Semut jepang obat diabetes. Benarkah ?

Tips bermanfaat – Anda pernah mendengar semut jepang yang dikonsumsi untuk terapi pengobatan?. Benarkah semut jepang obat diabetes mellitus terbukti menyembuhkan diabetes?. Semut jepang secara tampilan fisik memang sedikit berbeda dengan semut pada umumnya. Lebih mirip seperti seekor kutu berwarna hitam dengan kulitnya yang agak keras. Semut jepang mulai dibicarakan oleh banyak kalangan yang mulai beralih kepada pengobatan alternatif sebagai solusi untuk pengobatan medis terhadap penyakit diabetes yang dirasa membutuhkan waktu yang lama dengan biaya yang tidak sedikit. Mari kita bahas mengenai kebenaran semut jepang ini untuk penderita diabetes.

semut-jepangApa itu semut jepang
Di Jepang, terdapat sekitar 200 spesies semut yang dalam bahasa negara tersebut dinamai “Ari”. Spesies-spesies tersebut termasuk Pachycondyla pilosior, Ponera swezeyi, Solenopsis japonica, Camponotus nipponicus, Polyergus samurai serta banyak lagi. Berbeda dengan semut kebanyakan di sekitar rumah kita, semut jepang memiliki badan yang keras. Semut-semut ini memiliki sayap, namun tidak bisa menggunakannya untuk terbang. Hewan yang hidup berkelompok ini bereproduksi dengan sangat cepat dan tidak memakan satu sama lainnya.

Dari namanya yang kita tahu berarti serangga semut ini berasal dari Jepang. Masyarakat jepang mempercayai semut jepang ini memiliki banyak manfaat, serangga Semut Jepang ini memiliki manfaat dan khasiat yang mungkin tidak semua orang tahu bahwa manfaat semut jepang untuk kesehatan dan khasiatnya semut jepang dalam dunia kesehatan memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa.

Masyarakat jepang sendiri sudah sangat hafal dengan banyaknya manfaat semut Jepang sehingga mereka sering menjualnya sebagai oleh – oleh dari negeri sakura tersebut yang ditawarkan ke paada para wisatawan. Mengenai manfaatnya, semut Jepang memang mengandung beberapa zat enzim yang dapat membantu menyembuhkan atau juga mengobati penyakit.

Semut jepang memiliki ciri hampir tidak seperti kita tahu serangga semut pada umumnya, semut jepang memiliki bentuk seperti kumbang yang kecil berwarna hitam. Semut jepang memiliki badan yang keras, bersayap tetapi tidak bisa terbang, hidup berkelompok, suka be-reproduksi dan semut jepang merupakan bukan hewan kanibal. Semut jepang ini memiliki manfaat dan khasiat dalam menyembuhkan penyakit, karena memiliki manfaat ini semut jepang banyak dicari dan di budidaya kan oleh orang-orang.

Berikut manfaat dan khasiat mengkonsumsi semut jepang :

  1. Semut jepang memiliki manfaat menurunkan kolesterol. Cara menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor diminum 2 kali sehari, apabila sudah terasa normal kurangi jumlah konsumsi semut jepang menjadi 3 ekor sehari.
  2. Dapat mengobati dan meringankan orang yang terkena penyakit jantung. Cara meringankan penyakit jantung dengan mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor diminum 2 kali sehari, apabila sudah terasa normal kurangi jumlah konsumsi semut jepang menjadi 3 ekor sehari.
  3. Semut jepang dapat menstabilkan kadar gula darah dalam darah, bagi yang mengidap penyakit diabetes. Cara menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor diminum 2 kali sehari, apabila sudah terasa normal kurangi jumlah konsumsi semut jepang menjadi 3 ekor sehari konsumsi selama 1 bulan.
  4. Menurunkan asam urat. Cara menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor diminum 2 kali sehari, apabila sudah terasa normal kurangi jumlah konsumsi semut jepang menjadi 3 ekor sehari konsumsi selama 1 bulan.
  5. Semut jepang dapat menurunkan penderita tekanan darah tinggi / hipertensi Cara menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor diminum 2 kali sehari, apabila sudah terasa normal kurangi jumlah konsumsi semut jepang menjadi 3 ekor sehari.
  6. Semut jepang juga dipercaya menambah vitalitas pada pria maupun wanita, tubuh dapat menjadi lebih segar dan bugar. Cara menambah vitalitas bagi badan kita dengan mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor diminum pada saat istirahat malam hari. Insyaallah badan akan merasa segar dan bugar.
  7. Manfaat semut jepang yang lain dipercaya dapat meringankan penyakit hati, dengan mengkonsumsi semut jepang dengan jumlah yang sewajarnya saja dipercaya dapat meringankan keluhan penyakit hati.
Artikel terkait :   Mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang

