Cara membeli di Lazada tidak salah beli barang

Membeli barang secara online semakin mudah, apalagi cara membeli di Lazada untuk berbagai merk barang dengan sistem pembayaran yang lebih aman serta cepat membuat tingkat jual beli barang melalui jasa pihak ketiga ini semakin luas cakupannya. Bisa kita lihat, semakin banyak jenis barang yang ditawarkan melalui berbagai toko online, salah satunya di Lazada. Tentu ini melihat kecenderungan proses transaksi pembayaran hingga pengiriman barang ke pembeli semakin mudah. Tetapi, ada dibeberapa forum masih saja ada cerita tentang kekecewaan mereka membeli barang yang tidak sesuai dengan foto yang ditampilkan di halaman toko online. Nah, bagi anda yang ingin melakukan pembelian barang melalui Lazada, sebaiknya beberapa ulasan berikut dapat membantu anda memahami cara pembelian barang melalui Lazada agar barang yang anda beli sama persis dengan foto yang di tampilkan.

cara-membeli-di-lazadaMasalah yang kerap kali terjadi pada saat Anda melakukan pembelian di Lazada.co.id adalah seringkali banyak orang tertipu dengan kondisi barang yang ada. Orang­orang yang menjadi korban ini pada umumnya adalah orang­orang yang ingin melakukan cara belanja online di lazada dengan aman, namun mereka BELUM tahu caranya!

Bukankah hal itu menyedihkan? Disaat kita seharusnya diberikan kemudahan, namun disana kita malah melihat sebaliknya. Ada orang yang terdzalimi oleh perbuatan ‘oknum­oknum’ yang kurang bertanggung jawab, yang pada akhirnya: “Merugikan pembeli awam”.

Belanja online itu seharusnya menjadi suatu hal yang menyenangkan, betapa tidak, Kita tidak perlu lagi pusing­pusing memikirkan biaya dan hal­hal kurang penting lainnya diluar sana, seperti: Kemacetan, polusi, biaya bensin, ongkos transportasi, dsb. Anda hanya perlu memiliki modal INTERNET, dan komputer/gadget, Anda sudah bisa melakukan transaksi online (jual beli).

Kebanyakan tidak semua orang yang masuk kedalam situs lazada.co.id ingin membeli barang secara
langsung, adakalanya mereka bisa mempunyai keperluan hanya untuk sekedar melihat­lihat barang! Apa yang mereka lihat? Barang diskon! Betul, itu dia, barang diskon!! Barang diskon adalah salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Lazada, hampir semua barang di Lazada memiliki barang yang terkena potongan harga. Potongan harga yang diberikan pun tidak main­main, mulai dari 10%­50%, menarik bukan?

Dengan adanya tawaran DISKON itu kebanyakan orang menjadi “buta” di dalam memilih sebuah barang. Mereka tidak lagi PEDULI kepada si penjual, mereka tidak lagi peduli kepada KUALITAS barang nya, mereka hanya tergiur dengan POTONGAN harga yang ditawarkan.

Artikel terkait :   Manfaat kolang kaling untuk radang sendi

Bagaimana agar tidak tertipu ?

Hindari Harga yang Terlalu Miring

Biasanya para penipu online sering menjual barang dagangan mereka di bawah harga pasaran guna mendapatkan pembeli yang banyak. Akan tetapi ada pula penjual yang tidak menipu melainkan memberikan barang nya tetapi dengan faktor tersembunyi lainnya alias kekurangan yang hanya diketahui oleh si penjual tersebut seperti bahan aslinya yang sebenarna tidak terbuat dari bahan yang diberitahukan oleh penjual alias kualitasnya dibawah dari apa yang diberitahukan si penjual.

Jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu miring atau murah, karena harga yang terlalu murah itu patut dicurigai. Soalnya harga pasti sesuai dengan kualitas, dan gak mungkin seorang penjual menjual barangnya terlalu murah, karena jelas-jelas itu akan merugikan mereka, kecuali kalau penjual itu adalah penipu.

Kenali Produk

Kalau anda ingin membeli suatu produk, sebaiknya anda browsing dulu mengenai produk yang ingin anda beli, agar anda lebih mengenal tentang produk tersebut dan apa aja yang disertakan oleh produk tersebut jika anda membelinya (kelengkapannya). Selain itu, supaya anda bisa mencocokan produk yang dijual sesuai atau tidak (harga, foto produk, kelengkapan) dengan iklan yang disediakan penjual.

