Cara menghilangkan kembung dan mual

Bagi anda yang suka makan pedes dan asam, tentu membuat asam lambung mudah naik memicu sakit maag. Cara menghilangkan kembung dan mual karena asam lambung yang naik dan memicu sakit maag hingga membuat sakit perih pada bagian perut sebelah kiri, dapat anda lakukan dengan ramuan tradisional serta alami. Gejala sakit maag atau keram lambung biasanya diawali dengan rasa kembung di lambung yang membuat nafsu makan berkurang serta cepat terasa kenyang. Perut kembung ini sering dialami oleh kaum wanita, terutama karena kebiasaan wanita sering menahan rasa lapar hanya karena takut kelebihan berat badan. Sebenarnya rasa lapar itu alami yang menandakan tubuh membutuhkan asupan makanan. Jika terlalu lama lambung kosong, maka asam lambung akan naik dan menimbulkan rasa kembung dan terasa sebah. Kembung dan mual pada lambung bukan saja bisa dihilangkan, tetapi juga dicegah agar tidak memicu sakit maag yang jika dibiarkan akan fatal akibatnya. Bagaimana cara menghilangkan kembung dan mual secara tepat?. Mari kita simak artikel hidup sehat berikut ini.

Penyakit lambung atau sakit maag merupakan penyakit saluran cerna yang paling banyak diderita oleh masyarakat. Pada kebanyakan orang penyakit maag tidak menimbulkan masalah yang serius, karena penyakit ini akan cepat sembuh setelah diberi obat – obatan (obat asam lambung), namun pada sebagian kecil orang penyakit maag dapat menimbulkan masalah yang serius dimana gejala yang ditimbulkannya dapat sangat mengganggu aktivitas sehari – hari.

Lambung manusia memproduksi enzim – enzim dan zat asam lambung yang berguna untuk mencerna makanan. Lambung yang normal mempunyai lapisan pelindung yang melindungi dinding lambung bagian dalam dari pengikisan oleh asam lambung. Penyakit maag itu sendiri terjadi ketika lapisan pelindung dinding dalam lambung tersebut mengalami gangguan atau produksi asam lambung yang berlebihan.

Apa sih fungsi asam lambung bagi tubuh ?

Asam lambung bukan sebuah penyakit atau nama penyakit. Asam lambung berada dalam tubuh kita untuk mengerjakan fungsinya dalam organ pencernaan dan sistem tubuh. jika tidak ada asam lambung maka sistem metabolisme dalam tubuh kita tidak akan berjalan dengan baik. Jadi, berikut ini beberapa fungsi asam lambung yang sangat penting untuk tubuh.

  • Asam lambung memiliki fungsi yang sangat penting untuk sistem pencernaan manusia. asam lambung membantu tubuh dalam mengolah protein.
  • Asam lambung berperan untuk membuat produksi enzim khusus yang bekerja untuk melawan semua kuman dan bakteri yang masuk ke sistem pencernaan dari makanan dan minuman.
  • Asam lambung juga berperan untuk membantu tubuh dalam melakukan penyerapan terhadap vitamin B12. Vitamin B12 diperlukan oleh tubuh untuk membantu sistem produksi darah merah dan menjaga sistem otak dan syaraf.
Artikel terkait :   Khasiat terong untuk penderita anemia

Bagaimana menyembuhkan perut kembung dengan bawang putih?

Pengobatan terhadap asam lambung itu sendiri juga tergolong variatif. Pada umumnya, para penderitanya akan mengatasi hal ini dengan mengkonsumsi obat maag yang umumnya dijual di pasaran. Namun sayangnya, penggunaan obat-obatan seperti ini hanya akan menimbulkan ketergantungan bagi para pemakainya. Maka dari itu, banyak pihak yang menyarankan untuk mengobati asam lambung dengan menggunakan metode yang alami. Pengobatan seperti ini tergolong sangat aman, karena minim akan efek samping. Nah, salah satu metode yang sering ditempuh adalah dengan memanfaatkan bawang putih.

