Cara mengobati kaki pecah pecah

Kulit tumit anda terasa kasar / bersisik ?. Apa penyebab kulit bagian tumit kaki mengelupas ? Bagaimana cara mengobati kaki pecah pecah?. Apa penyebabnya hingga kulit dibagian tumit menjadi kasar dan mudah mengelupas?. Banyak kaum wanita yang memperhatikan perawatan kulit kakinya terutama bagian tumit, dimana area ini sering bersentuhan dengan alas kaki hingga merasa risi saat berjalan. Ada pula yang merasa kurang percaya diri karena kondisi tumit kaki yang berkerut dan kasar sehingga risih dipandang orang lain. Walau tidak begitu berpengaruh terhadap kesehatan, ada baiknya kita bisa memiliki tumit kaki yang halus dan tidak pecah pecah. Selain kaki menjadi bagian yang mudah sekali terkena infeksi jika ada yang luka, bagaimana mengobati kaki pecah pecah yang aman dan tidak menimbulkan infeksi?. Mari kita simak artikel berikut ini.

kaki-pecahKulit kaki terasa tebal atau kapalan hingga pecah pecah bisa muncul karena aktifitas harian yang padat. Berbagai faktor bisa menjadi pemicunya, bisa karena jarang memakai alas kaki, pemakaian alas kaki yang salah, kerap berkubang di daerah perairan dan lain sebagainya. Oleh karenanya sangat penting untuk memilih alas kaki yang tepat dan gunakan saat beraktifitas terutama ketika berada di luar ruangan. Karena kondisi lingkungan, debu, kotoran dan sebagainya bisa menjadi pencetus kulit kaki anda terlihat tebal dan kasar. Pencegahan ini tentunya akan lebih baik daripada pola pengobatan.

Mungkin saja cara pengobatan yang anda terapkan selama ini kurang tepat. Terkadang anda merasa gemas dengan kondisi tersebut dan mencoba menghilangkan bagian kulit kaki yang menebal dengan cara yang salah. Pastikan anda tidak memakai alat parutan, gunting kuku, pisau, silet dan alat tajam lainnya guna memotong bagian kulit kaki yang menebal. Karena infeksi bisa saja terjadi pada bagian kaki anda.

Bagaimana cara alami menghaluskan kulit bagian tumit yang kasar dan pecah pecah?

Ada beberapa bahan alami yang dapat anda jadikan pilihan untuk mengembalikan kesegaran kulit kaki anda, beikut beberapa bahan tersebut dan penerapannya :

Pepaya
Pepaya sangat berguna dalam perawatan alami menghaluskan dan mencerahkan kulit. Selain buah dan daunnya, ternyata getah dari daun papaya ini juga dapat menjadi salah satu cara menghaluskan kulit kaki. Getah papaya bersifat dingin sehingga dapat digunakan untuk menghaluskan dan sekaligus dapat mencerahkan kulit.

Artikel terkait :   Cara membersihkan kulit wajah yang kusam

Buah pepaya mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A dan vitamin C serta enzim papain yang terdapat di dalamnya dapat meregenerasi sel sel kulit aktif dan membuat pori pori kulit dapat mudah terbuka dan mudah dibersihkan. Selain itu enzim papain berfungsi juga untuk melarutkan sel sel kulit mati yang menempel pada kulit dan biasanya sukar untuk dilepaskan.

Buah mengkudu
Buah mengkudu atau buah pace yang memiliki aroma yang kurang sedap ternyata juga dapat digunakan untuk perawatan dalam menghaluskan kulit kaki. Buah yang rasanya juga pahit ini juga dapat berfungsi untuk kecantikan, buah mengkudu yang berwarna kekuningan dan sudah matang, atau sudah lembek dapat di manfaatkan untuk menghaluskan kulit kaki yang kasar. Buah mengkudu mengandung anti kanker, anti oksidan, serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, flavonoid dan saponin.

