Cara mengatasi tenggorokan serak

Cuaca yang sering berubah, banyak keluhan sakit flu dan radang tenggorokan. Cara mengatasi tenggorokan serak yang membandel dipengaruhi pola hidup sehat yang kita jalani. Banyak kasus dan diskusi tentang kesehatan mengenai serangan radang tenggorkan yang tidak kunjung sembuh. Sungguh merepotkan dan banyak menyita waktu kita untuk sembuh dari sakit radang tenggorokan, apalagi jika sudah mengalami batuk kering yang membandel hingga membuat tidur kita terganggu. Belum lagi akibat radang tenggorokan membuat suara menjadi serak karena tenggorokan yang mengalami peradangan. Apa saja cara mengatasi tenggorokan serak yang membandel?. Mari kita bahas dalam artikel kali ini.

Apa sebab kita mudah terserang radang tenggorokan?

Hidup sehat yang kurang tepat sering menjadi pemicu radang tenggorokan. Radang tenggorokan sendiri adalah kondisi ketika dinding tenggorokan menebal atau membengkak. Atau biasanya juga bisa terjadi karena pita suara mengalami peradangan. Hal ini bisa terjadi apabila pita suara melakukan pekerjaan yang melampaui batas. Misalnya Anda terlalu banyak berteriak dan mengeluarkan suara, terlalu banyak bernyanyi dalam waktu yang lama, dan sebagainya. Penyakit ini bisa disebabkan oleh dua faktor penyebab, yaitu virus dan bakteri. Virus yang menyebabkan radang tenggorokan adalah virus coxsackie, sedangkan nama bakteri penyebab radang tenggorokan adalah bakteri streptokokus.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri streptokokus diketahui berpotensi bisa menjadi lebih berbahaya ketimbang penyakit yang diakibatkan oleh virus. Namun radang yang disebabkan oleh bakteri ini umumnya hanya berkisar 10-20 % saja dari semua kasus yang terjadi. Sedangkan sisanya didominasi oleh infeksi virus yang terkadang juga disebabkan oleh virus yang sama dengan penyebab influenza.

Apa gejala kita terserang radang tenggorokan ?

Saat hidup kurang sehat yang mengurangi resistansi sistem imun tubuh, radang tenggorokan dapat menyerang dengan tiba-tiba. Radang tenggorokan ini biasanya ditandai dengan rasa sakit pada tenggorokan, bahkan bisa membuat penderita menjadi kesulitan menelan makanan atau minuman. Kelenjar pada leher biasanya juga akan membengkak, dan apabila dilihat ke dalam mulut maka akan terlihat warna merah yang disertai dengan bercak putih. Terkadang penderita juga akan mengalami demam, meskipun pada beberapa kasus terutama pada radang yang disebabkan oleh virus, penderita lebih kecil potensinya mengalami demam.

Tenggorokan biasanya juga akan merasa kering dan gatal, sehingga terkadang akan membuat penderita radang tenggorokan menjadi mudah haus. Pada awalnya radang tenggorokan bisa membuat suara menjadi serak, namun jika tidak segera diobati maka yang akan terjadi adalah suara bisa hilang untuk beberapa waktu. Penderita juga bisa mengalami batuk dan pilek, atau justru sebaliknya. Biasanya batuk dan pileklah yang juga bisa menyebabkan radang tenggorokan.

Artikel terkait :   Hidup sehat dan cantik dengan masker alami

Mengapa radang mengakibatkan tenggorokan serak?

Suara serak sampai hilang pada umumnya disebabkan peradangan yang terjadi di kotak suara ( laringitis ) akibat infeksi seperti flu. Tenggorokan Anda mungkin terasa luka atau ada benjolan di dalamnya. Anda juga tiba-tiba kehilangan suara akibat penggunaan berlebihan – sebagai contohnya setelah berteriak saat pertandingan sepakbola. Biasanya serak bertambah akibat terus menerus menggunakan suara secara berlebihan, mero*kok, atau refluks ( naiknya ) asam lambung yang mengiritasi kotak suara. Dalam kasus yang jarang terjadi, suara serak adalah gejala dari kanker laring ( bagian atas tenggorokan di mana terdapat pita suara ).

Bagaimana mencegah tenggorokan serak ?

