang detail.

Berkomunikasi dengan pengguna smartphone/tablet yang lain, bisa juga dilakukan. Banyak aplikasi telepon dan tablet Android yang bisa diinstal untuk keperluan tersebut. WhatsApp, wechat, skype, line, kakao, YM, dan masih banyak lagi. Aplikasi sosial media. seperti facebook, twitter, instagram, dan lain-lain.

Artikel terkait :   Anda terkena Jebakan facebook komen 'Amin'?

Apa bedanya dengan android tv stick?

Beberapa orang yang berencana untuk membeli Android TV box/ stick kadang-kadang kebingungan dan sering bertanya bagaimana cara menghubungkan perangkat mereka dengan TV? Jawabanya sangat sederhana , yaitu tinggal hubungkan perangkat ini dengan TV melalui kabel HDMI. Secara garis besar ada dua cara tergantung tipe nya, ada yang dicolokan langsung ke port HDMI dan ada yang harus dihubungkan dengan bantuan kabel. Yang dicolokan langsung biasanya disebut Google TV Gongle atau Android TV dongle , perangkat ini memiliki tonjolan keluar seperti USB stick atau flash disk , jadi hanya tinggal colokan saja ke port HDMI.

Karena langsung berhugungan dengan port HDMI beberapa tipe Android TV stick biasanya panas/ overheat, hal ini bisa diakali dengan membongkar stick ini dan memasang heat sink. Heat sink ini material yang didesain untuk menyerap panas dari perangkat elektronik seperti komputer, laptop dan lain-lain. Tipe heat sink yang dipakai biasanya heat sink yang terbuat dari logam, heat sink yang dipakai harus dipilih yang ketebalanya tipis sehinggga setelah dipasang di dalam casing Android TV Stick

Nah, karena smart tv box terhubung ke TV secara tidak langsung (melalui kabel HDMI) , kebanyakan Abdroid TV Set Top Box terhindar dari resiko overheat, Ada juga beberapa perangkat box Android yang dilengkapi dengan kipas untuk menurunkan temperatur.

Apa Itu Android TV Box?
Android TV Box biasanya adalah istilah yang dipakai beberapa orang untuk Google TV Box. Nah, kemudian pertanyaan nya adalah apa itu Android TV Box? Android TV Box adalah perangkat keras berbentuk seperti set top box yang didalam nya sudah tertanam OS Android. Android TV Box adalah perangkat set top box yang tidak memiliki layar layaknya Smartphone atau tablet Android.

Untuk bisa melihat tampilan nya, maka media player Android ini harus dihubungkan dengan monitor atau TV dengan melalui kabel HDMI. Setelah terhubung dengan TV , maka TV atau monitor ini akan berubah benjadi Android berlayar besar atau Android TV atau banyak juga menyebutnya dengan Google TV.

Artikel terkait :   Foto dalam air dengan action cam

Apa manfaat android tv box?

Secara sederhana Android TV Box memiliki fungsi untuk merubah TV biasa kamu menjadi sebuah smart TV, menjadikan televisi yang kamu miliki menjadi layaknya sebuah ponsel Android. Itu artinya apa yang bisa kamu lakukan di sebuah handphone Android, maka dengan menggunakan TV Box ini maka kamu bisa melakukannya juga di TV, mulai dari bermain game, mengakses email, browsing internet, streaming video.

Dengan menggunakan sebuah Android TV Box kamu bisa merubah sebuah TV biasa menjadi sebuah TV pintar yang tidak hanya menyajikan acara televisi biasa namun juga bisa dipakai untuk berbagai macam aktivitas lainnya seperti mengakses internet, sampai bermain game dan tentu saja streaming video online seperti Youtube.

Berbicara tentang manfaat maka sebuah Androidv TV memiliki manfaat yang hampir sama dengan hp Android yang kamu miliki. Jadi apapun manfaat yang kamu rasakan di hp Android, maka akan sama dengan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Android TV Box, karena keduanya sama-sama bersistem operasi Android.

Bisakah perangkat tersebut diatas disambungkan ke TV Tabung/ TV biasa?

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah TV tabung bisa disambungkan dengan Android TV Box atau tidak. Sebenarnya bisa saja, tapi Anda membutuhkan converter kabel HDMI ke RCA. Fungsinya adalah mengubah output digital menjadi analog.

Satu hal lagi yang perlu Anda pahami adalah, cara kerja Android atau Google TV sama halnya dengan smartphone. Untuk bisa melakukan streaming video atau channel TV Anda membutuhkan koneksi internet. Kecuali kalau Anda hanya ingin sekadar melihat foto atau video yang ada di memori atau flashdrive.

Harga perangkat ini berkisar antara Rp 600 ribuan sampai Rp 2 jutaan dan bisa dengan mudah didapat di toko-toko online seluruh Indonesia.

Leave a Reply