Cara mengusir nyamuk dengan tanaman herbal

Tips bermanfaat – Cara mengusir nyamuk dengan tamanan herbal (sere) sebagai tanaman anti dan pengusir nyamuk sangat diminati karena sangat manjur. Selain memanfaatkan tanaman yang mudah sekali kita budidayakan, tanaman sere dapat mengusir nyamuk karena aroma yang dikeluarkannya dapat membuat nyamuk merasa tidak nyaman. Tanaman pengusir nyamuk ini memiliki aroma yang wangi bagi manusia, tetapi tidak bagi nyamuk. Daripada harus kita mengusir nyamuk dengan obat nyamuk yang mengandung bahan kimia yang tidak sehat, semakin mematikan bagi nyamuk maka semakin tinggi kandungan desinfektan yang ada didalamnya.

cara-mengusir-nyamukNyamuk memang menjengkelkan, apalagi dimusim penghujan seperti sekarang ini. Gigitan nyamuk membuat kulit gatal dan ruam. Beruntung jika nyamuk yang menggigit hanya nyamuk biasa. Bagaimana jika yang menggigit adalah nyamuk demam berdarah. Karena itulah membuat nyamuk menjadi musuh manusia, apalagi di musim hujan sekarang, nyamuk akan lebih cepat berkembang biak karena banyak genangan air tempat nyamuk bertelur akibat hujan tadi.

Banyak cara dilakukan untuk mengusir nyamuk. Banyak obat-obatan sampai alat pengusir nyamuk dibuat untuk mengatasi serangan nyamuk yang mengganggu aktifitas kita saat berada driumah. Nyamuk sangat menyukai tempat yang lembab dan gelap. Menurut situs wikipedia nyamuk adalah jenis serangga yang selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh. Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga probosis. Lalu terdapat pisau yang akan merobek kulit korban maju mundur hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada dihisap.

Tahukah anda, ternyata cara yang anda gunakan untuk mengusir nyamuk selama ini banyak yang salah dan mengganggu kesehatan anda? Salah satunya dengan menggunakan lotion anti nyamuk yang mengandung bahan kimia seperti DEET (diethyl-meta-toluamide) ternyata tidak selalu efektif membunuh nyamuk dan bahkan dapat membahayakan tubuh anda.

Artikel terkait :   Mengapa siklus menstruasi tidak teratur?

Dan didapatilah 5 cara mengusir nyamuk dengan bahan-bahan alami. Silahkan simak cara-caranya dibawah ini :

1. Cara mengusir nyamuk dengan Minyak Sereh
Cara mengusir nyamuk yang pertama adalah dengan menggunakan minyak sereh. Pasti anda sudah tahu bukan minyak sereh ini, biasanya sering dioleskan pada bayi sehabis dimandikan. Dan ternyata cara ini banyak digunakan oleh para tua sejak dulu karena memang fungsinya sangat ampuh untuk mengusir nyamuk dari anak anda.

2. Cara mengusir nyamuk dengan Daun Kemangi
Kemangi selain dimanfaatkan untuk pengharum makanan ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Mungkin karena baunya yang khas dan mungkin kandungan yang terdapat didalamnya. Cara menggunakannya pun cukup gampang, ambil beberapa tangkai daun kemangi tersebut kemudian oleskan di sekitar tubuh anda sehingga menghasilkan aroma khasnya. Dijamin nyamuk tidak akan berani mendekati anda.

3. Cara mengusir nyamuk dengan Bawang putih dan lada hitam
Cara mengusir nyamuk berikutnya bisa dengan menggunakan bahan-bahan yang anda dapat dari dapur seperti bawang putih dan lada hitam. Dari bau yang dihasilkan bahan-bahan alami tersebut nyamuk tidak akan tahan, dan mungkin anda juga tidak akan tahan, karena bau dari bawang putih tersebut cukup tajam. Jadi cara ini kita sarankan untuk anda yang memang sudah terbiasa dengan bau bawang putih tersebut. Baca juga : Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dengan Bawang Putih

4. Cara mengusir nyamuk dengan Minyak Essensial
Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan minyak essensial juga cukup efektif, karena menurut penelitian di Iowa State University menemukan bahwa minyak esensial lebih efektif 10 kali lipat dibanding penggunaan DEET untuk membuat nyamuk tidak berani mendekat.

Artikel terkait :   Mengobati nyeri lutut secara tradisional

5. Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan lotus
Menurut penelitian (Nelumbo nucifera) baru diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine menunjukkan bahwa lotus adalah bahan pengusir nyamuk yang efektif dan juga dapat membantu membunuh larva nyamuk jika ditanam dibelakang rumah anda.

Itulah beberapa cara mengusir nyamuk dengan bahan-bahan alami, dan sebenarnya masih banyak lagi bahan alami lainnya yang dapat mengusir nyamuk seperti bunga marigold, ageratum, geranium, rosemary dan tansy. Cara menggunakannya pun hampir sama, ambil sarinya kemudian oleskan pada tubuh anda. Nyamuk pasti tidak akan berani mendekati anda.

Untuk selanjutnya, sebagai tindakan pencegahan agar lingkungan rumah anda tidak menjadi saran nyamuk, lakukan secara rutin untuk menjaga kebersiha sekeliling rumah terutama adanya genangan air dan tumpukan pakaian. Kurangi gantungan pakaian terutama musim hujan, dimana kebiasaan kita untuk menggangtung pakaian yang belum kering terlalu lama di luar rumah menjadikan ini sarang nyamuk.

Leave a Reply