Batere cepat habis dan panas

Maunya mengabadikan foto perjalanan selama liburan didalam mobil, tetapi batere cepat habis dan panas. Belum lagi lupa bawa power bank. Akhirnya tidak ada satu fotopun yang diabadikan selama liburan. Wasalam semua momen indah tanpa ada kenangannya. Kasus seperti itu bukan sekali dua kali dialami oleh banyak orang karena kurangnya persiapan serta perhatian terhadap hp yang selalu ada dalam genggaman. Masalah batere yang sering panas dan habis dayanya saat akan dipergunakan menjadi merusak momen bahagia bersama keluarga. Batere seolah menjadi kambing hitam dari semua peristiwa yang terlewatkan tanpa dapat diabadikan dengan baik. Makanya, anda perlu pahami beberapa hal yang menyangkut tentang kondisi batere anda. Sehatkah batere anda saat di charging?. Apakah sering mengalami panas saat di charging?. Mari kita simak mengenai permasalahan kondisi batere cepat habis dan panas ini.

Apakah karena pengaruh kesalahan instal aplikasi?

Memang banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh HP dengan system android yang dikeluhkan para pengguna. Walaupun begitu mungkin keunggulan dari system terbaru yang popular ini juga tidak kalah bagusnya. Dari sekian permasalahan yang dihadapi oleh pengguna android smartphone adalah batere android cepat habis dan panas saat dipergnakan.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan system operasinya ( android-nya) , tidak ada yang begitu salah juga dari segi hardwarenya ( perangkatnya), karena sudah barang tentu perangkat ( hardware ) dari gadget yang dipasarkan sudah sedemikian rupa melalui segala uji coba lab yang dikerjakan oleh para ahli yang berkompeten juga. Kemudian , kalau gadget/ HP sudah ada di tangan konsumen maka sebagian besar kemungkinan kesalahan adalah di tangan konsumen. Tentunya nilai kesalahan yang dibebankan di konsumen gadget lebih besar prosentasenya. Karena setiap pengguna satu dengan yang lain juga tidak sama memperlakukan gadget kesayangannya. Jadi, bukan karena aplikasi yang sedang kita jalankan yang mengaibatkan batere menjadi panas dan cepat habis.

Lalu, kenapa batere menjadi panas saat dipakai?

Kendala panas pada batere android sudah menjadi rahasia umum bagi setiap pengguna jenis gadget satu ini. Bisa dikatakan “panas” sudah identik dengan keberadaan teknologi gadget android. Walau bentuknya kecil dengan fungsi telepon, tetapi kerjanya hampir mirip PC atau laptop. Bedanya, jika PC memiliki sistem pendingin berupa fan atau lainnya, sedangkan smartphone tidak demikian. Wajar jika Hp Android terkesan cepat panas dibandingkan feature phone atau Hp biasa.

Walaupun kebanyakan batere Hp Android cepat panas, tetap saja sebagai pengguna harus tahu batasan panas yang sering terjadi pada gadget. Panas yang terlalu melebihi kewajaran bisa saja menyebabkan terjadinya ledakan atau hal lain yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting bagi pengguna smartphone untuk mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas. Dan berikut ini adalah beberapa Penyebab batere cepat panas dan habis :

Artikel terkait :   5 Penyebab baterai cepat habis

Debu Yang Berlebihan. Penyebab batere hp cepat panas bisa terjadi karena debu yang berlebihan dan menutupi dan menghambat saluran suhu panas untuk keluar. Suhu panas pada Hp Android bisanya di netralisir dengan lubang-lubang kecil pada smartphone. Jika itu tertutup debu, maka kemungkinan besar batere cepat panas. Cara Mengatasi batere cepat panas karena debu berlebihan adalah dengan selalu membersihkan tempat penyimpanan smartphone Anda, seperti saku, tas, atau lainnya. Gunakanlah cover pelindung dengan bahan yang tidak menyerap debu pada smartphone.

Kinerja Berlebihan. Memaksa smartphone untuk bekerja keras menjalankan aplikasi bisa menjadi Penyebab batere cepat panas. Hal ini dikarenakan CPU beroperasi sangat cepat sehingga membuat dirinya sendiri memanas. Cara Mengatasi batere cepat panas karena kinerja yang berlebihan ini adalah dengan memahami spesifikasi gadget kita. Jangan menjalankan aplikasi berat seperti game HD, GPS, streaming, atau lainnya melebihi batasan CPU dan RAM Hp Android Anda.

Menggunakan Hp di Tempat Panas. Pernakah Anda menelepon di bawah terik matahari karena kurangnya sinyal? Pasti Anda akan merasa batere cepat panas. Suhu sekitar bisa menjadi Penyebab Hp Android Cepat Panas. Selalu menggunakan smartphone Anda pada tempat yang kondusif dengan suhu normal bisa menjadi Cara terbaik untuk Mengatasi batere cepat panas.