Kandungan saponin dalam buah mengkudu ini bersifat seperti sabun atau pembersih yang dapat membersihkan sel sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Selain itu kandungan kandungan dalam buah mengkudu ini dapat meregenerasi sel sel dalam tubuh termasuk sel sel kulit mati. Karena sel sel kulit mati yang terdapat dalam tubuh harus diganti dengan sel sel kulit yang baru karena jika tidak, akan dapat menimbulkan penyakit. Sel sel kulit mati yang tidak diangkat akan menjadi penyebab kulit menjadi kasar.

Alpukat
Buah alpukat kaya akan kandungan vitamin E, sehingga dapat berhasiat untuk menghaluskan kulit yang kasar. Cara melakukan perawatannya cukup mudah. Pertama-tama siapkan satu buah alpukat yang sudah matang, kemudian potong dan haluskan. Gunakanlah buah alpukat yang sudah dihaluskan tersebut sebagai scrub yaitu dengan cara mengusapkannya pada area tumit sambil melakukan sedikit pijatan. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, setelah itu anda bisa membersihkannya dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur, maka kulit tumit anda pun akan menjadi lebih halus secara perlahan.

Pisang
Buah pisang memang mempunyai khasiat yang sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh. Anda bisa mengatasi masalah kulit tumit yang kasar dan pecah-pecah dengan menggunakan buah pisang. Jenis buah pisang yang digunakan ini bisa dengan pisang ambon. Caranya yaitu, haluskan buah pisang hingga berbentuk seperti cream, lalu oleskanlah pada area kulit tumit yang kasar. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bersihkan tumit anda dengan air hangat. Kemudian rendam tumit anda dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur, maka anda dapat merasakan perubahan pada kulit tumit anda.

Artikel terkait :   Manfaat jeruk nipis untuk rambut

Minyak kelapa
Untuk menyingkirkan kulit kaki yang kasar dan kering dengan menggunakan minyak kelapa, Anda harus membersihkan kaki Anda terlebih dahulu, bersihkan kaki dengan memakai batu gosok untuk mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati yang ada di sekitar jari-jari kaki Anda, lantas gunakanlah loofah sponge untuk membantu menghilangkan sisa kulit mati serta kotoran sehingga kulit kaki menjadi lebih bersih.

Lanjutkan perawatan ini dengan mengaplikasikan minyak kelapa ke seluruh bagian kulit kaki, termasuk ke jari kaki, Anda bisa menggunakan bola kapas untuk membantu mengaplikasikan minyak kelapa, agar lebih mudah, sangat disarankan untuk menggunakan minyak kelapa yang berbentuk lotion.

Air hangat
Air hangat ini dapat berfungsi untuk membuka pori pori kaki agar terbuka dan getah yang sudah di oleskan tadi dapat dengan mudah meresap ke dalam pori pori kulit sehingga manfaat yang terkandung dalam getah dapat lebih bagus dalam proses melembutkan dan menghaluskan kulit kaki. Proses yang dibutuhkan juga akan lebih cepat. Air hangat juga dapat membuat getah pepaya yang lengket menjadi cepat dan mudah dibersihkan. Karena jika dibersihkan dengan air dingin akan kurang baik, karena selain lengket, dengan air dingin getah malah akan susah dihilangkan.

Perawatan dan cara menghaluskan kaki kasar ini dapat dilakukan oleh siapa saja baik laki laki maupun perempuan, dewasa atau anak-anak. Namun untuk perawatan dengan getah pepaya harus diperhatikan karena tidak semua orang dapat menggunakannya. Karena jika jenis kulit kamu sangat sensitive, maka perawatan dengan menggunakan getah pepaya justru akan membuat iritasi dan infeksi. Serta akan membuat kulit kaki menjadi memerah dan terasa gatal gatal. Jika sudah terlanjur timbul efek samping tersebut, sebaiknya hentikan pemakaian. Kemudian cuci olesan getah pepaya tersebut dengan air hangat dan tidak menggunakan sabun.

Leave a Reply