Daftar makanan kolesterol tinggi

Jika anda sedang melakukan program diet, apapun makanan anda harus dijaga. Ada beberapa daftar makanan kolesterol tinggi yang perlu anda hindari agar jantung anda dapat terjaga selama beraktifitas. Kolesterol pada level tertentu memang masih dalam kategori normal, tetapi jika sudah melewati batas ketahanan tubuh kita, banyak dampak yang dirasakan oleh tubuh. Jika anda biarkan kadar kolesterol dalam darah tetap naik secara drastis, maka berbagai penyakit dapat menyerang anda. Bukan saja kesehatan jantung, tetapi setiap organ tubuh yang berhubungan dengan kinerja jantung akan ikut terkena dampaknya. Beberapa daftar makanan kolesterol tinggi yang akan kami berikan, merupakan bagian dari carakita menerapkan hidup sehat untuk kita dan seluruh anggota keluarga kita. Mari kita simak artikel berikut ini.

makanan-kolesterol-tinggiApa bahaya kolesterol tinggi dalam tubuh?

Apabila anda telah dinyatakan mempunyai kolesterol tinggi serta tidak segera diobati, maka dampaknya akan sangat berbahaya. Meski demikian tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Namun hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg.

Jika kadar kolesterol sudah dalam tingkatan tinggi, anda perlu waspada. Mengapa kolesterol Tinggi Berbahaya ? Karena kolesterol darah yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan Penyumbatan pada pembuluh darah jantung yang dapat menimbulkan Penyakit Jantung Koroner Serta Penyumbatan pada pembuluh darah otak yang dapat menimbulkan serangan stroke.

Apa gejala kolesterol mulai meningkat ?

Ada beberapa gejala yang bisa menjadi pertanda kolesterol anda mulai naik dan tubuh mulai bereaksi dengan kondisi diatas normal tersebut. Berikut beberapa gejala yang mudah anda kenali :

1. Sering pusing belakang kepala
Pusing di belakang kepala diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala. Penyumbatan ini terjadi lantaran kolesterol yang mulai membentuk plak di pembuluh darah. Jika dibiarkan maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan stroke.

Artikel terkait :   Baik buruk konsumsi garam untuk kesehatan

2. Tengkuk dan pundak pegal
Pegal di tengkuk dan pundak merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah di daerah tersebut. Aliran darah yang tidak lancar juga disebabkan adanya penyumbatan pembuluh dari kolesterol.

3. Sering pegal di tangan dan kaki
Pembuluh darah di tangan dan kaki juga dapat tersumbat akibat penumpukan kolesterol. Pegal di tangan dan kaki akibat penumpukan kolesterol biasanya terjadi terus menerus meskipun tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat.

4. Sering kesemutan di tangan dan kaki
Hampir sama dengan pegal, kesemutan merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah.

5. Dada sebelah kiri seperti tertusuk
Dada sebelah kiri berhubungan dengan organ pemompa darah yaitu jantung. Penyumbatan di pembuluh darah sekitar jantung dapat mengakibatkan rasa nyeri seperti ditusuk. Bahkan rasa nyeri bisa menjalar hingga ke daerah di sekitar leher. Nyeri dada juga bisa menjadi tanda-tanda dari serangan jantung.

Makanan apa saja yang dapat memicu naiknya kolesterol ?

Lemak jenuh tersebut kebanyakan disebabkan oleh makanan tinggi kolesterol yang sudah seharusnya anda hindari. Berikut ini adalah 4 makanan dengan kolesterol tinggi yang harus anda hindari :

Daging berlemak
Makanan tinggi kolesterol yang pertama adalah daging berlemak. Maksud dari daging yang berlemak disini adalah daging yang mengandung banyak lemak atau terdapat banyak lemak yang menempel pada daging tersebut. Daging berlemak ini biasanya adalah daging yang masih bertulang atau masih menempel pada tulang. Daging berlemak ini mengandung banyak sekali lemak yang sebetulnya sangat tidak bagus jika dikonsumsi. Daging ini mengandung lemak yang tinggi yang tentu jika dikonsumsi secara terus menerus maka lemak dari daging ini akan semakin menumpuk di dinding pembuluh darah atau pembuluh arteri pada jantung.

Artikel terkait :   Pola hidup sehat mencegah kolesterol tinggi

Susu dan keju
Siapa yang tidak menyukai susu dan keju. Bahan makanan yang satu ini memang sangat umum dan sangat banyak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Hal itu dikarenakan oleh rasa dari kedua bahan makanan tersebut yang memang lezat dan khas. Selain itu kedua bahan ini memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita. Namun dibalik itu semua susu dan keju ternyata merupakan makanan tinggi kolesterol yang harus kita hindari. Sehingga jika anda ingin mengkonsumsi makanan tersebut sebaiknya pilih yang khusus diciptakan rendah kalori atau lemak jenuh.

Seafood
Siapa sangka hidangan yang lezat dan bergizi ini ternyata juga merupakan makanan tinggi kolesterol. Seafood yang dikenal dengan nutrisinya yang sangat banyak ternyata juga menyimpan kolesterol yang tinggi. Jadi anda harus waspada karena dibalik kenikmatan cita rasa hidangan seafood ini ternyata terdapat resiko kolesterol tinggi yang mengancam kesehatan tubuh kita. Jadi sebaiknya anda juga harus membatasi dalam mengkonsumsi seafood supaya kesehatan anda juga tidak terancam.

Camilan manis
Selain ketiga makanan diatas yang harus anda hindari untuk mengontrol kolesterol anda adalah dengan mengurangi memakan camilan manis. Camilan manis merupakan salah satu makanan tinggi kolesterolkarena mengandung banyak sekali gula dan kolesterol yang dampaknya bisa sangat buruk terhadap kesehatan. Jadi dalam memilih camilan anda juga harus selektif supaya anda bisa tetap nyaman dalam mengonsumsi kudapan. Atau anda bisa ganti camilan manis ini dengan kacang almond atau kacang mete yang mengandung kolesterol lebih rendah. Demikian ulasan tentang makanan yang tinggi kolesterol yang harus anda hindari.

Leave a Reply