Cara alami menghilangkan suara serak

Anda sering mengalami radang tenggorokan? Walau sudah minum berbagai obat dari dokter tapi belum sembuh juga??. Bagaimana cara alami menghilangkan suara serak?. Mengapa kita mudah terserang radang tenggorokan?. Banyak pertanyaan yang muncul saat cuaca tidak lagi bersahabat dengan kondisi tubuh kita. Apalagi dengan kondisi tubuh sedang mengalami radang tenggorokan yang mengakibatkan suara menjadi serak dan hilang, menambah repot saat kita ingin berbicara dengan orang lain. PAda saat kondisi seperti ini, kita menyadari pentingnya menjaga hidup sehat dengan baik dan benar. Tetapi, bagaimana cara alami menghilangkan suara serak dengan alami?. Jangan asal minum obat yang dapat kita beli di apotik. Sebaiknya anda baca terlebih dahulu ulasan mengenai cara alami menghilangkan suara serak berikut ini.

Mengapa suara menjadi serak dan hilang ?

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami masa-masa di mana suara mereka terdengar sangat parau, kasar, lemah, atau bahkan hilang sama sekali jika hidup sehat kita ada gangguan. Kalau pernah mengalaminya, Anda akan merasa sulit untuk berkomunikasi dengan baik. Kenapa suara bisa menjadi serak?

Suara menjadi serak karena pita suara membengkak atau mengalami peradangan sehingga tidak mampu bergetar dengan normal. Akibatnya suara yang dihasilkan terdengar tidak wajar atau bahkan tidak ada suara sama sekali. Selain membuat sulit berbicara, kondisi ini biasanya juga disertai sedikit nyeri dan rasa gatal di tenggorokan. Ketika serak, suara Anda dapat berubah nada—terdengar lebih tinggi atau lebih rendah.

Umumnya penyebab suara serak adalah infeksi, khususnya infeksi virus pada sistem pernapasan atas seperti pilek atau flu. Namun, suara serak dapat juga disebabkan oleh ketegangan suara akibat berteriak atau terlalu banyak bersuara. Beberapa penyebab lainnya yaitu alergi, merokok, refluks kronis, asam lambung ke dalam kerongkongan. Kondisi suara serak bisa bersifat akut atau kronis. Pada kondisi akut biasanya tidak serius, tapi suara serak yang kronis atau berkepanjangan dapat mengindikasikan kondisi kesehatan yang serius.

Apakah suara serak itu berbahaya?

suara serak biasanya adalah masalah yang bersifat sementara, karena dapat membaik dengan sendirinya atau setelah menjalani pengobatan. Anda dapat menangani kasus suara serak akut dengan langkah-langkah perawatan sendiri, seperti dengan mengistirahatkan suara anda, minum banyak cairan dan mengisap pelega tenggorokan. Bila suara serak sudah diderita berlangsung lebih dari dua minggu pada orang dewasa atau lebih dari satu minggu pada anak-anak, kunjungi dokter anda.

Artikel terkait :   Bedak untuk kulit berminyak

Bila anak anda mengalami suara serak dan menderita demam tinggi, tidak mau makan atau minum, mengeluarkan banyak air liur, atau mengalami kesulitan bernapas, segera kunjungi dokter anda. Anak-anak berusia kurang dari empat tahun yang mengalami suara serak dapat menderinta croup – peradangan pada pita suara dan saluran udara yang terletak tepat dibawah pita suara. Croup dapat menyebabkan suara batuk yang keras dan suara yang serak.

Perubahan pada suara dapat bervariasi tergantung pada tingkat infeksi atau iritasi, bisa hanya sedikit serak hingga suara yang hilang total. Dokter mungkin akan menanyakan apakan anda seorang perokok atau kondisi kesehatan anda saat itu – apakah anda sedang menderita selesa, influenza atau apakah anda menderita alergi – yang dapat menjadi penyebab terjadinya iritasi pada pita suara. Dokter mungkin juga akan menanyakan apakah anda terlalu banyak menggunakan pita suara anda – seperti dengan menyanyi atau berteriak – yang juga dapat menyebabkan iritasi pada pita suara anda.

Bila anda mengalami suara serak yang sifatnya kronis, dokter anda mungkin akan mendengarkan suara anda dan memvisualisasikan pita suara anda atau mereferensikan anda pada spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (otolaryngologist). Dokter anda dapat menggunakan teknik-teknik dibawah ini untuk membantu diagnosis laringitis:

Apa obat alami menghilangkan suara serak ?

Suara serak rasanya memang sangat mengganggu, membuat aktivitas sehari-hari terasa tidak nyaman. Kadang penyakit ini datang dengan tiba-tiba, kadang juga muncul perlahan didahului kondisi kesehatan yang menurun. Seperti yang telah dijabarkan di atas, kebanyakan suara serak tidak membutuhkan pengobatan yang serius, maka obat alami dapat menjadi alternatif. Daftar obat alami suara serak di bawah ini ditujukan untuk menghilangkan gejala suara serak, namun ada pula yang membantu tubuh melawan infeksi kuman.

Jeruk Lemon – Jeruk lemon sangat kaya manfaat, mulai sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan lain sebagainya, buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati suara serak secara alami. Kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati suara serak. Caranya mudah, yaitu campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi pada tenggorokan dan menciptakan suasana yang dapat membunuh kuman-kuman di tenggorokan.

Artikel terkait :   Tips bemanfaat gizi toge untuk kesehatan

Madu – Selain rasanya yang manis dan enak, ternyata madu dapat menjadi obat alami suara serak. Madu dipercaya dan telah diteliti mengandung sifat antibakteri, antivirus dan antijamur yang tentunya dapat membantu tubuh melawan infeksi kuman di tenggorokan. Konsistensi madu yang lembut juga dapat meredakan radang pada tenggorokan. Cara meminumnya mudah, campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (jangan air panas karena akan merusak nutrisi madu). Bila suka, Anda juga dapat coba mencampurnya dengan air teh atau perasan lemon.

Cengkeh – Cengkeh atau cengkih merupakan salah satu bahan herbal yang baik untuk mengobati suara serak. Obat alami suara serak ini dapat dibuat dengan cukup mudah. Bahan yang diperlukan ialah cengkeh bubuk sebanyak 1-3 sendok teh dan air matang. Campurkan cengkeh dan air, lalu berkumurlah. Cengkeh mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan suara serak. Cengkeh bubuk dapat dibeli di pasar tradisional ataupun toko obat tradisional. Jika tidak tersedia dalam bentuk bubuk maka yang masih utuh pun bisa dimanfaatkan.

Garam – Larutan garam merupakan obat kumur alami suara serak yang sudah lama populer di seluruh dunia. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 gelas air putih hangat dan garam sebanyak 1/4 sendok teh. Gunakan air matang yang hangat, sehangat yang bisa Anda jadikan air kumur. Perlu diingat, penggunaan air dingin tidaklah efektif. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm Listerine untuk membantu membunuh kuman. Larutan ini dijamin dapat membantu meredakan suara serak karena dapat menghilangkan dan menetralkan asam di tenggorokan, meredakan sensasi nyeri dan terbakar pada tenggorokan serta membantu penyembuhan saluran tenggorokan Anda. Hanya saja perlu diingat bahwa larutan ini untuk berkumur, bukan ditelan.

Leave a Reply