Cara alami mengecilkan amandel

Amandel yang meradang membuat sakit tenggorokan saat menelan. Tips cara alami mengecilkan amandel dengan tanaman herbal lebih sehat daripada berganti-ganti obat sakit tenggorokan yang banyak beredar di pasaran. Amandel sering menjadi penyebab radang tenggorokan yang membandel, hingga banyak penderita mencari cara alami mengecilkan amandel karena takut melakukan operasi pengangkatan amandel. Perlu dipahami, amandel memiliki fungsi untuk menyaring virus masuk ke saluran pernafasan, tetapi saat amandel mengalami serangan akan meradang dan menimbulkan sakit saat menelan makanan atau minuman. Oleh karena itu, ada cara alami mengecilkan amandel saat terjadi peradangan yang akan kita bahas dalam artikel kita kali ini.

mengobati-amandelMengapa amandel meradang ?

Dari ilmu medis menyatakan, secara teknis amandel ini letaknya antara mulut dan kerongkongan. Organ ini secara perlahan-lahan akan membesar hingga usia tertentu. Jika amandel sudah terkena infeksi baik bakteri atau virus, ia akan membengkak dam dikenal dengan istilah tonsilitis. Infeksi ini bisa berasal dari kuman yang terhirup saat sedang bernapas.

Peradangan pada amandel atau dalam bahasa kedokteran disebut tonsilitis merupakan peradangan yang terjadi pada area tonsil atau amandel yang disebabkan oleh virus. Amandel ini biasanya lebih sering terjadi pada anak – anak walaupun pada orang dewasa juga kadang terjadi.

Amandel atau tonsil itu sendiri merupakan sebuah organ yang berfungsi sebgai pertahanan pertama tubuh kita pada kuman karena amandel merupakan salah satu imunitas tubuh jadi sangat merugikan sekali jika sampai amandel itu diangkat, bila amandel kita sakit atau meradang hal tersebut berarti daya tahan tubuh kita sedang lemah sehingga kuman dengan mudah masuk ketubuh kita.

Amandel (tonsil) terdapat pada semua orang. Amandel membuat limfosit yakni sejenis sel darah putih yang bertugas membunuh kuman yang masuk melalui mulut. Bila amandel sehat-sehat saja, atau amandel agak besar tapi tidak mengganggu jalan pernafasan atau menimbulkan sakit, maka tidak perlu diapa-apakan. Amandel yang perlu di obati adalah amandel yang meradang (disebabkan oleh infeksi kuman) sehingga menimbulkan demam, sakit kepala, muntah-muntah, lemas tidak bersemangat, dan bahkan mengganggu pernafasan.

Apa saran dokter untuk sakit amandel yang membandel?

Artikel terkait :   Cara mengobati ambeyen secara tradisional

Biasanya, penanganan radang amandel akut dilakukan melalui jalan operasi atau pembedahan. Namun, tak perlu khawatir. Bila pembengkakan amandel tidak terlalu besar dan tidak sampai menghalangi jalan pernapasan, tidak perlu dilakukan operasi. Bila yang terjadi sebaliknya dan bertambah parah, sebaiknya dilakukan operasi karena khawatir akan terjadinya komplikasi.

Seperti halnya penyakit kanker, bila masih berada dalam stadium 1 atau 2, masih bisa dilakukan pengobatan dan kemoterapi. Begitu pun radang amandel. Bila masih dalam tahap stadium T1 dan T2, tidak perlu dilakukan operasi, cukup dilakukan pengobatan. Operasi diperlukan jika radang amandel telah memasuki staduim T4.

Adakah cara alami mengecilkan amandel tanpa harus operasi?

Obat amandel tradisional cocok untuk mengobati amandel yang meradang. Amandel sendiri sebetulnya tidak mudah mengalami peradangan, kecuali secara terus menerus terpapar oleh penyebabnya. Oleh karenanya amandel ini mudah untuk diobati. Untuk peradangan ringan cocok diobati dengan obat tradisional ini, sedangkan untuk yang berat, dapat dicoba juga, jika tidak segera berkurang radangnya atau bahkan bertambah, sebaiknya diperiksakan ke dokter.

