Cara menghemat kuota data android

Paket data internet memang bagai nyawa bagi hp android. Bagaimana sih cara menghemat kuota data android agar awet?. Mengapa paket data cepat sekali habis?. Belum lagi sinyal seluler yang sering hilang saat dibutuhkan. Banyak kasus yang sering dialami oleh pengguna hp android, walau sinyal sering hilang dan bermasalah tetapi kuota data begitu cepat habis. Mengapa demikian?. Apakah anda mengalaminya sendiri. Tentu kita harus pahami dan cermati bagaimana kuota data android dipakai untuk koneksi data aplikasi yang terpasang di hp android. Memang sedikit agak rumit jika membahas hal teknis, tetapi dalam artikel tips teknologi kali ini, kami akan membahas secara lebih detail dan mudah dipahami bagi anda semua mengenai bagaimana cara menghemat kuota data android agar tidak cepat habis. Buka dengan maksud mengakali operator seluler untuk pemakaian data yang tidak biasa, tetapi bagaimana mengoptimalkan penggunaan data dengan benar.

Bagaimana menghadapi kebocoran koneksi data?

Mungkin Anda pernah mengalami bahwa tiba-tiba kuota internet habis, padahal Anda merasa belum menggunakannya secara maksimal. Sebelum Anda protes terhadap layanan operator yang digunaken. ada baiknya periksa terlebih dahulu smartphone Anda. Siapa tau ‘biang keladi’ memang terdapat pada feature-feature yang secara default aktif dan mengakses internet tanpa diketahui.

Lakukan pemeriksaan aplikasi yang menguras data. Meski sedang tidak digunakan, beberapa aplikasi Android tetap aktif menggunakan data internet Anda secara ‘terselubung’. jika Anda tidak cermat, bisa-bisa kuota data bisa terkuras tanpa disadari. Untuk itu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan :

– Update hanya melalui Wifi, Matikan fungsi auto-update untuk mengurangi penggunaan kuota internet. [ika tetap memerlukan update, ubah ke pilihan WiFi only atau Auto-update apps over Wi-Fi only.

– Konfigurasi aplikasi, Beberapa aplikasi akan selalu terhubung ke server mereka dan berjalan di background untuk mendapatkan update atau sinkronisasi. Hal ini memang bagus, hanya saja data yang terkirim bisa membutuhkan koneksi internet yang menguras kuota Anda. Hal ini bisa menjadi masalah terutama bagi yang memiliki kuota terbatas. Masuk ke pilihan setting aplikasi terse but dan matikan fltur internet yang menggunakan data, dan pilihan hanya melalul WiFi saja (jlka ada). Sebagal conton. aplikasi Google memberikan pilihan untuk menentukan akses data yang Anda gunakan saat melakukan backup foto ataupun video secara otomatis.

Artikel terkait :   Gaya foto narsis yang bikin baper

-Batasi data, Meski beberapa aplikasi memiliki opsi untuk mengubah setting data, Anda tetap mesti memeriksa konfigurasi pada Android. Masuk ke Settings>Data Usage, dan masuk ke aplikasi guna melihat statistik penggunaan data yang dilakukan. Geser ke bawah dan lihat Foreground. Jika data yang digunakan terllhat besar, ada baiknya memberi batasan. Tekan tombol menu dan beri centang Restrict background data.

Selain hal tersebut, mengakses situs tertentu bisa jadi penyebab borosnya penggunaan kuota, terutama jika Anda mengakses situs yangtidak menyediakan versi mobile. Situs dengan tampilan desktop banyak menggunakan gambar ataupun iklan yang besar sehingga boros penggunaan data. Untuk itu Anda mesti menggunakan peramban yang menyediakan fitur kompresidata. Dengannya, situs yang akan diakses akan dikompresi ukurannya agar lebih keeil.

Bagaimana cara agar kuota data tidak boros?

Sebenarnya koneksi internet Android bisa diatur supaya tidak terlalu boros, atau bahkan tidak terhubung sama sekali. Tinggal atur pilihan yang Anda inginkan, maka pulsa Anda tak jadi terkuras. Nah, untuk melakukan penghematan serta mengirit pemakaiah paket kuota data, ada beberapa cara untuk memastikan paket data anda tidak salah pengaturan.