Kenali Penjual

Disini perlu ada sedikit skill kepo (knowing every particle things). Sebelum membeli produk, baiknya kalau kita mencari tahu asal usul si penjual tersebut. Bagaimana barang jualannya, websitenya, testimonialnya, reputasinya dll. Apalagi kalau penjual yang masih newbie atau yang belum ada reputasi/testimonial, sebaiknya anda lebih berhati-hati, karena informasinya pasti sangat sulit untuk dicari.

Sebelum Membeli Barang, Usahakan Untuk Melihat Testimoninya Dahulu

Testimonial atau Komentar konsumen. Ini adalah Kesan atau kesaksian para konsumen yang telah bertansaksi. Sebaiknya anda memperhatikan hal ini, Apakah Tempat online shopping anda melakukan pesanan memiliki testimonial positif atau sebaliknya. Jika Testimonial para pelanggannya merasa puas anda tidak usah ragu lagi dalam bertransaksi. Tapi tetap perhatikan poin 1 & 2 di atas.

Selain itu, biasanya jika penjual ingin dagangan nya laku biasanya iya akan berusaha untuk mendapatkan kepercayaan si pelanggan. Nah untuk menarik kepercayaan biasanya penjual memberikan testimoni asli yang ia dapatkan dari para pembelinya terdahulu. Perlu diketahui biasanya testimonial palsu biasanya hanya dikit dan terlihat kaku. Jadi dalam hal ini kita dituntut ketelitian kita.

Artikel terkait :   Meredakan batuk kering secara alami

Cek deskripsi Barang pesanan

Ada baiknya anda mengecek kembali barang pesanan anda. Cek kelengkapan pesanan anda, Kualitas bahan, warna, ukuran atau kelengkapan lain yang disertakan ketika anda membelinya. Pastikan bahwa barang yang anda beli sama dengan Foto dan deskripsi yang dipasang sang penjual sebelum melakukan pembayaran.

Jika Jarak Anda dengan Penjual Tidak Begitu Jauh Usahakan Untuk COD

Tahu kan apa yang dimaksud dengan COD ? COD adalah Cash on Delivery, jadi jika barang sampai ketangan si pembeli, baru kita bayar. Untuk lebih jelasnya COD ini biasanya antara penjual dan pembeli janjian untuk ketemuan di suatu tempat agar dapat bertransaksi. Dengan cara ini kita dapat lebih meminimalisir resiko penipuan karena kita langsung bertatap muka dengan si penjual. Tips ketika COD adalah selalu cek barang ditempat kita COD. Karena jika barang tersebut sudah lepas ketika bertransaksi, kita tidak bisa menuntut lagi kepada penjual karena ketika barang tersebut sedang kita transaksikan tidak mengalami masalah apa apa.

Cermati halaman Akses Pembayaran metode Transfer Bank atau Kartu Kredit

Apabila COD tidak memungkinkan, anda bisa melakukan pembayaran dengan Sistem Transfer antar bank ataupun menggunakan kartu kredit. Pastikan lama yang anda akses ketika melakukan metode pembayaran Debit atau kartu kredit adalah Https:// dengan ditandai gambar gembok di pojok atas. Ini menandakan bahwa anda berada di situs aman dengan fasilitas enskrispi atau perlindungan data. sehingga data personal atau data kartu kredit anda tidak bocor atau disebar luaskan.

Pastikan ada garansi pengiriman barang

Hal ini juga penting, Anda harus pastikan bahwa di Online shop tempat anda berbelanja memberlakukan system garansi pengiriman. Hal ini bertujuan, jika terjadi suatu hal terhadap kiriman pesanan kita. Ketika kita menerima pesan bisa saja barang tertukar, tidak sesuai dengan pesanan atau mengalami cacat pengiriman. Nah, Inilah pentingnya ada garansi pengiriman.

Simpan bukti pembayaran, Konfirmasi pesanan dan Data-data yang dikirim Online Shop

Ada baiknya anda menyimpan struk bukti pembayaran, sms atau email konfirmasi pesanan dan data-data lainnya. Hal ini bertujuan agar apabila ada hal yang tidak diinginkan, maka kita bisa melakukan komplain, meminta hak kita kepada Online Shop yang bersangkutan. Simpanlah bukti pembayaran dan yang lainnya hingga pesanan sampai di tangan kita.