Belajar fotografi dengan kamera fujifilm

Mengapa memakai kamera fujifilm?. Dari segi harga, harga kamera fujifilm termasuk murah tetapi memiliki fasilitas lengkap yang untuk belajar fotografi. Salah satu produk yang menjadi unggulan fujifilm adalah jenis prosumer yang banyak beredar dipasaran, selain mirrorless yang juga tersedia dalam beberapa seri. Teknik fotografi yang utama adalah teknik pengambilan gambar yang tepat agar hasilnya tajam dan jernih dengan kedalaman warna yang alami. Memang tidak sedikit orang mulai beralih ke penggunaan smartphone untuk mengabadikan moment dengan ber selfie. Tetapi peran kamera, terutama kamera fujifilm tidak bisa digantikan saat kita ingin mengambil sudut yang berbeda dan sentuhan artistik yang hanya bisa didapat dari bidikan sebuah kamera yang memiliki pengaturan aperture serta diagfragma yang bisa disesuaikan. Kamera merk fujifilm dapat menjadi media untuk belajar fotografi pemula dengan budget terbatas. Tanpa mengurangi keasyikan dalam bermain dengan bidikan. Bagaimana belajar fotografi dengan kamera fujifilm?. Mari kita simak dalam artikel fotografi berikut ini.

kamera-fujifilmBagaimana kamera fujifilm pertama kali dalam dunia fotografi?

Kamera telah ditemukan sejak pertama kali pada akhir tahun 1800an. Dan sejak saat itu bentuk dan kualitas dari kamera-kamera ini semakin berkembang. Hingga akhirnya kini semakin banyak kemajuan teknologi yang semakin canggih yang membuat kamera ini juga akhirnya menjadi barang yang dikombinasikan dengan teknologi yang akan semakin memaksimalkan kinerja kamera. Misalnya kamera digital yang kini menggunakan layar untuk me-review gambar yang telah anda capture. Jadi kita memang sangat diiuntungkan dengan adanya teknologi ini. Namun jauh sebelum kamera secanggih seperti sekarang ini dahulu telah ada jenis kamera yang sudah banyak dikenal dan banyak juga digunakan oleh masyarakat kita, yaitu kamera Fujifilm.

Kamera Fujifilm ini merupakan kamera yang sangat dikenal pada tahun 80 dan 90-an. Pada era itu belum ada yang namanya kamera digital. Kamera ini diproduksi oleh perusahaan besar asal jepang yang bernama Fujifilm Holdings Corporation yang dalam bahasa jepang adalah Fujifirumu Kabushiki Kaisha. Perusahaan ini bergerak dan memproduksi berbagai macam produk di bidang optic dan juga gambar misalnya seperti teropong, mikroskop, alat pengukur dan tak lupa juga kamera. Perusahaan ini telah berdiri mulai dari tahun 1934 silam dan telah dinobatkan menjadi perusahaan fotografi yang terbesar di dunia.

Artikel terkait :   Contoh foto prewedding unik tahun ini

Bagaimana produk kamera prosumer dari fujifilm yang pantas untuk dijajal?

Anda bisa mencoba kamera prosumer Fujifilm Finepix S4500 dengan harga murah. Fujifilm Finepix S4500 memiliki spesifikasi yang mampu memukau para pencinta fotografi. Fujifilm kali ini menghadirkan kamera prosumer yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Kamera ini memiliki kemampuan 30x optical zoom dengan resolusi 14 MP.

Kamera besutan Fujifilm ini juga dilengkapi dengan fitur menarik dan teknologi terbaru. Anda dapat menggunakan kamera ini untuk kebutuhan fotografi dengan hasil yang tidak akan mengecewakan. Bahkan bagi Anda para pemula, kamera ini cukup mudah dan nyaman digunakan.

Elemen lensa pada kamera besutan Fujifilm yang satu ini diproses menggunakan Super Pelapisan Berkas Elektron (EBC) multilapis. Zoom 30x pada kamera ini memiliki tenaga yang mengutamakan kontrol zoom 42-langkah. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membingkai gambar-gambar yang diambil dengan akurasi yang bagus dan presisi. Kamera Fujifilm Finepix S4500 ini memiliki sensivitas yang tinggi serta stabilisasi pengalihan gambar CCD. Yang mana kamera ini dapat mengeliminasi gambar kabur sehingga gambar terlihat maksimum.

Adapun kamera ini menawarkan fleksibilitas dalam membingkai gambar menggunakan jendela bidik elektrik. Layar yang digunakan yaitu berukuran 3.0 inci dengan resolusi 230.000-dot yang menonjol. Kamera dari Fujifilm ini ditenagai dengan 4 baterai Alkalin berjenis AA. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamera ini sangat cocok untuk pemula.

Kamera ini sangat nyaman digunakan dan dapat memotret obyek dengan hasil potret yang bagus dan jernih. Yang lebih menarik lagi, kamera ini ditawarkan dengan harga 1 jutaan saja. Bagi Anda yang ingin memiliki kamera murah dengan spesifikasi memukau, pilihlah Fujifilm Finepix S4500.

Apakah kamera mirrorless dari fujifilm bisa pakai lensa merk lain?

Artikel terkait :   Gaya selfie anak muda banyak di like

Perlu diketahui bahwa lensa DSLR moderen tidak di lengkapi dengan pengatur bilah aperture di badan lensa. Hal ini karena lensa di desain untuk diatur aperture nya via body kamera. Jauh lebih praktis dibandingkan jaman dulu dimana aperture harus di buka manual ke posisi paling lebar untuk focusing, baru di ubah lagi manual ke aperture yang diinginkan sebelum jepret.

Lensa moderen di desain selalu terbuka dalam kondisi aperture maksimalnya. Jadi kalau lensa Canon 16-35 f2.8 L saat tidak digunakan akan berada dalam aperture f2.8 setiap saat. Sedangkan misalnya lensa 17-40 f4 L akan berada dalam kondisi f4 setiap saat.

Oleh sebab itu apabila lensa semacam ini digunakan di kamera yang tidak mampu mengatur aperture nya secara elektonik, maka kondisi lensa akan selalu dalam kondisi aperture maksimal. Tidak bisa ubah ubah aperture lagi.

Jadi menggunakan lensa DSLR moderen di mirrorless yang bukan brand yang sama akan berdampak : tidak bisa atur aperture

Hal ini dikarenakan pada DSLR keberadaan mirror membuat lensa berada cukup jauh dari sensor. Sehingga untuk membuat lensa tersebut bisa digunakan di mirrorless cukup menambahkan adapter yang fungsinya menjauhkan lensa dari mounting. Simple.

Inilah sebabnya mirrorless disukai oleh pengguna lensa manual. Dengan posisi mounting yang sangat dekat dengan sensor maka dengan menggunakan simple adapter bisa dibilang segala jenis lensa bisa digunakan. You name it : canon FD, canon FL, Minolta, Pentax, M42 mount, Leica M mount, Leica R mount, Canon mount, Nikon mount, segala macam ….

Hal yang sama tidak bisa dilakukan di DSLR karena kalau sudah keburu jauh jarak mounting dan sensor dibandingkan standard lensa yang mau digunakan, maka diperlukan optik tambahan di adapter yang biasanya menurunkan kualitas. Itu sebabnya lensa Canon FD/FL sulit sekali digunakan di body DSLR Canon modern. Seringkali proses oprek harus membongkar pantat dari si lensa untuk mendekatkan jarak optik dengan sensor.

Leave a Reply