1. Matikan fungsi Auto Synchronization
Fungsi Auto Synchronization atau disingkat Auto Sync biasanya terdapat pada panel notifikasi smartphone. Bila Anda merasa tidak setiap waktu harus meng-update akun media sosial, email, ataupun lainnya, maka non-aktifkan fitur ini. Karena fungsi ini akan memakan kuota Anda tanpa disadari. Atau Anda dapat memilih aplikasi tertentu yang dapat langsung disinkronisasi secara otomatis, seperti untuk email baru yang masuk.

Saat konfigurasi awal mengaktifkan smartphone, Anda telah diberikan pilihan untuk mengatur sinkronisasi. Secara default, Google telah mengatur sinkronisasi seperti Play Store serta aplikasi Google lainnya. Namun Anda tidak perlu menyelaraskan semua item tersebut, terutama pada data berukuran besar seperti foto. Untuk itu Anda bisa mengaturnya sendiri dengan masuk ke Settings>Account>Google, dan pilih akun. Didalamnya terdapat banyak item yang bisa Anda aktif/nonaktifkan untuk menghemat kuota. Gunakan beberapa yang diperlukan saja.

2. Pastikan fungsi Auto Update tidak diaktifkan
Tentunya smartphone dipenuhi dengan beragam aplikasi, mulai dari media sosial hingga game dengan ukuran yang berbeda. Untuk mencegah berkurangnya kuota secara tidak disadari, coba periksa Pengaturan pada Google Play di smartphone Anda. Setiap developer memberikan pembaruan pada aplikasinya pada waktu yang tidak ditentukan dan update yang diberikan pun kadang minor, sehingga tidak perlu rutin mengecek update aplikasi. Alternatifnya, Anda bisa mengatur untuk melakukan Auto Update hanya saat sudah terhubung pada koneksi wifi saja.

Artikel terkait :   Cara menyaksikan siaran tv di internet

3. Matikan fungsi Data Background dari aplikasi atau sistem Android
Pengguna Android kadang tidak mengetahui bahwa beberapa aplikasi dan sistem memerlukan background data meski tidak sedang digunakan. Oleh karena itu, pengguna harus aktif membatasi pemakaian data secara diam-diam ini.

Untuk mematikan fungsi ini, pengguna dapat menuju Pengaturan dan Penggunaan Data untuk melihat aplikasi apa saja yang menguras kuota. Di bagian bawah terlihat deretan aplikasi yang paling banyak menggunakan data. Untuk membatasinya, klik aplikasi dan berikan centang pada pilihan Batasi Data Latar Belakang.

4. Batasi penggunaan media sosial
Aktivitas satu ini pasti dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone saat ini. Ya, aktif di media sosial menjadi salah satu pemangsa kuota data terbesar. Untuk mengirit kuota, maka coba kurangi kegiatan ini, atau bisa juga dengan log out setiap kali selesai ‘menjelajah’ media sosial.

Beberapa operator telekomunikasi di Indonesia menyediakan pilihan paket data yang berbeda dan dapat dipilih sesuai kebutuhan. Bila memang Anda termasuk yang lebih aktif di media sosial, pilihlah paket yang memberikan akses unlimited untuk media sosial.

5. Hilangkan beberapa widget yang tidak berguna pada layar home screen
Pada pengaturan default smartphone Android, tersedia widget untuk mengetahui kondisi cuaca sekitar. Widget ini ternyata memakan kuota data. Meskipun tidak terlalu besar, namun menghapus widget perlu dilakukan untuk meminimalisir penggunaan kuota. Terlebih bila widget ini dipasang secara berkala dan terus menerus.

Selain menghemat kuota dalam paket data smartphone, hal di atas juga dapat memberi manfaat tambahan, yakni membuat daya baterai bertahan lebih lama. Karena tak jarang semakin cepat dan banyak kuota yang digunakan, akan semakin cepat pula menguras baterai smartphone. Bila Anda memiliki tips lainnya, jangan ragu untuk mengutarakannya di kolom komentar.

Leave a Reply