Cara membersihkan hp android

Cara membersihkan hp android layar sentuh atau touchscreen jangan sampai layar tergores bahkan retak dan pecah. Ada yang mempergunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan debu yang menempel di layar dengan bantuan kain yang lembut. Apakah anda jarang membersihkan hp android anda?. Seberapa sering anda perhatikan setiap sudut dan bodi hp android anda yang mulai kotor dan berwarna kecoklatan?. Apakah mempergunakan suitcase atau sarung untuk hp android cukup efektif mengurangi kotoran dan melindungi dari debu yang menempel langsung ke layar sentuh?. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk membersihkan hp android agar terhindar dari kerusakan secara tidak sengaja.

Mengapa sarung silicon mudah menguning?

Kelemahan dari silikon sebagai pelindung handphone adalah mudah sekali kotor, hal ini dikarenakan permukaannya yang lunak dan memiliki pori pori yang besar. Yang paling parah tentunya terjadi pada silikon yang warna transparan/ bening dan putih, kotoran terlihat jelas dan jika dibiarkan begitu saja maka akan kusam dan menguning.

Silikon bisa menyerap cairan membuatnya susah sekali dibersihkan, jangan heran seiring berjalannya waktu silikon HP makin menguning dan mengeras kaku. Senyawa polimer termasuk silicon adalah bahan yang sensitif, apabila terkena panas, oksidasi dan kotoran akan berubah warna menjadi kusam kekuningan.

Proses ini bersifat irreversible , kita tidak mungkin mengembalikannya kembali seperti warna semula dengan bahan kimia apapun. Sebaliknya ada banyak faktor yang dapat mempercepat proses menguning ini, misal cahaya ultraviolet, keringat, lotion. Tidak ada cara mengembalikan silikon HP yang menguning ,silahkan membeli yang baru saja! Sebaiknya anda membeli silikon berwarna gelap agar noda kotoran tidak mudah terlihat.

Bagaimana menggunakan alkohol untuk membersihkan hp android?

Agar body atau casing handphone dapat bersih ketika dicuci maka Anda dapat menggunakan Alkohol. Tuangkan alkohol pada tissue atau korek kuping kapas. Tuangkan secukupnya saja dan jangan terlalu basah supaya cairan alkohol tersebut tidak masuk kedalam komponen alektroniknya, andaikan cairan itu masuk bisa jadi akan timbul konsleting list.

Selain itu perlu diketahui bahwa ketika membersihkan menggunakan cairan alkohol itu anda harus hati-hati pada handphone yang mempunyai tipe cat body dan tombol tertentu karena bisa saja tombol tersebut bisa luntur jika terkena alkohol. Lalu untuk layar Handphone sebaiknya jangan sampai kena alkohol karena ada beberapa handphone yang mempunyai layar jenis tertentu yang tidak tahan terdahap alkohol cair.

Artikel terkait :   Menghilangkan iklan di hp android

Bisakah membersihkan dengan sabun cair?

Selain menggunakan alkohol anda bisa memakai air sabun yang dibasahkan di kapas, tissue atau korek kuping kapas untuk mengelap casing dan layar handphone anda. Setelah dilap dengan air sabun secukupnya, maka selanjutnya anda basuh dengan kapas, tissue atau korek kuping kapas yang dibasahi sedikit air bersih agar sabun yang tersisa bisa larut. Lalu laplah dengan menggunakan tisu kering agar handphone anda tidak lagi terdapat air tadi.

Selain itu, cara mudah mencuci handphone selanjutnya adalah dengan mengelap handphone dengan tangan anda sendiri. Caranya sangat simpel yaitu cuci tangan anda dengan sabun antikuman, kemudian tungguh hingga tangan anda dalam kondisi peralihan antara basah dan kering alias hampir kering. Nah, setelah itu anda dapat mengelap handphone anda dengan perlahan-lahan. Ingat, jangan sampai mengelap handphone ketika tangan anda masih basah karena cairan dari air yang menempel pada tangan anda bisa saja masuk pada komponen handphone Hp dan itu dapat merusaknya.

Bagaimana membersihkan bagian layar agar tidak tergores?