Sekalipun bahan yang satu ini memiliki aroma yang kurang sedap, namun ternyata bisa digunakan untuk mengatasi penyakit maag. Hal ini sangat dimungkinkan karena bawang putih memiliki kandungan yang bisa menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar. Bagaimana cara penggunaannya?. Berikut ulasannya :

  • Untuk penggunaannya, siapkan beberapa siung bawang putih, kemudian parut hingga halus.
  • Masukkan parutan bawang putih tersebut ke dalam satu gelas air hangat, lalu aduk hingga rata.
  • Saring arinya, kemudian konsumsilah sebagai obat maag setiap harinya.
  • Jika kamu rutin melakukan pengobatan ini, maka asam lambung yang diderita akan berangsur-angsur pulih.

Bawang putih dan asam lambung memang memiliki kaitan yang sangat erat, namun harus dipahami bahwa sakit maag sebenarnya tidak bisa sembuh secara total, sekalipun dengan menggunakan cara ini. Tapi setidaknya, usaha yang kamu lakukan ini akan berdampak sangat postif terhadap penyakit yang kamu derita. Selain itu, pastikan pula agar tetap menghindari faktor-faktor pemicu dari asam lambung, seperti konsumsi makanan yang pedas dan asam, makanan berminyak, atau pola makan yang tidak teratur.

Apa pantangannya untuk mencegah asam lambung naik?

Artikel terkait :   Mengatasi susah kencing dengan jus tomat

Bagi siapa saja yang memiliki masalah asam lambung tinggi dan telah menimbulkan gejala-gejala sakit maag, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Jika tidak ingin gejala maag kambuh lagi, janganlah mengonsumsi pantangan makanan untuk penderita asam lambung, tetapi konsumsi lah hanya makanan yang dianjurkan.

Makanan berikut ini merupakan makanan pantangan penderita asam lambung karena akan dapat meningkatkan pembentukan asam lambung dan mengiritasi lambung, makanan yang dimaksud antara lain :

  • Makanan yang banyak mengandung gas seperti sawi dan kol. Penderita asam lambung apabila mengkonsumsi makanan ini dapat membuat asam lambung menjadi naik dan penyakit lambungnya menjadi mudah kambuh
  • Makanan dengan rasa pedas seperti cabai, saos, sambal, merica. Makanan ini apabila diproduksi oleh penderita asam lambung dapat menimbulkan iritasi pada lambung sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada lambung.
  • Makanan asam seperti cuka, acar, asinan. Makanan ini akan secara langsung meningkatkan suasana asam di dalam lambung, apabila dikonsumsi oleh penderita asam lambung dapat memperburuk penyakit lambungnya.
  • Buah – buahan asam seperti belimbing wuluh, nanas, lemon, kedondong, belimbing, mangga muda tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena kadar asam dalam buah ini dapat meningkatkan suasana asam di dalam lambung.
  • Makanan yang mengandung alkohol seperti tape singkong, tape ketan, manisan sayur, manisan buah tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena kandungan alkohol secara langsung dapat meningkatkan asam lambung dan mengiritasi lambung
  • Makanan berminyak dan berlemak seperti gorengan, dan jeroan hewan juga merupakan makanan pantangan karena mengandung lemak trans yang apabila dikonsumsi penderita asam lambung dapat mengiritasi lambung.
  • Makanan keras dan sulit dicerna seperti talas, singkong, beras ketan juga merupakan pantangan karena makanan tersebut secara langsung dapat melukai lambung, dan makanan tersebut akan membuat lambung bekerja lebih keras untuk mencernanya dengan cara meningkatkan produksi asam lambung.
  • Minuman yang mengandung alkohol seperti minuman keras juga merupakan pantangan karena dapat menipiskan selaput pelindung lambung dan meningkatkan asam lambung Minuman mengandung kafein seperti kopi, teh, kola juga merupakan pantangan karena kadar kafein didalamnya dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Leave a Reply