Cara untuk menghilangkan mata lelah

Berlama-lama di depan komputer, membuat mata lelah dan kabur. Cara menghilangkan mata lelah karena aktifitas membaca cukup lama bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung penyebab mata lelah. Ada banyak sebab yang menjadikan mata kita mudah sekali lelah sehingga pandangan mulai kabur dan tidak bisa fokus. Jika dibiarkan, perasaan ngantuk serta pusing akan timbul karena mata memiliki banyak urat saraf yang terhubung ke otak yang memberikan rangsangan untuk istirahat sejenak. Jangan berpikir bahwa kantuk karena pandangan kabur bisa diatasi dengan minum kopi, karena penyebabnya bukan karena lelah, tetapi perlu merawat kesehatan mata anda dengan memahami beberapa penyebab kenapa mata anda lelah. Mari kita simak artikel berikut ini tentang cara mengatasi mata lelah dengan benar.

mata-lelahApakah berlama di depan komputer bisa membuat mata lelah?

Bukan hanya badan saja yang bisa lelah namun mata juga bisa seperti itu. Saat mata mempehatikan sesuatu seperti berada depan monitor dan juga membaca maka energi juga akan terkuras. Mata yang lelah akan mengganggu banyak aktifitas anda. Kelelahan pada mata adalah suatu kondisi ketika mata terasa lelah akibat digunakan secara intens untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti mengemudi, bekerja di depan layar komputer, membaca buku, dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan kefokusan yang tinggi. Walaupun tampak sepele, sebaiknya anda tidak meremehkan kondisi ini, karena jika tidak ditangani dengan baik, aktivitas anda bisa terganggu.

Jika anda terbiasa terpaku di hadapan layar komputer, pasti anda pernah merasakan mata lelah karena komputer tersebut. Ya! Lelah itu pasti. Hal itu disebabkan karena pancaran cahaya layar komputer yang intens menerpa mata anda.

Bagi anda yang memiliki rutinitas bermain game, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan buruk tersebut. Tapi bagaimana jika anda memang mempunyai kewajiban harus berhadapan di depan layar komputer setiap harinya alias komputer adalah pekerjaan anda? Tentu itu menjadi masalah tersendiri yang harus dicarikan solusinya. Anda tentu tidak mau kan jika anda bekerja dan mendapatkan uang hasil jerih payah, namun harus menanggung resiko kelelahan mata yang begitu hebat akibat mata lelah karena komputer.

Oleh karena itu, anda perlu memahami berbagai tips berikut guna menghilangkan kelelahan pada mata anda. Sehingga, anda tetap dapat bekerja dengan baik tetapi mata anda akan tetap sehat dan terhindarkan dari kemungkinan mata lelah karena komputer.

Apakah perangkat gadget juga bisa membuat mata lelah?

Masalahnya saal ini leblh banyak orang menggunakan smartphone dan perangkat genggam digital lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa orang memegang perangkat digital leblh dekat dengan mata mereka dan mereka memegang buku dan koran. Yang memaksa mata mereka untuk bekerja lebih keras dan biasanya karena mereka fokus pada ukuran font kecil.

Artikel terkait :   Manfaat jamur merang untuk imunitas

Perangkal digital juga dapat dikaitkan dengan kelelahan mala karena kecenderungan untuk berkedip lebih sering ketika menatap layar kompuler. Orang blasanya berkedip sekltar 18 kali per menit. Ini secara alami menyegarkan mata. Tapi studi menunjukkan bahwa orang hanya berkedip sekitar setengah sesering saal menggunakan komputer alau perangkat digital lalnnya. Hal lnl dapal mengakibatkan kering.

Apakah obat tetes mata berpengaruh untuk mata lelah?

Apabila mata lelah karena komputer, maka ada baiknya anda menyediakan obat tetes mata. Tetes mata ini tentu sangat berguna untuk memberikan kelembaban bagi mata sehingga mata tidak kering dan mudah lelah. Anda dapat menyediakan obat tetes mata yang dijual di pasaran atau menggunakan obat tetes tradisional seperti hasil rebusan dari daun suruh. Teteskan dan kedipkan secara perlahan. Nantinya obat tetes mata itu, akan memberikan kesegaran bagi mata.

Apa saja akibat mata lelah ?