Sinyal Bermasalah. Biasanya ini sering dialami ketika Anda berada dalam suatu perjalanan melewati daerah yaang jauh dari BTS terdekat. Smartphone memaksakan diri untuk mencari sinyal secara terus menerus. Ini bisa menjadi Penyebab batere cepat panas. Solusinya, matikan sinyal internet Anda jika memang terdeteksi minim jaringan, atau jika perlu, menggunakan mode pesawat pada jaringan lemot bisa menjadi Cara terbaik untuk Mengatasi batere cepat panas.

Active Background Application. Kebanyakan pengguna juga lupa menutup aplikasi yang sudah mereka buka. Padahal, hal ini sebenarnya membuat aplikasi tersebut tetap berjalan dan aktif (Active Background Application) di sistem smartphone. Ini bisa menjadi Penyebab batere cepat panas. Cara Mengatasi batere cepat panas karena hal ini bisa dengan menutup setiap aplikasi yang sudah selesai digunakan. Bisa juga dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM yang ada di PlayStore.

Kerusakan Pada Baterai. Kondisi baterai smartphone yang tidak layak pakai bisa mejadi Penyebab batere cepat panas. Sistem kerja baeterai yang tidak optimal membuat hardware berjalan tidak stabil. Oleh karena itu, mengecek optimalisasi kinerja baterai bisa menjadi salah satu Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas. Disinilah pentingnya ketersediaan aksesoris perangkat yang Anda beli jika ingin mengganti baterai yang baru.

Lalu, bagaimana untuk merawat batere agar awet?

Semakin lama usia barang maka akan muncul kerusakan, seperti halnya Handphone yang lambat laun bermasalah dengan betere. Banyak dari anda para pengguna gadget mengeluhkan kualitas betere handphone setelah beberapa tahun pemakai.Sebenarnya untuk beberapa kasus, hal itu bukan karena kualitas betere tersebut, namun karena kesalahan/ kelalaian yang ditimbulkan pengguna hp tersebut.

Artikel terkait :   Memilih router wifi yang bagus

Padahal betere adalah komponen tambahan yang paling penting, tanpa betere kita tidak bisa menyalakan hp dan tidak dapat menghubungi orang lain saat kondisi mendesak, tiba-tiba betere anda menjadi drop, bahkan sampai melembung. Untuk itu saya akan memberikan sedikit tips merawat betere hp anda agar lebih awet.

Matikan Handphone, ketika anda mengisi baterai sebaiknya hp dimatikan. Jika anda mengaktifkan hp ataupun data transfer selama charging, kemungkinan pengisian daya baterai tidak akan pernah maksimal dan lama, karena selama hp aktif, konsumsi daya listriknya juga tinggi, karena hp dipaksa untuk mengkonsumsi listrik. Apalagi jika waktu pengisian, anda menggunakanya untuk berkomunikasi, chatting maupun bermain game. Jika itu dilakukan kondisi baterai akan cepat drop dan lama-lama akan melembung.

Jangan Sering Isi Baterai. Sebaiknya jangan terlalu sering melakukan pengisian baterai, usahakan 1 hari sekali dan pengisian dilakukan bila baterai benar-benar lemah. Perlu anda ketahui, bahwa baterai memiliki lifetime (usia pakai) sekitar 400-500 kali charge sebab lambat laun sel-sel yang ada di baterai rusak.

Jangan Charging di Mobil, apabila anda melakukan pengisian baterai melalui aliran listrik dari kendaraan/mobil, hal itu berpotensi terhadap terjadinya fluktuasi tegangan akibat mati dan hidupnya mesin yang dapat mengakibatkan umur baterai tidak awet. Jadi, lebih baik melakukan pengisiap dari listrik rumah (PLN).

Segera Cabut, jangan terlalu lama membiarkan baterai anda dalam posisi charging bila sudah penuh. Hal itu untuk mengurangi daya konsumsi listrik yang berlebihan pada hp anda, yang kadangkala membuat hp terasa panas. Jika aktifitas komunikasi tidak ingin terganggu, Anda bisa menggunakan Battery Charge Controller, sebuah komponen yang dipasang didalam baterai untuk menghentikan proses charging jika baterai penuh.karena kadang kita lupa mencabut charger saat charging hingga pagi hari.

Jauhkan Dari Benda yang dapat merusak baterai, Tindakan lain yang bisa memperpanjang usia baterai adalah dengan menjauhkan baterai dari panas dan dingin yang ekstrim serta benda yang terbuat dari magnet, misalnya komputer dan lain-lain. Letakkan hp di tempat yang temperaturnya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah.

Setting/ atur dan matikan fitur maupun aplikasi, saat menggunakan hp maupun sebelum charging sebaiknya matikan aplikasi yang sudah tidak digunakan seperti bluetooth, infrared. Atur backlight, jangan biarkan durasi nyalanya terlalu lama, cukup 5 sampai 15 detik saja. dan jangan terlalu sering digunakan untuk game atau MP3 karena menyebabkan baterai cepat habis dan panas.

Leave a Reply