Cara print dari hp android ke printer

Kebutuhan untuk mencetak dengan cepat dari hp android setelah melakukan pemotretan semakin meningkat. Bagaimana cara print dari hp android ke printer wifi?. Tentu menjadi sangat efektif dan tidak memerlukan waktu yang banyak jika semua itu bisa dilakukan cukup dengan menekan tombol di latar hp android. Semua hp android tentu memiliki fasilitas wifi yang menjadi kebutuhan utama saat ini untuk menjangka jaringan wifi yang ada disekitarnya. Hal ini yang dioptimalkan agar dapat mengirim data gambar ke printer untuk proses cetak. Apa yang harus kita siapkan untuk dapat melakukan proses print dari hp android ke printer yang terhubung melalui jaringan wifi?. Dalam artikel tips teknologi berikut ini, akan kita bahas secara lebih mendalam mengenai hal tersebut.

Apa keuntungan memiliki printer dengan fasilitas wifi?

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, penggunaan jaringan tidak melulu hanya untuk menghubungkan komputer dengan komputer ataupun komputer dengan peralatan jaringan lainnya seperti misalnya router dan server. Untuk menghubungkan komputer dengan device seperti printer, scanner, dan juga mesin fotocopy pun sekarang sudah mulai memanfaatkan jaringan. Seperti kita ketahui selama ini, koneksi antara PC dengan printer lebih banyak menggunakan kabel yang terhubung langsung dengan printer baik itu menggunakan kabel USB ataupun melalui Paralel.

Sejalan dengan perkembangan, kita bisa menggunakan printer secara berasamaan dengan memanfaatkan koneksi jaringan. Namun untuk bisa terhubung dengan printer diperlukan suatu perangkat server yang biasanya disebut printer server. Printer server ini merupakan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pelayan (server) bagi para klien yang tidak secara lanngsung terkoneksi dengan printer dan ingin mencetak dokumen dengan memanfaatkan printer yang terhubung secara langsung dengan komputer lain (komputer lain yang dimaksud ini adalah komputer server-nya atau Printer server).

Dengan adanya print server maka setiap host compute yang ingin mencetak dokumen melalui printer tidak perlu tersambung langsung ke printer menggunakan kabel pararel atau kabel USB. Semakin majunya jaman, pengembangan teknologi printer server mencapai pada kondisi di mana perangkat printer sudah tidak lagi membutuhkan computer yang bertindak sebagai server, para klien bisa terkoneksi secara jaringan, melalui koneksi kabel jaringan ataupun melalui koneksi jaringan tanpa kabel atau wireless.

Artikel terkait :   HP cina yang banyak diminati

Untuk lebih meyakinkan anda bahwa printer dengan koneksi wifi atau yang dilengkapi dengan koneksi data berupa kabel dan dan wifi jauh lebih bagus dari printer yang sama sekali tidak memiliki koneksi data, berikut ini adalah kelebihan dan keuntungan apa yang bisa anda dapatkan jika putusan pilihan anda pada printer yang memiliki koneksi data.

1. Hemat perangkat
Tidak perlu lagi ada computer tambahan yang mesti disiagakan secara terus menerus sebagai print server, printer yang memiliki koneksi data sudah memiliki koneksi data, tinggal diberi IP address atau nama maka printer tersebut sudah bisa digunakan secara bersama-sama melalui koneksi data.

2. Hemat listrik
Konsumsi listrik untuk printer begitu kecil terutama dalam kondisi standby atau siaga, bandingkan dengan konsumsi listrik pada pemakaian computer sebagai print server. Printer biasanya dalam kondisi siaga cuma membutuhkan daya kurang dari 10 watt sedangkan sebuah PC, konsumsi dayanya di atas 100 watt.

3. Mobilitas
Perangkat printer yang memiliki koneksi data terutama koneksi wifi, mobilitas penggunanya tentusangat tinggi. Printer dengan koneksi wifi bisa diakses dari mana saja selama koneksi wifi bisa ditangkap oleh computer host yang ingin mencetak. Kita tidak perlu lagi mencabut atau mencolok kabel printer ke computer kita atau memindahkan printer ke sana ke mari, cukup dari tempat duduk anda, anda bisa mengeprint, bahkan foto copy juga fax. Setelah selesai anda tinggal mendatangi printer dan mengambil hasil cetakan. Bahkan pada printer yang canggih hasil fax pun bisa anda terima via email anda.

4. Dapat diakses dan digunakan oleh berbagai jenis perangkat
Printer yang memiliki koneksi wifi bisa langsung terhubung ke smartphone dan tablet, dengan demikian maka kita bisa langsung mencetak dokumen atau foto dari smartphone dan tablet secara langsung.

Artikel terkait :   Simpati loop tidak bisa internet?

5. Hemat waktu, hemat hemat energy
Banyangkan jika tidak ada koneksi wifi pada printer, tentunya banyak langkah atau step yang mesti anda lakukan untuk mencetak dokumen dari perangkat yang tidak memiliki koneksi pararel dan USB. Mencetak dokumen dan foto dari smartphone harus dilakukan melalui beberapa langkah yang cukup membuang waktu dan energy, harus menyalakan computer, kemudian memindahkan data dari smartphone ke computer dan konek ke printer.

Bagaimana menghubungkan ke perangkat hp android?

Untuk mencetak sebuah document atau foto dengan printer, biasanya kita membutuhkan perangkat komputer yang terhubung dengan printer. Dan biasanya jika kita ingin mencetak foto dari ponsel atau handphone yang kita butuhkan adalah kita harus melakukan transfer foto atau file ke dalam laptop/komputer dan harus mencetaknya satu persatu sesuai data yang kita ingin untuk dicetak. Namun, kini ada beberapa cara yang lebih mudah sebagai solusi untuk masalah tersebut.

Kini dapat mencetak dari ponsel android langsung ke printer dengan menggunakan beberapa aplikasi yang disediakan oleh perusahaan-perusahan pengembang teknologi internet, teknologi cetak dan jaringan. Salah satunya adalah mencetak atau print langsung dari ponsel Android dengan aplikasi PrinterShare.

Aplikasi tambahan untuk Android yang Paseban gunakan adalah PrinterShare, aplikasi populer produksi developer Mobile Dynamix. PrinterShare mempunyai dua mode yaitu Nearby dan Remote. Mode Nearby memungkinkan Anda untuk menghubungkan smartphone dengan printer melalui jaringan WiFi. Untuk menggunakan mode Nearby dengan koneksi langsung antara smartphone dan printer, caranya cukup sederhana:

  • Install PrinterShare pada perangkat Android Anda.
  • Pastikan printer Anda mendukung koneksi WiFi.
  • Apabila printer Anda mendukung koneksi WiFi, aplikasi akan langsung mendeteksi printer Anda, selanjutnya Anda bisa langsung print file.

Leave a Reply