Lindungi tenggorokan Anda jika Anda rentan dengan serak dan kehilangan suara, coba gunakan langkah berikut untuk mencegahnya timbul kembali. Pola hidup sehat yang perlu anda perhatikan agar terhindar dari tenggorokan serak karena radang tenggorokan adalah :

  • Minum air 6-8 gelas sehari, taruh botol minuman di dekat meja tempat Anda bekerja, dan minum seringkali.
  • Jika pekerjaan Anda berkaitan dengan bicara dalam kelompok atau kelas, coba hindari meninggikan suara Anda. Organisasikan kelompok lebih kecil dan duduk berdekatan. Jika Anda perlu bicara dalam kelompok lebih besar, minta mikrofon.
  • Berteriak atau menjerit memberi ketegangan pada suara Anda, jadi coba kontrol kemarahan Anda.
  • Berhenti merokok atau hindari waktu lama di lingkungan berasap.
  • Coba jangan batuk atau membersihkan tenggorokan dengan keras.
  • Coba bernafas melalui hidung. Bernafas lewat mulut akan mengeringkan lapisan tenggorokan dan mempercepat kena flu, udara yang tak tersaring masuk ke paru-paru sehingga menambah serak.
  • Gunakan pelembab udara dalam rumah Anda agar udara tetap lembab.

Bagaimana mengatasi tenggorokan serak yang membandel?

Hidup sehat dengan memperhatikan jenis obat alami sebaiknya menjadi solusi bagi kita semua, terutama mengatasi tenggorokan serak yang membandel. Berikut ini merupakan obat alami untuk mengobati tenggorokan serak yang menjengkelkan :

Campuran Jeruk nipis dan kecap manis – Salah satu cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengobati suara serak dan parau yaitu dengan menggunakan jeruk nipis dan kecap manis. Mengapa bisa jeruk nipis bisa mengobati suara serak? Hal ini dikarenakan jeruk nipis banyak mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat mempercepat proses penyembuhan suara serak sedangkan kecap manis berfungsi untuk menetralisir rasa asam dari jeruk nipis.Obat ramuan ini sudah dikenal sejak jaman dulu.

Artikel terkait :   Khasiat kenikir untuk anti kanker

Minum Banyak Cairan Hangat – Hal ini dikarenakan ketika suara anda serak maka tenggorokan anda akan terasa gatal maka dengan meminum cairan hangat akan membantu untuk melegakan tenggorokan anda. Jangan lupa juga untuk meminum air putih biasa sekitar 6-8 gelas untuk selalu menjaga tenggorokan anda tetap basah dan tidak terasa kering atau gatal lagi.

Daun Sirih – Kebanyak orang pasti sudah tau bahwa daun sirih merupakan salah satu daun yang kaya akan manfaat. Selain digunakan untuk merawat gigi dan menghilangkan bau badan, ternyata khasiat yang terdapat pada daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati suara serak. Ini disebabkan karena dalam daun sirih terkandung minyak atsiri yang dapat mempercepat penyembuhan suara serak yang secara alami.

Madu dan Jeruk Nipis – Selain kecap manis dan jeruk nipis, salah satu ramuan yang bisa mengobati suara serak anda adalah campuran madu dan jeruk nipis. Fungsinya madu hampir sama dengan kecap manis yaitu untuk menetralisir rasa asam yang ditimbulkan oleh jeruk nipis. Terlebih dari itu, madu memang sudah dikenal sejak dulu mengandung zat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Madu tidak hanya manis, madu ternyata mampu menenangkan tenggorokan yang sedang teriritasi. Dengan begitu, makanan manis yang satu ini sangat membantu mengatasi peradangan tenggorokan, termasuk pita suara.

Bawang putih – Mungkin kamu tak asing lagi dengan manfaat bumbu dapur yang satu ini. Ya, bawang putih dilengkapi dengan anti-mikroba sehingga mampu mengatasi bakteri dan virus. Tak hanya itu, bawang putih juga berperan sebagai pelega tenggorokan alami.

Potong bawang putih dan campurkan dengan cuka apel dan air suling. Simpan dalam toples tertutup dan kocok hingga semua bahan tercampur rata. Diamkan selama 4 jam. Setelah itu, tambahkan beberapa madu sebelum kamu menyimpannya dalam kulkas. Sebagai obat, konsumsi sirup ini sebanyak 1-3 sendok makan setiap 6-8 jam. Jika tak ingin repot, kamu bisa mengunyah satu siung bawang putih secara perlahan (hingga halus) dan menelannya.

Jahe – Jahe segar merupakan musuh bebuyutan radang tenggorokan, termasuk radang pita suara. Ini karena. jahe mampu menenangkan selaput lendir dan pita suara yang meradang. Rebus jahe bersama dengan air secukupnya dalam panci tertutup selama 10 menit. Saring airnya, dan diamkan dingin dalam suhu ruangan. Sebelum mengonsumsinya, kamu bisa menambahkan perasan air lemon dan madu. Konsumsi air jahe ini beberapa kali sehari.

Leave a Reply