Aplikasi recording PC yang mudah dan ringan?

Anda sering upload video ke youtube?. download aplikasi perekam layar PC memang mudah, tetapi aplikasi recording PC apa yang mudah dan ringan?. Tidak heran jika VLOG sekarang ini menjamur dan menjadi sebuah bagian yang tak terpisahkan, terutama berbagai perangkat perekam video yang murah mulai dari action cam sampai peningkatan kinerja front kamera yang diumbar oleh pabrikan pembuat smartphone. Nah, mulai menyasar aktifitas kita di layar PC, banyak yang mulai melakukannya sebagai salah satu bagian yang bisa menjadi alternatif untuk membuat VLOG dari layar PC. Hanya saja, banyak aplikasi perekam atau capture yang bisa dimanfaatkan namun tidak semua sesuai dengan kebutuhkan dan perkembangan kebutuhan anak muda sekarang yang dinamis dan penuh ide kreatif. Nah, dalam artikel tips teknologi berikut, ada beberapa aplikasi recording PC yang mudah dan ringan untuk anda aplikasikan. Mari simak ulasan berikut ini.

Apa alasan merekam layar PC?

Terkadang sulit untuk memberikan petunjuk/tutorial pembelajaran bagi seseorang yang ingin tahu bagimana acara menjalankan suatu operasi dalam komputer, cara dalam bermain game, sampai untuk presentasi. video adalah salah satu cara untuk memberikan penjelasan yang mudah. lalu, bagimanakah cara kita untuk bisa merekam kegiatan kita dalam komputer?.

Selain itu, ada banyak alasan ketika seseorang hendak merekam layar perangkat mereka. Misalnya ketika hendak membagikan rekaman layar dari permainan atau game yang pernah mereka mainkan ke jejaring berbagi video, seperti youtube, vidio dan sejenisnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini ada banyak sekali aplikasi rekam layar untuk perangkat komputer, termasuk untuk perangkat dengan OS Windows. Tapi sayangnya banyak sekali pengguna windows yang tidak tahu bahwa pada dasarnya perangkat mereka telah memiliki aplikasi perekam layar bawaan dari OS mereka.

Perekam Layar PC adalah perangkat lunak yang baru namun potensial yang menyebarkan pengetahuan serta membawa peluang bisnis. Menciptakan sebuah presentasi video dengan hanya beberapa klik mouse untuk berbagi lebar dapat menarik dan imajinatif. Tidak peduli Anda adalah seorang pengusaha, guru, manajer atau YouTube video kontributor, hal ini benar-benar layak untuk melangkah ke dunia merekam layar komputer dengan sedikit usaha.

Artikel terkait :   Speaker hp rusak kena air

Aplikasi recording PC apa yang mudah dan ringan untuk membuat VLOG ?

Terdapat banyak sekali aplikasi yang memungkinkan kita untuk melakukannya, dalam posting saya kali ini, saya akan mencoba untuk menulis tentang beberapa software yang biasa digunakan untuk melakukan screen recording. Tentunya yang akan saya share di sini adalah program yang bersifat freeware atau gratis, tapi kali ini saya hanya akan share aplikasi untuk sistem operasi windows. langsung saja, berikut adalah :

1. Ezvid
Jika Anda sedang mencari Software Perekam Monitor Komputer Gratis dengan fitur editing video terbaik, maka Ezvid adalah jawabannya. Karena dengan Ezvid, Anda bukan hanya bisa merekam tampilan layar monitor komputer saja, melainkan juga bisa langsung mengeditnya, jadi Ezvid adalah software multifungsi yang gratis.

Ezvid adalah aplikasi perekam layar monitor yang mempunyai fitur video editor di dalamnya dimana andi bisa memotong, memberikan teks deskripsi atau bahkan membuat suatu presentasi. Lalu anda juga dapat langsung mengunggahnya ke YouTube melalui aplikasi ini.

Dan juga untuk gamers, terdapat fitur “Gaming Mode” dimana dapat merekam hanya pada game tersebut walaupun dalam keadaan window mode atau tidak fullscreen. anda juga dapat menambahkan audio sesuai keinginan anda, lalu juga dapat menambahkan gambar ataupun video lain saat proses editing.

Software Ezvid memiliki ukuran file yang cukup besar yaitu sekitar 80 MB. Besarnya ukuran file tersebut dikarenakan lengkapnya fitur yang terdapat pada Software Perekam Monitor Komputer ini. Untuk mengetahui apa saja fitur-fiturnya Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi Ezvid, dengan cara mengetikkan kata ‘ezvid’ di Google maka akan muncul web resmi / situs dari software Ezvid.

2. BlueBerry FlashBack Express Recorder
Aplikasi ini memungkinkan anda untuk menggunakan webcam untuk merekam anda sembari aplikasi ini terus berjalan merekam kegiatan dalam layar anda. Setelah anda slesai merekan, aplikasi ini akan menghasilkan file ber-ekstensi FBR yang dapat diedit dalam aplikasi ini juga.

Anda juga dapat mengatur posisi ataupun letak daripada webcam anda sebelum mengeksportnya. Meskipun anda harus mendaftar setelah pemakaian selama 30 hari, anda masih bisa mendapatkan fitur yang lengkap sebelum masa 30 hari itu berakhir.

Artikel terkait :   Cara menggunakan wifi id gratis

3. Screenr
Merupakan cara ang menarik untuk berbagi rekaman dari layar monitor anda secara online tanpa harus meng-install aplikasi ini dalam komputer anda. aplikasi ini memerlukan Java agar bisa bekerja. Anda memilih bagian mana dalam layar anda yang ingin anda rekam, panjang maksimal video yang dapat anda rekam adalah selama 5 menit. Semua hasil rekaman anda disimpan dalam akun anda.

Setelah anda merekam, anda akan diberi link yang bisa anda bagikan, atau anda juga dapat mengeksport video menjadi format MP4 atau mengunggahnya ke YouTube. Untuk pendaftaran dapat menggunakan akun Facebook, Twitter, Google, LinkedIn, Yahoo atau Windows Live.

4. Rylstim Screen Recorder
Rylstim hanya merekam layar setelah anda menekan tombol “Start Record”. Ini akan cocok bagi orang yang tidak ingin mngatur apapun dengan kata lain hanya ingin perekam biasa. Program ini juga tidak merekam suara dari peangkat input seperti mikrofon.

Pilihan yang ada hanya apabila anda ingin memperlihatkan klik kiri atau kanan dalam video. jika anda mengaktifkan fitur tersebut, tanda merah akan muncul saat klik kiri sedangkan saat klik kanan akan muncul tanda hijau. tanda ini hanya akan muncul pada hasil rekaman

5. CamStudio
CamStudio datang dengan banyak fitur yang dapat anda gunakan saat merekam. Fitur tersebut antara lain: enable/disable mouse cursor, merekam suara dari program atau mikrofon (ataupun tidak ada suara sama sekali) dan fitur catatan. terdapat juga pilihan untuk merekam bagian tertentu dari layar anda atau jendela suatu program dimana diluar dari jendela tersebut tidak direkam. Dapat merekam dalam beberapa kecepatan frame-rate yang berbeda-beda.

6. Bandicam
Sebagian orang yang pernah mencoba Bandicam pasti akan setuju jika saya menyebut Bandicam sebagai salah satu Software Perekam Monitor Komputer Gratis Terbaik. Klaim tersebut sebenarnya bukanlah tanpa alasan, karena memang dengan Bandicam kita bisa merekam tampilan layar monitor komputer dengan kualitas yang bagus / baik.