Gejala yang bisa diakibatkan oleh mata lelah seperti :

• Sakit mata atau iritasi
• Kesulitan fokus
• Mata kering atau berair
• Penglihatan kabur atau ganda
• Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya
• Nyeri di leher, bahu, atau punggung

Gejala-gejala ini dapat menurunkan produktivitas kerja Anda. Kondisi seperti ini mungkin akan meningkat oIeh kekurang tidur. Selama tidur, mata diisi ulang dengan nutrisi penting. Kurangnya tidur dapat menyebabkan iritasi mata persisten.

Apakah penyebab mata mudah lelah ?

Di komputerlah tempat anda berkomunikasi, bekerja dan melakukan kegiatan lainnya. Namun tahukan anda? Terlalu banyak menggunakan computer dapat membuat mata anda mengalami kelelahan yang akhirnya dapat membuat mata mengalami beberapa gangguan seperti mata merah, berkedut hingga penglihatan yang mulai kabur. Untuk mengurangi risiko Anda terkena gangguan mata lelah akibat berlama-lama menggunakan gadget, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Jarak antara mata dengan layar. Menatap layar monitor terlalu dekat tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mata, area punggung dan leher anda pun bisa terganggu karena pegal dan rasa sakit. Untuk itu, berikanlah jarak antara tempat duduk anda dengan layar monitor. Buatlah posisi senyaman mungkin agar anda tidak harus bekerja ekstra dengan menjulurkan leher pada bagian monitor karena objek pada monitor yang tidak terlihat dengan jelas.

Pencahayaan ruangan. Sebaiknya cahaya ruangan tempat Anda beraktivitas dengan gadget tidak terlalu terang maupun redup. Cahaya ruangan yang terlalu terang akan membuat silau dan mengganggu penglihatan. Sementara ruangan yang terlampau gelap dapat mempercepat kelelahan mata karena kontras cahaya layar gadget dengan ruangan sekitarnya jadi sangat tinggi sehingga gadget pun akan memberikan cahaya berlebihan.
Level pencahayaan layar. Atur seminimal mungkin karena itu memberikan pengaruh besar pada kontraksi mata.

Artikel terkait :   Manfaat daun kelor mencegah kanker

Jeda. Menatap layar monitor terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi tegang. Untuk itu, saat mata merasa lelah, ada baiknya jika anda segera beristirahat meskipun sejenak. Ambilah istirahat kecil, entah berjalan-jalan kecil atau mengalihkan pandangan anda pada objek lain, agar mata anda tidak terlalu lelah.

Aktivitas itu dapat memberikan kesegaran pada mata. Jangan lupa juga berkedip, untuk membasahi mata, agar tidak menimbulkan mata kering. Hal itu karena pada pengguna komputer, khususnya pemain game, mereka bisa hanya 3-5 kali berkedip per menit. Padahal, mata normal akan mengedip sebanyak 8-12 kali setiap menit.

Bagaimana cara mengatasi mata lelah?

Kelelahan pada mata termasuk kondisi yang umum terjadi dan tidak membutuhkan penanganan yang serius. Hal yang perlu dilakukan adalah cukup dengan mengistirahatkan mata dalam beberapa waktu, dan rasa lelah di mata pun akan hilang. Namun jika mata anda yang lelah tidak kunjung membaik dan bahkan mata semakin terasa berat, serta terjadi dalam waktu yang lama, segeralah berkonsultasi kepada dokter.

Adapun tips-tips berikut ini dapat membantu mata anda agar tidak mengalami kelelahan yang bisa berdampak pada produktivitas anda dalam bekerja.

  • Aturlah jarak antara layar komputer dengan mata anda. 50 hingga 100 cm adalah jarak yang ideal bagi kedua mata anda.
  • Aturlah pencahayaan layar monitor komputer/laptop anda, usahakan jangan terlalu terang dan tajam karena hal tersebut membuat mata anda cepat tegang dan lelah.
  • Saat bekerja dengan menggunakan laptop/komputer, usahakan posisi tubuh anda lurus atau sejajar dengan perangkat elektronik tersebut. Aturlah posisi tubuh anda senyaman mungkin. Jangan buat anggota tubuh anda seperti punggung, leher, bahu, dan mata, bekerja terlalu keras akibat posisi tubuh yang tidak tepat ketika bekerja di depan layar monitor komputer.
  • Jangan ‘pelit’ untuk berkedip. Berkedip dapat mengatasi rasa lelah di mata. Berkedip akan menghasilkan air yang dapat melembabkan serta menyegarkan kedua mata anda. Anda juga bisa memakai obat tetes mata untuk membuat mata anda yang kering menjadi lebih lembab.

Leave a Reply