Cara promosi produk secara online

Persaingan bisnis semakin sengit, saling berlomba mendapatkan pembeli. Cara promosi produk secara online memerlukan strategi agar dapat meraih banyak pasar. Semakin banyak calon pembeli yang dijangkau melalui promosi, maka peluang transkasi penjualan akan meningkat. Promosi menjadi tahap yang menentukan untuk mengelola bisnis, apapun jenis bisnis yang anda pilih. Promosi menjadi media untuk menjangkau calon pembeli dan memperkenalkan secara jelas tentang produk yang anda tawarkan. Tetapi, untuk melakukan promosi harus memiliki konsep dan tujuan yang jelas agar tidak terkesan sebagai info sampah bagi calon pembeli dan malah akan dianggap spam. Apa saja tips cara promosi produk secara online?. Bagaimana menentukan konsep yang baik untuk promosi?. Mari kita simak artikel peluang usaha berikut ini.

promosi-onlineMengapa promosi produk sangat penting bagi bisnis?

Sebuah usaha alias bisnis tak bakal berlangsung dengan lancar tanpa adanya konsumen serta memang itulah tujuan dari bisnis ada penjual serta ada pembeli. Untuk menambah nilai jual produk pastinya kita wajib tak jarang melakukan promosi alias pemasaran supaya para konsumen mengenal mengenai produk serta jasa yang kita jual, apapun jenis bisnis yang sedang kita kelola. Oleh sebab itu salah satu kunci berhasil dalam berbisnis merupakan rutin menambah promosi.

Apa pentingnya mempromosikan produk baru?

Mempromosikan produk baru dalam rangka memperkenalkannya kepada pelanggan supaya dapat melihat dan mencobanya adalah merupakan langkah awal Anda dalam melakukan penjualan. Produk terbaik sekalipun harus melewati tahapan perkenalan ini jika khalayak belum mengetahui keberadaannya. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik bisnis atau professional marketer harus menggunakan berbagai teknik pemasaran seefektif mungkin untuk memastikan bahwa target pasar Anda telah menerima informasi yang benar tentang produk Anda.

Perlukan kita memberikan produk secara gratis saat promosi?

Sebagian besar orang menyukai produk gratis. Buatlah sebuah acara di mana Anda dapat membagikan produk baru Anda secara gratis. Secara substansial, ini tidaklah benar-benar gratis. Dengan melakukan hal ini, Anda sebenarnya sedang menarik mereka yang mungkin belum tertarik supaya tertarik dengan produk Anda, dan ini adalah investasi yang telah Anda lakukan. Selain itu, ajang promosi ini dapat menciptakan kesempatan bagi Anda untuk membuat siaran pers tentang acara sekaligus produk pada saat yang sama. Dengan demikian, Anda harus bisa memanfaatkan media lokal, seperti koran dan program berita, untuk memberikan informasi kepada publik.

Artikel terkait :   Bisnis forex memicu serangan jantung?

Ada jenis promosi online yang dapat meningkatkan penjualan?

Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk secara online di Internet, beberapa cara promosi produk secara online agar barang Anda bisa cepat laku adalah sebagai berikut :

Facebook – Menggunakan Facebook sebagai media untuk memasarkan produk secara online adalah pilihan yang paling tepat, pernyataan tersebut bukannya tanpa alasan, mengingat jumlah pengguna media sosial yang satu ini telah mencapai miliaran jiwa dan di Indonesia sendiri pengguna Facebook telah mencapai jutaan jiwa. Ini tentunya menjadi pasar yang sangat menguntungkan untuk mereka yang pintar membaca peluang.

Sebelum melakukan cara ini, ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu aturan yang ada di group tersebut, apakah mengijinkan promosi atau tidak, jika diijinkan silahkan lanjutkan, jika dilarang, cari group lain.

Twitter – Tidak jauh berbeda dengan Facebook, Twitter juga merupakan salah satu media online terbaik untuk memasarkan produk. Meskipun perlu diakui bahwa pengguna Twitter berada di bawah Facebook, namun hal tersebut tidak menjadi masalah, karena Twitter memiliki kelebihan tersendiri dibanding Facebook, diantaranya adalah terdapatnya fitur schedule tweets yang memungkinkan kita untuk menjadwal Tweet / Kicauan kita.

Instagram – Promosi online menggunakan Instagram sangat cocok untuk Anda yang mempunyai target / pasar menengah keatas, karena mayoritas pengguna Instagram adalah anak muda dengan tingkat ekonomi yang diatas rata-rata. Mempromosikan produk di Instagram juga terbilang cukup mudah, karena situs instagram sendiri memiliki tampilan yang menonjolkan foto / gambar, jadi produk yang kita jual akan terlihat jelas.

Promosi produk lewat Instagram itu menyenangkan, tapi susah untuk dilakukan terutama untuk pengguna PC, karena seperti yang kita semua tahu, bahwa Instagram hanya menyediakan aplikasi untuk pengguna mobile, khususnya iOS dan Android. Sementara untuk pengguna PC harus gigit jari.

Artikel terkait :   Ide usaha modal kecil peluang sukses

Namun sekarang Anda tidak perlu gigit jari, karena kini telah tersedia situs web Instagram Client yang dikhususkan untuk pengguna PC / Desktop. Jadi Anda tetap bisa menjalankan segala aktifitas seperti memberikan komentar, memberi love atau aktifitas lain.

Google – Google yang saya maksud disini adalah google.com atau mesin pencari milik Google Inc. Cara promosi online ini biasa juga disebut dengan istilah SEO (search engine optimization), cara promosi online dengan menggunakan media Google adalah yang paling saya sukai, karena target kita bisa lebih jelas, jelas dalam artian adalah orang-orang yang benar-benar membutuhkan.

Sebagai contoh, kita ingin mempromosikan produk baju korea, maka kita bisa membuat artikel yang berjudul ‘Cara Berpakaian Baju Korea Yang Baik dan Benar’ dan di akhir artikel kita selipkan produk kita, yaitu dengan cara memasang foto-foto tentang baju korea.

Cara promosi online dengan media Google adalah dengan menggunakan AdWords. Namun, cara promosi online ini tidaklah gratis, bahkan saya rasa cara ini terbilang cukup mahal, meskipun begitu promosi online menggunakan AdWords adalah cara promosi online yang paling efektif dan efisien. Perhitungan iklan di AdWords rata-rata menggunakan PPC (pay per click) biaya yang kita keluarkan tergantung dari banyaknya klik yang didapat.

Leave a Reply