Obat Tradisional dari Jeruk Nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan zat anti bakteri sehingga sangat cocok dan bagus untuk kesehatan. Untuk mengobati amandel, pertama silahkan Anda sediakan 2 buah jeruk nipis dan ½ sendok teh kapur sirih. Cara pembuatannya sangat mudah, ambil dua jeruk nipis yang sudah Anda persiapkan tadi lalu peras airnya, tambahkan kapur sirih, kemudian aduk dengan rata. Minum ramuan tradisional tersebut beberapa kali dalam sehari secara teratur, terutama malam sebelum tidur. Jangan berhenti konsumsi ramuan tradisional ini sebelum amandel bengkak Anda sembuh.

Obat Tradisional dari Mengkudu dan Madu. Selain jeruk nipis, ternyata berbagai kandungan gizi, vitamin dan nutrisi yang ada pada mengkudu dan madu ini membuatnya cocok sebagai obat amandel tradisional. Mengkudu memang rasanya tidak enak, namun mungkin rasanya akan sedikit teratasi jika dicampur dengan madu. Ambil dua buah mengkudu, cuci, lalu parut atau peras dan saring ampasnya, dan terakhir tambahkan dengan air panas. Tunggu hingga menjadi hangat, lalu tambahkan madu secukupnya, aduk hingga merata lalu konsumsilah secara rutin 3 kali sehari. Jika diminum secara teratur, cukup efektif meredakan penyakit amandel bengkak Anda.

Artikel terkait :   Manfaat peterseli untuk ginjal

Obat Tradisional dari Kulit Manggis. Obat amandel tradisional selanjutnya adalah kulit manggis. Kulit manggis memang memiliki banyak kandungan yang bisa menyehatkan tubuh dan bisa melawan berbagai penyakit, salah satunya sebagai obat amandel bengkak. Nah, cara pembuatannya juga mudah. Pertama Anda sediakan kulit manggis kurang lebih 15 gram dan minyak daun mint. Rebus kulit manggis dengan dua botol air dan tunggu sampai tersisa satu botol air. Kemudian teteskan minyak daun mint dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur-kumur selama beberapa hari sampai peradangannya sembuh.

Dengan mengkonsumsi ramuan tradisional alami dipercayai amandel bisa sembuh dengan sendirinya sehingga Anda tidak membutuhkan teknik pengobatan operasi. Cukup dengan mengkonsumsi ramuan herbal alami yang terbuat dari campuran jahe, gula dan juga madu. Cukup dengan memarut beberapa iris jahe untuk kemudian diseduh dengan air panas, tambahkan gula dan madu secukupnya dan minum secara teratur hingga amandel Anda kempis dan benar-benar sembuh kembali seperti sediakala.

Jika Anda tidak tertarik untuk mengobati amandel dengan menjalankan operasi melainkan dengan mencoba beberapa cara mengobati amandel alternatif yang mana telah dijelaskan secara terperinci dan sederhana di atas. Mengobati penyakit merupakan suatu keharusan sehingga penyakit tidak bertahan lama di dalam tubuh kita dan menjadi lebih parah dari sebelumnya.

Amandel merupakan gangguan kesehatan yang masih bisa diatasi dengan menggunakan pengobatan alami dengan memakai serangkaian bahan-bahan alami. Anda yang ingin sembuh dari amandel dengan cara ini harus disiplin untuk menerapkan semua poin-poinnya tanpa terkecuali termasuk dengan mengorbankan sedikit kebiasaan Anda yang hobi minum minuman dingin dan mengkonsumsi makanan pedas.

Dengan penanganan yang tepat serta memperhatikan anjuran tenaga medis, minuman yang berasal dari tanaman tradisional dapat menjadi alternatif cara mengecilkan amandel yang meradang. Pola hidup sehat dengan memanfaatkan berbagai tanaman herbal di sekeliling kita, dapat menjadi penyembuh dari penyakit yang kita derita, salah satunya amandel tanpa harus melakukan operasi.

@Tips bermanfaat #2016

Leave a Reply