Cara membersihkan lensa kamera HP

HP sekarang dilengkapi lensa dengan resolusi tinggi yang memuaskan penyuka selfie, namun banyak yang tidak tahu cara membersihkan lensa kamera HP dengan benar yang mengkawatirkan dapat merusak permukaan lensa. Tak jarang hasil jepretan kamera menjadi buram atau terlihat ada spot putih yang selalu mengganggu. Lensa kamera HP memang terbuat dari bahan kaca, berbeda dengan bagian layar yang diperlengkapi dengan jenis kaca yang memiliki tingkat resistensi terhadap goresan. Sering secara spontan kita membersihkan dengan jari kita, tanpa kita sadari kotoran yang menempel di jari dapat menimbulkan goresn kecil yang membuat cacat. Nah, bagaimana cara membersihkan lensa kamera HP agar tidak merusak permukaan lensa?. Mari dalam artikel tips teknologi berikut, kami akan ulas cara membersihkan lensa kamera HP dengan aman.

membersihkan-lensa-kamera-hGambar menjadi kabur apakah karena lensa kamera HP mengalami kerusakan?

Jika Anda sering mendapati hasil jepretan kamera HP Anda tidak maksimal, bisa jadi hal tersebut karena ada kesalahan pada kamera HP Anda. Kemungkinan yang bisa terjadi pada kamera Anda adalah terdapat goresan halus atau baret yang bisa mengakibatkan hasil foto yang telah Anda jepret menjadi tidak maksimal dan buram, bahkan bisa jadi kamera Anda sulit untuk menangkap objek sesuai dengan fokus yang ditargetkan.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena posisi kamera handphone yang biasanya ada dibelakang HP sering mengalami benturan dengan permukaan, terkena debu, tergesek ketika akan dimasukan ke saku celana atau bahkan terkena objek kecil.

Terkadang baret halus memang tidak terlihat oleh kita. Baret halus terjadi karena gesekan lensa luar kamera dengan partikel debu kecil. Nah jika anda sering melettakkan HP anda sembarangan, sebaiknya mulai sekarang di kurangi. Karena permukaan yang tidak bersih dan halus dapat merusak lensa luar kamera anda.

Bagaimana cara membersihkan lensa kamera HP?

Artikel terkait :   Cara mengunci flashdisk dalam 5 menit

Kotoran atau debu yang menempel pada lensa kamera tentu akan mengganggu kinerjanya. Alhasil, foto yang dihasilkan akan buram dan tidak bagus karena fokus kamera terhalang oleh kotoran. Cara membersihkan lensa kamera hp sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan kita paham betul terkait apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan dalam merawat lensa kamera. Selain kotor, hal yang membuat hasil jepretan tidak maksimal juga bisa dikarenakan adanya goresan pada lensa. Nah, masalah inilah yang seringnya menyusahkan pengguna HP.

Menggunakan pasta gigi
Pasta gigi diketahui memiliki kandungan yang bisa mengikis goresan pada lensa kamera. Hal inilah yang membuatnya banyak digunakan untuk menghilangkan bekas gesekan yang mengganggu di lensa. Namun, saat menggunakan cara ini kita harus pintar memilih pasta gigi mana yang bisa digunakan untuk mengelap lensa. Hal ini dikarenakan ada berbagai jenis pasta berbeda yang belum tentu bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Maka dari itu, pilihlah pasta gigi yang tidak terlalu banyak mengandung butiran-butiran gel atau semacamnya. Selain itu, menggunakan pasta gigi juga tidak boleh berlebihan karena ini justru akan membuat lensa semakin menipis karena terkikis. gunakanlah cutton bud untuk membersihkan lensa kamera hp agar lebih lembut dan aman.

Seperti cara kita membersihkan layar hp, gunakanlah pasta gigi yang tidak ada butiran kasarnya karena butiran tersebut malah akan semakin menambah goresan pada kaca kamera. Lumurilah kaca kameramu dengan pasta gigi lalu tekan-tekan sedikit menggunakan cotton bud pada bagian yang terdampak goresan. Jika sudah, bersihkan sisa pasta gigi dengan menggunakan cutton bud. Berhati-hatilah supaya pasta gigi tidak masuk ke bagian dalam casing saat membersihkannya.

Perlu anda perhatikan, pemakaian pasta gigi jangan terlalu banyak agar tidak meluber. Dan sebeum di pasta gigi dibersihkan dengan kain diamkan dulu sejenak setelah itu baru anda bersihkan dengan kain khusus serta ditambah sedikit air guna membersihkan sisa pasta yang masih menempel.

Artikel terkait :   Harga hp android murah berkualitas

Yang menarik bahwa pasta gigi dan minyak pencuci motor tidak hanya untuk membersihkan lensa kamera HP saja, tapi juga bisa untuk membersihkan casingnya. Bisa juga untuk membersihkan kaca helm yang buram dan mengganggu penglihatan.

Menggunakan lap khusus lensa kaca mata
Apabila hanya terkena kotoran dan debu, maka cara membersihkan lensa kamera hp cukup dilap menggunakan pembersih khusus. Memang, lap pembersih khusus dirancang untuk melindungi lensa kaca mata agar terhindar dari goresan pada saat kita membersihkannya. Hal inilah yang membuat lap ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan lensa pada kamera. Oleh karena itu, jika lensa kamera kotor atau berembun, maka menggunakan lap khusus ini merupakan langkah paling tepat.

Yang paling aman untuk membersihkan kaca kamera yang berdebu atau terdapat goresannya itu adalah dengan menggunakan kain khusus seperti yang digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Kain yang dibuat dengan bahan khusus untuk membersihkan kaca itu tidak akan membahayakan kaca kameramu. Jadi apabila kaca kameramu berdebu atau mengembun, lebih baik gunakan kain ini untuk membersihkannya.

Banyak masyarakat yang salah persepsi biasanya akan menggunakan tisu untuk membersihkan lensa kamera. Padahal, cara tersebut salah mengingat tekstur tisu yang kasar dan tidak didesain untuk membersihkan lensa. Inilah yang seringnya membuat lensa dari kamera HP justru semakin banyak goresan.

Selain melakukan pembersihan, alangkah baiknya jika kita merawat lensa HP sedini mungkin dengan menghindarkannya dari segala macam kerusakan. Beberapa perawatan yang bisa dilakukan di antaranya adalah menjauhkannya dari sinar UV langsung, tidak menaruh HP sembarangan terutama di tempat-tempat yang dekat dengan barang elektronik, serta hindarkan HP dari tempat-tempat berdebu dan lembab.