Goresan-goresan pada ponsel diatas memang merupakan akibat kelalaian si pengguna yang tidak bisa merawat kondisi ponselnya dengan baik. Tidak adanya leather case dan anti gores menjadi penyebab utama goresan pada sekeliling layar ponsel diatas. Tak heran bila dalam jangka waktu pemakaian yang lama maka akan berdampak buruk bagi layar yang kurang mendapatkan perlindungan dengan baik ini. Untuk mencegah hal yang semacam ini, saya akan mencoba memberikan sedikit tips untuk anda yang masih kesulitan dalam merawat layar sentuh pada ponsel anda.

Siapkan Beberapa lembar kain yang halus dan bersih, siapkan juga tisu bila diperlukan
Peralatan yang disiapkan sebelum memulai membersihkan adalah kain berbahan microfiber atau biasa kita jumpai sebagai kain pembersih kacamata. Untuk alternatif lain, anda juga bisa memakai kain katun lembut dengan tekstur halus seperti kaos. Namun usahakan kain-kain tersebut telah bersih. Dalam hal ini, memang tidak terlalu banyak peralatan yang dibutuhkan karena kita hanya ingin membersihkan sekeliling permukaan dan layar ponsel tanpa membuka chasing ponsel anda. Bila ingin membersihkan bagian dalam, mungkin anda harus siapkan katenbat sebagai tambahan.

Pastikan anda mematikan ponsel anda sebelum membersihkan layarnya
Hal ini paling penting, karena ponsel termasuk barang elektronik yang sangat rawan kerusakan, maka paling tidak langkah ini perlu anda lakukan untuk sekedar meminimalisir segala kemungkinan terburuk. Layaknya manusia, ponsel juga terkadang membutuhkan waktu istirahat untuk membersihkan sekeliling ‘badan’nya.

Artikel terkait :   Cara print dari hp android ke printer

Bersihkan debu-debu yang menempel di sudut-sudut layar ponsel anda dengan kain
Langkah awal dari semuanya, mulailah untuk mengaplikasikan kain halus tadi secara perlahan ke sekeliling ponsel. Dan bila sudah mencapai ke wilayah layar, lakukan pembersihan secara detail untuk menjangkau debu-debu yang masuk ke sela-sela permukaan. Hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya debu ke dalam layar, karena bila debu sudah masuk, maka akan sangat sulit untuk membersihkannya dan tentu akan ada resiko baru yang ditimbulkan. Himbauan saya, lakukan pembersihan secara lembut, jangan ada penekanan yang anda lakukan selama membersihkan daerah layar. Karena lapisan anti gores / screen guard yang terpasang bisa sewaktu-waktu mengelupas secara bertahap bila anda melakukan penekanan saat membersihkan.

Pakailah cairan pembersih untuk memaksimalkan daya serap kain terhadap sisa-sisa debu yang masih menempel
Dalam hal ini, anda bisa mempergunakan cairan pembersih layar laptop jika punya. Namun bila tidak, anda bisa gunakan baby oil/minyak bayi, bisa juga cairan antiseptik seperti dettol untuk membersihkan debu-debu yang tersisa di layar. Segera basahi kain anda dengan beberapa tetes cairan pembersih hingga merata. Usahakan jangan terlalu banyak karena cairan pembersih hanya digunakan untuk memaksimalkan daya serap kain terhadap sisa-sisa debu yang masih menempel saja.

Ulangi proses pembersihan secara menyeluruh pada bagian depan dan belakang ponsel
Ini adalah proses finishing, dimana proses pembersihan ini sudah mencapai 90%. Tugas anda sekarang adalah usapkan kembali kain yang sudah dibasahi cairan pembersih tadi ke seluruh permukaan ponsel, termasuk dalam sudut-sudut sempit di layar ponsel anda. Usapkan secara perlahan dan usahakan untuk meminimalisir penekanan pada saat proses pembersihan terakhir ini. Lakukan secara mendetail, karena ini adalah proses finishing. Bila dirasa sudah cukup bersih, diamkan dulu ponsel anda hingga 5-10 menit, kemudian silahkan nyalakan kembali ponsel anda seperti semula. Lakukan pembersihan minimal 1 minggu sekali agar ponsel anda menjadi ponsel yang terawat dan bebas dari kemungkinan kerusakan akibat pemakaian.

Leave a Reply