Cara cepat mengembalikan daftar kontak yang hilang

Tips teknologi – Tidak sedikit kasus kehilangan daftar kontak yang dialami oleh pemilik smartphone secara tidak sengaja. Bermaksud akan menghapus salah satu kontak, tetapi malahan terhapus semua. Daftar kontak menjadi hal penting untuk terus terhubung dengan rekan dengan kecanggihan teknlogi sekarang. Daftar kontak menjadi satu-satunya jalan untuk terus saling berkirim kabar. Apa jadinya jika daftar kontak terhapus secara tidak sengaja ?. Tentu ada tips teknologi yang bermanfaat untuk mengembalikan daftar kontak yang hilang tanpa harus anda meminta tolong orang lain agar dapat segera berkomunikasi kembali.

Untuk mengembalikan daftar kontak yang hilang dari smartphone anda, anda tidak perlu kawatir. Pada dasarnya, setiap kita memakai fasilitas smartphone, sudah ada aturan atau setting yang danjurkan oleh pabrik pembuatnya untuk menghubungkan smartphone dengan suatu akun tertentu yang aktif, sebagai jalan untuk mengantisipasi akan hal-hal yang tidak terduga, termasuk kehilangan daftar kontak.

Memang, bagi yang memiliki profesi atau pekerjaan yang selalu mempergunakan smartphone sebagai media komunikasi dengan rekan bisnis, akan menjadi suatu kejadian yang menjengkelkan dan sangat fatal. Semakin banyak jumlah kontak tersimpan dalam smartphone, semakin panik saat kita menyadari daftar kontak itu telah hilang dari smartphone. Sudah terbayang bagaimana cara dapat berkomunikasi dengan rekan bisnis jikalau untuk melakukan komunikasi dengan mereka tidak dapat dilakukan karena tidak ingat dengan nomor kontak yang bisa dihubungi.

MENGEMBALIKAN DAFTAR KONTAK DENGAN AKUN GMAIL
Jika anda cermati, saat anda pertama kali mempergunakan dan mengaktifkan smartphone anda, selalu ada proses regitrasi dengan memasukkan akun email yang kita miliki. Akun yang kita masukkan adalah akun untuk sinkronisasi daftar kontak kita. Dengan maksud, proses backup semua aktifasi serta daftar kontak yang ada tersimpan dalam smartphone kita akan dibackup secara rutin dengan mempergunakan akun kita.

Artikel terkait :   Tips membeli hp seken yang aman

Jika anda memiliki akun gmail saat melakukan aktifasi, sebernarnya anda telah mengaktifkan akun gmail sebagai akun untuk melakukan sinkronisasi backup data dari smartphone anda ke gmail. Semua prose akan dihubungkan / sinkronisasi dengan akun gmail secara online. Proses backup akan dilakukan tanpa mengganggu kenyamanan anda berselancar dengan smartphone anda.

Gmail sebagai akun resmi yang dijadikan sebagai akun untuk masuk ke Google play menjadi penentu proses backup data anda ke akun gmail. Saat anda melakukan aktifasi, selalu ditanyakan apakah anda akan mengaktifkan akun gmail anda sebagai akun backup data secara online. Jika ‘YA’, maka dapat dikatakan anda memiliki fasilitas tambahan yang diberikan oleg gmail untuk menyimpan data anda secara online untuk dapat melakukan restore data ke smartphone anda saat kehilangan daftar kontak.

Jika anda tidak mengaktifkannya sampai detik ini, sekiranya anda dapat mengaktifkannya untuk dapat mengembalikan daftar kontak yang hilang suatu saat nanti anda mengalami hal ini.

Untuk mengembalikan daftar kontak anda yang hilang dengan akun gmail, anda cukup masuk ke setting backup dan restore. Kemudian masukkan akun yang anda jadikan backup yang terhubung dengan smartphone anda. Pilihlah proses restore dengan nama akun yang sama dengan saat anda mengaktifkannya. Jika posisi jaringan anda sedang lancar, tentu proses mengembalikan daftar kontak yang hilang ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

MENGEMBALIKAN DAFTAR KONTAK YANG HILANG DENGAN APLIKASI
Memang ada beberapa aplikasi yang dapat dipergunakan untuk mengembalikan daftar kontak yang hilang dengan mudah. Ada beberapa yang free alias gratis, ada pula yang berbayar. Jika anda mengalami kehilangan daftar kontak dan mengandalkan download aplikasi untuk mengembalikan data, tentu anda dapat mencoba beberapa aplikasi. Tetapi cara ini memang tidak kami rekomendasikan setelah banyak aplikasi kami coba memang tidak begitu memuaskan dan malah berbelit. Terutama bagi anda yang tidak terbiasa dengan sistem rooting pada smartphone.

Artikel terkait :   Menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan alami

Mengembalikan daftar kontak yang hilang dengan aplikasi membutuhkan pengetahuan tentang sistem android terutama rooting software yang beresiko lebih parah jika anda melakukannya tanpa pengetahuan yang cukup. Jika terpaksa anda tidak ada alternatif lain, sekiranya bawa saja smartphone anda ke tukang service terdekat yang terpercaya. Tapi berhati-hatilah melakukannya terutama untuk beberapa data pribadi anda yang tentu akan ikut dapat diakses oleh mereka.
daftar kontak hilang
Dari kedua cara diatas untuk mengembalikan daftar kontak yang hilang, sebaiknya anda lebih memilih untuk memiliki akun gmail sebagai proses backup secara online daripada tidak sama sekali. Memberikan orang lain untuk mengembalikan daftar kontak kita lebih beresiko data kita dapat dibongkar-bongkar tanpa sepengetahuan kita. Mencegah kehilangan data dengan melakukan backup secara online dengan akun gmail lebih kami rekomendasikan.

Leave a Reply