Cara memutihkan baju putih yang kuning

Untuk mengembalikan kecerahan warna baju atau memutihkan baju putih yang kuning karena pemakaian deterjen yang terlalu keras, tentu tidak bisa langsung memutuskan memakai cairan pemutih sebagai solusinya. Mengapa?. karena kandungan zat kimia yang dipergunakan dalam cairan pemutih tersebut tentu memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Apalagi ada takaran yang direkomendasikan saat dipergunakan agar tidak merusak serat kain yang akan mengakibatkan baju mudah robek. Ada beberapa cara memutihkan baju putih kembali cerah seperti semula yang lebih aman dan tidak merusak serat kain.

Cara apa yang aman untuk memutihkan baju putih yang menguning?

Noda kuning yang ada di baju memang sangat mengganggu, apalagi bila noda kuning tersebut ada di baju yang berwarna putih. Baju putih yang terkena noda kuning akan membuat kita tidak percaya diri saat memakai baju tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ada beberapa cara menghilangkan noda kuning di baju yang bisa anda praktekkan :

1. Menggunakan sikat dan detergen
Siapkan sikat khusus untuk mencuci baju, kemudian siapkan juga detergen atau sabun colek. Basahi baju Anda yang terkena noda kuning, berikan detergen atau sabun colek secukupnya ke noda kuning. Sikat menggunakan sikat khusus untuk mencuci baju tadi hingga noda kuningnya hilang. Cara menghilangkan noda kuning di baju tersebut memang sangat umum digunakan, jadi Anda sudah tidak asing lagi dengan cara tersebut.

2. Menggunakan jeruk lemon
Jeruk lemon juga sangat mujarab untuk menghilangkan noda kuning pada baju. Caranya basahi baju yang terkena noda kuning, kemudian siapkan perasaan jeruk lemon. Oleskan perasan jeruk lemon ke bagian baju yang terkena noda kuning. Kucek-kucek atau sikat menggunakan sikat khusus pakaian. Bilas menggunakan air hingga bersih, maka noda kuning sekarang sudah hilang dan tidak ada lagi. Cara menghilangkan noda kuning di baju ini terbukti cukup ampuh dan efektif. Jadi anda perlu mencobanya.

Artikel terkait :   Mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang

3. Menggunakan baking soda
Baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada baju atau pakaian. Caranya basahi bagian baju yang terdapat noda kuningnya. Kemudian taburi dengan baking soda secukupnya, sikat menggunakan sikat khusus pakaian hingga noda kuning pada baju hilang. Lalu bilaslah menggunakan air hingga bersih.

4. Menggunakan jeruk nipis
Selain lemon, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada baju. Caranya siapkan perasaan jeruk lemon lalu oleskan ke bagian baju yang terdapat noda kuningnya. Kemudian kucek atau sikat menggunakan sikat khusus pakaian hingga noda kuningnya hilang. Bersihkan menggunakan air hingga bersih.

Bagaimana menghilangkan warna kuning pada bagian ketiak?

Noda kuning yang terdapat pada ketiak baju biasanya disebabkan karena adanya gesekan antara kain dengan anti-perspirant yang bercampur dengan keringat. Anti-perspirant biasanya mengandung senyawa aluminium yang menimbulkan reaksi kuning. Cara menghindarinya adalah dengan menggunakan deodoran yang memiliki tingkat aluminium rendah/bebas aluminium. Atau gunakan baju setelah deodoran kering sehingga menghindari kontak langsung dengan kain di bagian ketiak.

Apabila sudah terlanjut menguning, cuci langsung baju setelah digunakan untuk menghindari noda yang menempel semakin lama. Proses mencuci bisa menggunakan baking soda dan peroksida yang dilarutkan dalam air kemudian digosokkan pada bagian kain yang terkena noda.

Apakah cara penyimpanan di lemari juga bisa menjadi sebab baju menguning?

Menyimpan baju putih di dalam lemari lama-kelamaan akan menimbulkan noda kekuningan/bercak hitam karena jamur yang disebabkan pakaian berwarna putih rentan terhadap suhu dan kelembaban. Taruhlah kamper pada sudut-sudut lemari dan gantung pakaian putih agar tidak menimbulkan lipatan yang berwarna kekuningan. Pakaian putih pun sebaiknya digantung menggunakan pembungkus yang berbahan kain, bukan plastik, karena efek panas yang ditimbulkan plastik bisa mempercepat pakaian kamu berubah menjadi kekuningan.

Artikel terkait :   Manfaat daun singkong atasi osteoporosis

Bagaimana proses pencucian yang benar agar baju tidak menguning?

Pisahkan pakaian putih dari warna-warna lain agar tidak kelunturan. Kalau bisa, hindari menggunakan mesin cuci dan kuceklah pakaian putih kamu dengan tangan, terutama pada bagian-bagian yang rentan terkena noda, seperti lipatan tangan, kerah, dll. Kalau pakaian kamu sudah terlanjut menguning, bisa coba cuci dengan mencampur 1/4 cangkir garam dan 1/4 cangkir soda kue yang dimasukkan ke dalam 4 liter air ke dalam panci bersih. Setelah itu, masukkan pakaian putih kamu, rebus hingga mendidih atau kurang lebih selama 1 jam. Kemudian, cuci dengan air dan detergen, dan tambahkan sedikit cuka pada air bilasan.