Cara mengamankan jaringan wifi

Saat jaringan internet di rumah telah terpasang, bagaimana cara mengamankan jaringan wifi yang sudah terpasang agar tidak dimasuki hacker atau orang yang tidak kita kenal?. Tentu kita tidak ingin ada orang lain yang memakai jaringan internet yang ada dirumah tanpa seijin kita. Walau sudah kita pasang sistem pengamanan dengan password dan enkripsi, tentu kita masih ada rasa was-was atau kawatir karena banyak aplikasi yang gratis di interet untuk dapat membobol password wifi. Bagi sebagian orang yang paham melakukan proteksi, mungkin sangat mudah melakukannya. Lalu bagaimana cara kita mengamankan jaringan wifi rumah agar tidak mudah dibobol oleh orang lain tanpa sepengetahuan kita?. Mari kita bahas dalam artikel tips teknologi berikut ini.

Bagaimana cara mengamankan jaringan wifi agar tidak kebobolan?

Mempunyai koneksi internet dengan modem tipe WiFi memberikan kemudahan namun juga masalah, kebebasan akses tanpa harus terikat kabel memang menyenangkan terlebih jika posisi modem jauh dari jangkuan sehingga memilih modem dengan fitur WiFi menjadi pilihan yang dapat menyelesaikan masalah.

Jaringan WiFi juga memberikan masalah pelik tatkala banyak pengguna lain yang mencoba menggunakan jaringan internet kita. Meskipun telah menggunakan sandi rahasia tetapi bagi beberapa pengguna yang usil perlindungan default modem bukan masalah besar untuk ditembus, akibatnya kecepatan koneksi internet kita menjadi lambat.

Bagaimana cara mengamankan jaringan wifi, berikut beberapa cara yang dapat anda pilih :

Ganti Kata Sandi Secara Berkala
Salah satu kesalahan umum pemilik jaringan Wi-Fi adalah kurangnya manajemen kata sandi. Jika anda tak pernah mengubah password jaringan nirkabel tersebut, jangan kaget jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Cukup dengan menggunakan personal security, anda bisa mengubah kata sandi secara reguler. Mungkin 2 minggu sekali atau kurang. Selain melindungi jaringan dari para cracker, anda juga terhindar dari masalah jika sewaktu-waktu perangkat anda hilang maupun dicuri.

Artikel terkait :   Simpati loop tidak bisa internet?

Gunakan SSID Unik
SSID (Service Set Identifier) adalah nama hotspot anda. Salah satu trik yang kadang cukup ampuh mencegah orang menggunakan hotspot anda adalah dengan nama SSID yang unik seperti, “Network Unavailable” atau “No Internet Connection”. Atau bahkan dapat digunakan nama yang seram seperti “C:Virus.exe”.

Wifi protector
Salah satu cara untuk melindungi jaringan WiFi adalah dengan menggunakan tool tambahan, jika sebelumnya mungkin Anda telah mendengar aplikasi bernama Net Cut, kali ini saya akan ulas satu lagi aplikasi yang mempunyai kemampuan lebih baik. Aplikasi bernama WiFi Protector ini tidak hanya melindungi kata sandi Anda dengan fitur enkripsinya tetapi Anda juga dapat memonitor perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan Anda dan memutuskan sambungan dengan mudah.

Instal aplikasi di komputer Anda kemudian jalankan seperti biasa, ini dia tampilan depan aplikasi WiFi Protector. Ada dua tombol utama yaitu Start VPN Protection dan Secure my WiFi router, klik tombol Secure my WiFi Protector untuk melindungi router Anda, maka secara otomatis aplikasi ini akan melakukan enkripsi kata sandi WiFi Anda.

Mempergunakan sistem Subneting
Dengan memanfaatkan subnetting, kita juga bisa meminimalisir pengaksesan jaringan kita dari user2 yang tidak diinginkan. Biasanya setelah seorang ilegal user berhasil melewati semua proteksi (MAC Filtering ataupun password), masalah yang jarang mereka hadapi adalah penyettingan IP Address. Karena kebanyakan suatu jaringan telah mengaktifkan DHCP Server. Sehingga untuk mengatasi hal ini, kita tinggal mendisabled DHCP Server.

Aktifkan Proteksi WPA2
Kebanyakan orang menggunakan proteksi berganda untuk meningkatkan keamanan Wi-Fi mereka. Meskipun tidak salah, namun langkah dasar yang harus dilakukan adalah mengaktifkan fitur WPA2 bersama dengan enkripsi AES pada jaringan nirkabel atau SSID jika digunakan secara personal. Kedua fitur tersebut tergolong paling bagus untuk melindungi Wi-Fi dari ancaman jenis apapun, termasuk cracking. Tak ada lagi penumpang gelap pada jaringan anda. Tanyakan pada kawan yang cukup berpengalaman jika kurang paham cara mengaktifkan fitur tersebut.

Artikel terkait :   Memori tidak terbaca di android

Proteksi Akses Publik
Faktanya, sistem keamanan nirkabel tidak selamanya berupa enkripsi. Artinya anda perlu perhatikan juga proteksi fasilitas dan tempat dimana jaringan tersebut beroperasi. Ada kalanya oknum jahil berhasil menjangkau router anda dan menekan tombol restore pada perangkat tersebut. Hasilnya, segala proteksi yang sudah disematkan menjadi tak berguna. Pengawasan secara fisik maupun sistem amat dibutuhkan untuk proteksi maksimal Wi-Fi anda.

MAC Filtering
Ini merupakan metode pengamanan tingkat lanjut. Hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan semua perangkat yang menggunakan hotspot di rumah sedang aktif dan terhubung ke hotspot. Sekarang carilah bagian DHCP dan pilih DHCP Clients. Jika semua perangkat anda telah terhubung ke hotspot, maka di sini akan terlihat semua daftar alat atau perangkat yang terhubung ke Wifi Router.

Catatlah semua Client Name dan MAC Address dari perangkat yang terhubung ke Wifi Router. Sekarang cari bagian Advance Security lalu pilih MAC Address Filtering. Tambahkan semua daftar perangkat anda ke dalam daftar MAC Filter. Setelah itu pindah ke bagian Firewall Security, pilih Enable Firewall, lalu aktifkan atau hidupkan MAC Filter dengan memilih Enable MAC Address Filtering dan Pilih Allow.

Pilihan Allow membuat Wifi Router hanya menerima akses dari semua perangkat yang tercatat dalam daftar MAC Filter. Mulai sekarang, jika anda ingin mengkoneksikan perangkat baru, anda dapat mematikan sementara MAC Filter agar perangkat baru dapat mengakses hotspot. Setelah anda memasukkan MAC perangkat baru ke dalam daftar, anda dapat mengaktifkan kembali MAC Filter ini.

Leave a Reply