Cara belanja pakai kartu kredit

Anda tertarik berbelanja lebih murah?. Bagaimana cara belanja pakai kartu kredit?. Apakah manfaat berbelanja dengan kartu kredit?. Bagaimana memilih kartu kredit yang sesuai untuk kebutuhan kita?. Tentu kita lihat semua bank yang resmi akan mengeluarkan fasilitas penggunaan kartu kredit bagi nasabahnya yang berminat. Namun setiap bank memiliki fasilitas yang berbeda dalam mengelola setiap penggunaan kartu kredit oleh nasabahnya, hal ini yang membuat kita perlu bijaksana dalam memilih bank mana akan kita pakai jenis layanan kartu kreditnya untuk kebutuhan kita saat berbelanja kebutuhan. Nah, dalam artikel tips bermanfaat berikut ini, kiat akan mengulas mengenai penggunaan kartu kredit dalam proses belanja dan manfaatnya untuk kita.

Apa itu kartu kredit?

Kartu kredit merupakan alat pembayaran pengganti uang tunai yang dapat digunakan oleh konsumen untuk ditukarkan dengan barang dan jasa yang diinginkannya di tempat-tempat yang dapat menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit (merchant). Kartu kredit juga dapat diartikan sebagai salah satu fasilitas dari perbankan yang memudahkan transaksi nasabah. Anda tinggal menggesek credit card dan kita tinggal membayarnya saat tagihan tiba.

Apakah juga bisa untuk belanja online?

Masyarakat biasanya menggunakan kartu kredit untuk pembayaran transaksi yang dilakukan melalui internet, toko online, maupun toko-toko yang menyediakan alat gesek. Pada transaksi yang dilakukan melalui internet, pihak card holder memiliki kewajiban untuk membayar barang yang dibelinya dan mempunyai hak untuk menerima barang yang telah dibelinya dari merchant, dan sebaliknya merchant memiliki kewajiban untuk mengirim barang itu dalam keadaan baik dan spesifikasinya sesuai dengan apa yang dipesan oleh card holder dan berhak untuk menerima pembayaran.

Perkembangan penggunaan kartu kredit yang begitu pesat ini disebabkan karena masyarakat merasakan semakin pentingnya penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran dan mengambil uang tunai mengingat kepraktisan, rasa nyaman dan aman yang ditimbulkan. Kegiatan itu juga tidak terlepas dari pembebanan pajak sebagai kewajiban masyarakat untuk membebankan pajak pada setiap transaksi atau fasilitas atau biaya yang harus dibayar atas penggunaan fasilitas atau kepimilikan suatu barang.

Artikel terkait :   4 Manfaat ekstrak daun sirsak untuk melawan penyakit

Apakah artinya kita berhutang dulu saat berbelanja dengan kart kredit?

Fungsinya hampir sama seperti kartu debit, untuk belanja dan membayar non-tunai. Yang membedakannya adalah: Jika kartu debit sistem pembayarannya dengan cara mengambil/memotong saldo kita yang terdapat di rekening bank, tapi kalau kartu kredit dengan cara hutang.

Kartu kredit atau credit card tidak mempunyai saldo. Jika kita belanja menggunakan kartu ini, artinya kita hutang. Hutang-hutang ini nanti ditotal dan ditagih per bulan. Tapi ingat, kartu ini kalau pemiliknya adalah orang yang tidak bijak menggunakannya, justru akan membuat boros dan kalau telat bayar tagihan, bunganya sangat besar.

Bagaimana cara hitung tagihan kartu kredit secara umum?

Kartu kredit adalah jenis kartu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran transaksi jual beli barang atau jasa dimana pelunasan atau pembayarannya kembali dapat dilakukan dengan sekaligus atau dengan cara mencicil sejumlah minimum tertentu. Jumlah cicilan tersebut dihitung dari nilai saldo tagihan ditambah bunga bulanan.

Tagihan pada bulan yang lalu termasuk bunga (retail interest) merupakan pokok pinjaman pada bulan berikutnya. Misalnya tagihan bulan sebelumnya adalah Rp. 1.000.000,00. Pembayaran minimum ditetapkan misalnya 10% dari total tagihan dengan pembayaran minimum sebesar Rp.50.000,00. Dari angka tersebut maka pemegang kartu harus membayar cicilan sebesar 10 % x Rp. 1.000.000,00 = Rp. 100.000,00. Sekiranya hasil perkalian dari tagihan tersebut kurang dari Rp. 50.000,00, maka jumlah cicilan bulan yang bersangkutan minimum Rp. 50.000,00.

Misalnya jumlah tagihan sebesar Rp.200.000,00, maka jumlah cicilan adalah 10 % x Rp. 200.000,00 = Rp. 20.000,00. Karena jumlah tersebut kurang dari RP. 50.000,00, maka pemegang kartu harus mencicil minimal Rp. 50.000,00. Apabila card holder melakukan melampaui kredit limit, smaka pembayaran minimum adalah sebanyak kelebihan dari kredit limit ditambah 10 % dari total kredit limit. Pembayaran tersebut sudah harus dilakukan paling lambat pada tanggal jatuh tempo setiap bulan yang ditetapkan oleh issuer untuk setiap pemegang kartu.

Artikel terkait :   Cara menghilangkan kutu rambut

Bagaimana mengetahui tanggal jatuh tempo pembayaran?

Ini adalah tanggal cetak lembar tagihan kartu kredit. Tanggal cetak ini menjadi batas waktu transaksi yang dicatat per bulan. Biasanya tanggal cetak ini sama di setiap bulan.

Transaksi yang dilakukan setelah tanggal tagihan sebelumnya hingga tanggal ini akan tertera pada lembar tagihan ini. Umpamanya tanggal tagihan setiap tanggal 18. Kalau kita bertransaksi pada tanggal 19 Januari, tanggal tagihannya adalah 18 Februari.

Khusus catatan transaksi gesek kartu atau lewat mesin electronic data captured (EDC), transaksi baru dicatat sehari kemudian. Misalnya transaksi tanggal 15, berarti dicatat tanggal 16. Kalau mesin geseknya beda dengan bank penerbit kartu kredit, catatannya baru masuk 2-3 hari kemudian.

Bagaimana jika terjadi keterlambatan pembayaran bulanan?

Keterlambatan pembayaran akan mengakibatkan kena denda keterlambatan atau late charge. Kartu kredit dapat digunakan pula untuk melakukan penarikan uang tunai baik langsung melalui teller pada kantor bank yang bersangkutan maupun ATM (automated teller maschine) di mana ada tertera logo atau nama kartu yang dimiliki, baik di dalam maupun di luar negeri. Kartu kredit yang umum digunakan dalam transaksi ini adalah Visa dan Master Card.

Denda keterlambatan pembayaran di lembar tagihan ini bakal ada angkanya kalau pada bulan sebelumnya kita telat membayar tagihan. Misalnya tanggal jatuh tempo 5 Maret tapi kita baru membayar 6 Maret, berarti kita harus membayar denda karena terlambat 1 hari.