Cara mengobati ambeyen secara tradisional

Ambeyen memang disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Cara mengobati ambeyen atau wasir secara tradisional menjadi alternatif bagi yang takut menjalani operasi. Ambeyen atau wasir dapat dialami oleh siapa saja karena pola hidup sehat dalam memilih makanan yang dikonsumsi kurang mengandung makanan berserat serta kurangnya minum air putih. Memang, ada pemahaman bagi kita, wasir atau ambeyen akan dialami oleh orang yang kurang beraktifitas serta kebanyakan duduk. Sebenarnya penyebabnya bukan hanya karena aktifitas yang kurang, tetapi karena kebutuhan asupan makanan berserat serta air putih kurang yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses sekresi. Nah, jika anda mengalami amebeyen atau wasir, ada cara mengobati ambeyen secara tradisional. Apa itu dan bagaimana mengobatinya?. Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Apa itu ambeyen atau wasir?

Ambeyen atau dalam medisnya disebut Hemoroid adalah pembengkakan jaringan yang mengandung pembuluh balik (vena) dan terletak di dinding rektum dan anus. Bisa dibilang juga dengan varises pada vena rectalis yaitu vena di dalam anus dan rektum. Ambeyen bisa mengalami peradangan, menyebabkan terbentuknya bekuan darah (trombus), perdarahan atau akan membesar dan menonjol keluar. Ambeyen yang tetap berada di anus disebut hemoroid interna (Ambeyen dalam) dan Ambeyen yang keluar dari anus disebut hemoroid eksterna (Ambeyen luar).

Apa penyebab ambeyen?

Penyakit ambeyen memang kadang sulit untuk dikenali apa penyebabnya, namun beberapa aktivitas manusia seperti Buang air besar yang buru-buru ditengarai menjadi penyebab penyakit ambeyen. Peningkatan tekanan dalam pembuluh darah akibat BAB yang buru-buru dapat menyebabkan wasir membengkak. Berikut ini beberapa penyebab penyakit ambeyen yang perlu anda ketahui:

Mengejan Saat Buang Air Besar – Mengejan adalah proses dimana anda ingin mengeluarkan sesuatu dengan dorongan kuat. Istilah mengejan sendiri sering digunakan untuk menggambarkan proses ibu ingin melahirkan. Mengejan kalau dalam istilah jawa dinamakan “ngeden”. Terlalu ngotot “ngeden” ternyata dapat menyebabkan ambeyen karena tekanan pada pembuluh darah meningkat dan memicu bengkaknya wasir. Usahakan untuk tidak mengejan dengan kuat saat buang air besar plus jangan buru-buru.

Artikel terkait :   Mengobati nyeri lutut secara tradisional

Duduk Dalam Jangka Waktu yang Lama – Jika anda tipe orang yang suka duduk dalam jangka waktu yang lama, perhatikan kesehatan wasir anda. Kelamaan duduk ditengarai merupakan penyebab penyakit ambeyen yang paling umum ditemukan di Indonesia. Bila anda bekerja dengan duduk yang lama, usahakan untuk mengimbanginya dengan sedikit jalan-jalan dan olahraga yang teratur untuk melatih otot dan melancarkan darah.

Menderita Diare Kronis / Sembelit – Diare kronis / sembelit sering dikaitkan dengan ambeyen. Hal ini karena pada saat diare kronis terjadi peningkatan tekanan pada pembuluh darah terutama pada area pantat. Bila anda mengalami diare kronis usahakan untuk segera memperoleh pertolongan dari dokter agar tidak menjalar menjadi ambeyen.

Kegemukan / obesitas – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa obesitas / kegemukan dapat memicu ambeyen. Obesitas merupakan salah satu faktor penyebab peningkatan tekanan darah. Obesitas sendiri merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia karena gaya hidup yang kurang sehat dan kurang olahraga.

Kehamilan – Kehamilan adalah sebuah anugerah yang sangat berarti bagi calon ibu, namun sayangnya kadangkala seorang ibu hamil bisa mengalami ambeyen saat masa kehamilan. Hal ini dikarenakan saat hamil seseorang akan mengalami peningkatan tekanan pada pembuluh darah yang berada di panggul. Peningkatan pembuluh darah tersebut yang menjadi penyebab penyakit ambeyen. Ambeyen pada ibu hamil biasanya akan sembuh setelah melahirkan.

Sering Mengangkat Beban Berat – Ambeyen biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki aktivitas mengangkat barang-barang yang berat. Beban yang diangkat tersebut menyebabkan ketegangan otot baik dipangkal paha maupun panggul yang lama kelamaan memicu pembesaran pembuluh darah diarea tersebut. Bila usia anda sudah tidak muda lagi, usahakan untuk menggunakan alat bantu saat harus mengangkat beban yang berat untuk menghindari penyakit ambeyen.

Artikel terkait :   Khasiat kenikir untuk anti kanker

Apa obat tradisional untuk ambeyen?

Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Asalnya dari Papua atau Irian Jaya. Bagian dari tanaman yang biasa digunakan sebagai obat adalah buah mahkota dewa khususnya daging buahnya. Daging buah mahkota dewa mengandung beberapa zat aktif sepert alkaloid, saponin, flavonoid dan Polifenol.

Mahkota dewa sudah dikenal turun temurun dapat digunakan menjadi obat herbal wasir atau obat herbal ambeien dengan cara langsung digunakan secara sendiri dan diolah secara tradisional menjadi obat alami wasir atau obat alami ambeien dan adapula dengan cara dipadukan dengan tanaman herbal lain yang diolah secara modern dengan komposisi masing-masing yang telah diuji menjadi obat herbal wasir atau obat herbal ambeien yang terbukti dapat menyembuhkan wasir atau ambeien tanpa operasi.

Cara mengolah buah mahkota dewa untuk obat alami wasir atau obat alami ambeien secara tradisional adalah dengan cara buah mahkota dewa pada bagian daging buah yang segar dipotong menjadi bagian yang lebih kecil kemudian dikeringkan. Setelah kering, daging buah mahkota dewa tersebut dapat disimpan realatif lama tergantung sisa kadar airnya. Apabila akan digunakan untuk obat herbal wasir atau obat herbal ambeien cukup dengan direbus dan biasanya dicampur dengan bahan obat lainnya) dan air hasil rebusan tersebutlah yang kemudian dikonsumsi untuk obat herbal wasir atau obat herbal ambeien.

Cara pengolahan modern untuk obat alami wasir atau obat alami ambeien adalah dengan cara diekstrak atau diambil ekstraknya kemudian dapat dibentuk menjadi tablet atau dimasukkan dalam kulit kapsul atau dapat juga dicampur dengan bahan-bahan obatan lain untuk menghasilkan khasiat pengobatan yang lebih manjur sebagai obat herbal wasir atau obat herbal ambeien.

Leave a Reply