Cara menghilangkan bau badan berlebih

Keringat identik dengan bau badan. Keringat berlebih saat berolah raga menurunkan berat badan  menimbulkan bau tak sedap. Cara menghilangkan bau badan berlebih dapat dilakukan tanpa harus mengimbangi dengan pemakaian deodoran yang berlebih dan tidak direkomendasikan sebagai pola hidup sehat. Keluarnya keringat menjadi hal yang sehat dan dianggap normal sebagai pertanda tubuh bereaksi dengan kondisi tubuh yang sedang beraktifitas lebih serta kondisi cuaca yang panas. Lebih bermanfaat jika cara menghilangkan bau badan berlebih dengan memperhatikan penyebab keringat sebagai sumber bau badan, sehingga akan memberi manfaat yang permanent. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau badan dari keringat yang berlebih agar kita dapat beraktifitas secara normal?.

Apa manfaat keringat bagi kesehatan ?

Keringat berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, yakni mendinginkan suhu tubuh anda yang naik ketika berolahraga. Berkeringat sangat penting untuk proses pendinginan tubuh secara alami. Ketidakmampuan seseorang untuk berkeringat bisa mengancam nyawanya. Ada kondisi yang disebut ectodermal dysplasia yang membuat orang tidak berkeringat. Orang-orang seperti ini tidak dapat berpartisipasi dalam olahraga karena suhu tubuhnya terlalu panas saat latihan yang intens, yang memiliki efek kurang baik pada jantung dan fungsi tubuh lainnya. Bersyukurlah jika anda bisa berkeringat.

Selain itu, berkeringat membantu penurunan timbulnya komedo. Hal ini dikarenakan saat berkeringat, pori-pori anda terbuka, yang dapat membantu mengurangi jerawat. Namun yang perlu diperhatikan adalah membiarkan keringat berlama-lama hingga kering di wajah anda dapat memiliki efek yang berlawanan. Oleh sebab itu cucilah wajah anda setelah beberapa saat berkeringat.

Dan lagi, ketika Anda berkeringat, denyut jantung anda mempercepat dan meningkatkan sirkulasi darah, terutama di kulit, kata Kara Rogers, editor ilmu biomedis untuk Ensiklopedia Britannica. Dasar dari setiap kelenjar keringat terletak jauh di dalam lapisan kulit yang terletak sangat dekat dengan pembuluh darah kecil,” katanya. Keringat dapat meningkatan aliran darah di kulit, yang membantu memacu sistem sirkulasi darah Anda. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah Anda melalui keringat.

Artikel terkait :   Cara mengatasi keringat berlebihan pada remaja

Berkeringat juga bagian dari hidup sehat. Berkeringat membantu tubuh Anda secara alami membuang racun. Penelitian telah menunjukkan bahwa keringat mengandung berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam yang berpotensi beracun, seperti kadmium, aluminium, dan mangan. Ini adalah alasan utama mengapa berkeringat dianggap sebagai detoxicant (penetralisir zat beracun). 2 juta hingga 5 juta kelenjar keringat di kulit manusia dapat memainkan peran penting dalam menghilangkan banyak zat beracun yang ada di tubuh.

Jika anda berkeringat banyak setelah berolahraga, maka memungkinkan anda untuk meminimalisir terjadinya asma. Penelitian dari Universitas Michigan mengatakan bahwa berkeringat dapat membantu menurunkan resiko terjadinya asma. Dan semakin anda berkeringat ketika berolahraga, semakin baik, karena semakin anda berkeringat, semakin rendah resiko anda mengalami asma.

Mengapa keringat berlebih menimbulkan bau?

Keringat merupakan cairan bening dan tidak berbau. Komposisi keringat terdiri atas air, garam, protein, dan minyak. Penyebab bau keringat, atau lebih tepat disebut bau badan, sebetulnya adalah bakteri dari luar cairan keringat itu sendiri. Jutaan bakteri tidak berbahaya berdiam di permukaan tubuh kita dan membantu pertahanan alami kulit.

Bakteri-bakteri ini bertahan hidup dan berkembang biak di lingkungan yang lembap dan kaya nutrisi—seperti daerah ketiak kita. Makhluk-makhluk mikroskopis ini memakan keringat kita dan memprosesnya dalam sistem metabolisme mereka sehingga menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan keringat berbau seperti cuka, keju, atau bawang. Penyebab bau badan tak sedap adalah hasil pembuangan oleh bakteri yang memakan keringatmu. Proses ini sepenuhnya alami ketika kamu menginjak masa pubertas.

Bagaimana mengatasi bau badan karena keringat berlebih?

Mengatasi keringat berlebih yang menimbulkan bau badan, bia dilakukan dengan menerapkan hidup sehat yang benar, terutama dengan memanfaatkan serta konsumsi sumber makanan alami yang menyehatkan. Salah satu cara mengatasi bau badan pada wanita adalah dengan mengkonsumsi daun kemangi. Dengan mengkonsumsi kemangi, kita juga bisa membuat kulit kita terlihat bagus karena kandungan vitamin E yang lumayan tinggi mampu membuat kulit kita terlihat cerah dan juga kencang.

Artikel terkait :   Cemilan sehat selama diet

Bau dari kemangi memang sangat khas dan biasanya bahan makanan ini digunakan sebagai pelengkap makanan lalapan. Baunya yang sangat khas dan segar mampu membuat tubuh kita akan terasa segar. Selain itu, kita bisa menggunakan deodorant agar bau badan kita tidak bau, namun deodoran hanya mampu menghilangkan bau badan secara sekilas saja.

Bau badan memang sangat mengganggu terutama bagi wanita karena sangat mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat percaya diri. Bau badan yang mengganggu akan membuat kita tidak nyaman untuk berdekatan dengan kekasih atau relasi kerja. Untuk itu cara alami untuk menghilangkan bau badan secara permanen harus anda coba.

Dengan cara mencampurkan daun sirih, kapur sirih dan perasan air jeruk nipis sampai membentuk pasta. Oleskan pada ketiak dan biarkan selama 15 menit kemudian bersihkan menggunakan air hangat sembari di tepuk-tepuk menggunakan tangan. Lakukan tips ini minimal tiga kali dalam seminggu.

Mentimun juga dapat membantu untuk menghilangkan bau badan dengan cara memotong timun tipis. Kemudian oleskan pada ketiak selama satu menit lalu biarkan pada ketiak selama beberapa menit sampai air yang terdapat pada mentimun sampai terserap sempurna. Bersihkan menggunakan air bersih, selain dapat menghilangkan bau badan mentimun juuga dapat memutihkan kulit ketiak. Lakukan tips ini setiap hari untuk hasil yang lebih optimal.

Selain itu jahe juga dapat digunakan untuk membuat bau badan menghilang. Dengan cara memarut jahe kemudian oleskan pada kulit ketiak secara merata. Biarkan terserap merata selama 10-15 menit kemudian bersihkan. Untuk hasil yang lebih akurat dapat ditambahkan dengan rajin mengkonsumsi wedang jahe.

Cara Menghilangkan Bau Badan yang Cocok. Jika kita ingin cara instan dan praktis, kita bisa menggunakan deodoran untuk tubuh kita, namun harganya pasti sangat mahal jika dibandingkan dengan menggunakan bahan yang alami. Oleh karena itu sangat direkomendasikan cara menghilangkan bau badan, dengan mengkonsumsi kemangi atau daun pepaya untuk bisa menghemat budget.

@Tips bermanfaat – 2016

Leave a Reply