Cara mengkonsumsi semut jepang
Cara mengkonsumsi semut jepang dapat dilakukan dengan berbagai cara, dengan memasukan 3 ekor semut jepang kedalam gelas dan dituangkan aris panas hingga mati terus diaduk-aduk, kemudian kalau sudah hangat diminum. Jumlahnya sebenarnya mengikuti airnya kalau air dalam gelas banyak bisa juga ditambahkan 2 ekor semut jepang lagi.

Cara yang kedua bisa mengkonsumsi langsung dengan cara memasukan 3 ekor semut jepang kedalam kapsul kosong kapsul yang terbuat dari rumput laut, kapsul kosong ini bisa dibeli di apotik kemudian diminum seperti meminum obat. Dan cara yang terakhir bisa memakai bantuan buah pisang, seperti halnya cara meminum yang tidak bisa menggunakan air minum, semut jepang dibenamkan/dimasukkan dalam pisang yang sudah dikunyah terlebih dahulu dalam mulut, ingat pisang jangan langsung ditelan kalau sudah dikunyah biarkan sebentar dan masukkan semut jepang kedalam pisang yang sudah terkunyah dan langsung telan saja pisang karena pisang sudah halus jadi tidak perlu dikunyah lagi.

Cara-cara tersebut yang sering digunakan oleh orang-orang dalam mengkonsumsi semut jepang, seperti halnya cara meminum obat agar lebih mudah, apalagi bagi beberapa orang melihat bentuknya saja merasa risi untuk menelannya.

Efek samping mengkonsumsi semut jepang
Setiap benda yang masuk kedalam tubuh kita pasti mempengaruhi tubuh kita, jadi perlu diingat pasti ada efek samping yang timbul kalau kita mengkonsumsi semut jepang secara berlebihan. Dari review yang saya baca ada yang menceritakan mengalami ngilu-ngilu setelah mengkonsumsi semut jepang secara berlebihan, tidak bisa tidur. Tidak semua orang mengalami efek samping, saran saya sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsinya yang sewajarnya saja supaya tetap terjaga kondisi badan kita.

Budidaya semut jepang
Cara budidaya semut jepang cukup mudah, tidak membutuhkan tempat yang luas dan tidak perlu membuat tempat / kandang yang sulit, cukup semut jepang dimasukan kedalam toples atau semacam kontainer yang membuat semut jepang tidak bisa keluar dari wadahnya kemudian isilah wadah tersebut dengan kapas, tutup toples atau kontainer tersebut dan diberi lubang agar supaya bisa digunakan sebagai ventilasi udaranya.

Artikel terkait :   4 Manfaat ekstrak daun sirsak untuk melawan penyakit

Makanan untuk serangga sangat mudah kita mencarinya yaitu ragi yang biasa untuk membuat tape itu, kita beri makan semut jepang tersebut dengan ragi, tapi ingat berilah ragi tersebut untuk makanan semut jepang secukupnya, karena perlu anda tahu bahwa ragi bersifat panas kalau kebanyakan bisa-bisa malahan larva-larva atau semut jepang anakan yang baru menetas bisa mati kepanasan. Ragi di masukan kedalam toples atau kontainer yang sudah ada semut jepang dan sesuaikan jumlah ragi dengan ukuran toples atau kontainer dan jumlah semut jepangnya.

Serangga ini bertelur dan menetas terhitung satu bulan, kemudain 4 minggu kemudian semut ini sudah bisa dipanen. Sebaiknya jaga selalu kondisi tempat semut jepang tinggal bersihkan selalu dan ganti kapas apabila sudah waktunya diganti guna menjaga kondisi semut jepang tetap hidup.

Dari penjelasan dan pemaparan mengenai semut jepang diatas, anda akan lebih paham dan bijak dalam menerima informasi mengenai khasiat yang terkandung selama mengkonsumsi semut jepang. Selain dapat meringankan penderita diabetes, semut jepang dapat bermanfaat untuk pengobatan yang lain asal kita dapat mengontrol dosis yang kita konsumsi. Selamat mencoba.

@Tips bermanfaat – 2016

Leave a Reply