Dampak negatif kopi bagi ibu hamil

Manfaat meminum kopi membuat kita terjaga disaat bekerja juga untuk penderita diabetes, tetapi memiliki dampak negatif kopi bagi ibu hamil dan itu perlu anda cermati dan pahami dengann baik agar tidak menimbulkan keluhan kesehatan janin dan sang ibu. Kopi banyak disajikan dalam berbagai kesempatan, terutama dipagi hari dengan sensasi aroma serta rasanya. Sajian tanpa gula dari kopi hitam menambah cita rasa semakin kuat dari setiap butir kopi yang diolah dengan mesin kopi. Kandungan yang ada dalam kopi yaitu salah satunya cafein, menurut beberapa penelitian memiliki dampak negatif bagi ibu hamil. Bagaimana hal tersebut menjadi sebuah informasi yang perlu ibu-ibu muda pahami?. Berikut ulasannya.

dampak-negatif-kopiApa saja kandungan kopi?

Kopi merupakan salah satu minuman yang cukup beken sebagai teman bersantai dan menenangkan pikiran. Sajian kopi menjadi minuman yang sering dikonsumsi oleh sebagian banyak orang. Menurut pendapat orang, dengan mengkonsumsi kopi sangat berdampak buruk pada kesehatan, tetapi tidak bila dikonsumsi dengan wajar. Dengan menyeduh kopi hingga encer mengurangi kadar gula dalam kopi. 1-2 cangkir sehari ideal untuk mengkonsumsi kopi. Lalum kandungan apa saja yang ada dalam setiap minuman kopi yang kita konsumsi?

Kafein. Kafein ditemukan didalam beberapa biji daun dan buah dari beberapa tanaman, kopi adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan kafein yang paling sering dinikmati oleh manusia, kafein diklasifikasikan sebagai drug dan diakui aman dalam dosis tertentu, melebihi dosis yang ditentukan akan menyebabkan ketergantungan, dalam konsumsi yang sudah menahun kafein dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti kanker dan masalah gangguan tidur.

Niacin. Zat yang satu ini adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh, sedangkan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk proses-proses yang ada didalam tubuh, oleh karenanya meminum kopi hanya di anjurkan paling banyak 2-3 kali sehari.

Dicaffeoylquinic Acid. Zat ini adalah salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Meskipun kadar antioksidan didalam biji kopi tidak sebanyak tumbuhan obat lain, namun kopi adalah salah satu suplayer antioksidan paling banyak dikonsumsi didunia.

Trigonelline. Zat yang satu ini adalah zat yang dapat melindungi gigi, meski kadang seorang peminum kopi agak hitam gigi nya, namun zat ini yang membuat gigi peminum tidak gampang berlubang.

Dan masih beberapa kandungan yang lain terkandung dalam bijih kopi. Dari sekian kandungan yang memiliki dampak baik bagi tubuh kita adalah tingginya kadar kafein dimana senyawa ini memacu kinerja jantung agar dapat memacu peredaran darah untuk meningkatkan kinerja tubuh. Makanya banyak minum kopi membuat kita tetap terjaga pada dosis tertentu.

Mengapa kopi memiliki dampak negatif bagi ibu hamil?

Artikel terkait :   Tips mencari persewaan kebaya murah

Memang ada beberapa manfaat positif dari mengkonsumsi kopi, akan tetapi ternyata kopi juga menimbulkan dampak negatif apabila telah menjadi kebiasaan dalam waktu jangka panjang. Bagi para pecinta kopi, hal pertama yang paling penting untuk kita ketahui bahwa kandungan yang terdalam dalam kopi yaitu kafein, dan apabila kandungan kafein tersebut terlalu banyak anda konsumsi dapat menyebabkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan anda. Sehingga efek negatif dari minum kopi adalah karena adanya asam kafein dan tannic didalamnya, efek ini akan mulai muncul secara perlahan dan mempengaruhi tubuh. Efek negatif tersebut antara lain seperti detak jantung yang tidak tertaur, gelisah, otot mengejang, dan rasa cemas.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan dilaboratorium, konsumsi kopi ternyata berbahaya bagi kesehatan apalagi bagi wanita. Kita mengetahui bahwa wanita memiliki kondisi fisik yang lebih lemah dibandingkan dengan seorang pria. Sehingga efek meminum kkopi akan sangat terasa sekali bagi wanita. Bahkan untuk sekarang ini banyak sekali penelitian terkait bahaya kopi bagi kesehatan wanita.

Apa saja dampak negatif bagi kaum wanita terutama ibu hamil?

Meminum kopi merupakan hal yang menyenangkan, hampir di setiap situasi kita dapat meminum kopi. Bagi kebanyakan pria meminum kopi mperupakan hal yang biasa karena pria punya selera. Namun bagi wanita terutama ibu hamil, meminum kopi mungkin hanya sebagian besar saja. Mereka memanfaatkan kopi pada waktu tertentu saja seperti agar tetap terjaga saat bekerja. Jika sudah terlanjut ketagihan meminum kopi akan berbahaya. Apa saja bahaya konsumsi kopi bagi kaum wanita dan ibu hamil?

Memicu stress dan mudah gelisah. Kafein dapat membuat kelenjar adrenalin terangsang sehingga membuat hormon strespun terpicu. Hal itulah yang menyebabkan Caffenism atau Sindrom yang dirasakan setelah mengkonsusmi kopi. Sindrom ini dapat berupa kesulitan untuk tidur atau bahkan insomnia, merasa gelisah, cemas dll.

Gangguan Pencernaan. Mengkonsumsi kafein secara berlebihan juga bisa membuat pencernaan terganggu. Bahkan dalam beberapa kasus mengkonsumsi kafein terlalu banyak bisa membuat kerusakan pada lambung sehingga bagi wanita yang rentan sekali terhadap penyakit magh sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi kopi. Selain itu meminum kopi sebelum makan juga menyebabkan mual dan maag akan kambuh. Selain itu, karena kopi mengandung asam jadi bisa menyebabkan sembelit serta sakit perut.

Kerusakan Pada Tulang. Setiap mengkonsumsi sekitar 350 mg kafein akan mengurangi jumlah kalsium ditubuh sebanyak 5 mg. Maka dari itu mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak akan berbahaya bagi kesehatan tulas. Karena akan menyebabkan pengeroposan pada tulang.

Kelainan pada Payudara. Saat kopi terlalu banyak dikonsumsi payudara akan mengendur dan mengecil. Selain itu dibagian tertentu payudara bisa menjadi pada karena kelainan pada perubahan fibrokistik. Hal tersebut juga bisa menyebabkan beberapa tonjolan yang ada pada payudara yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit. Menurut penelitian di Georgetown University Departemen of Medicine, Terkadang bisa terasa sakit bahkan sakitnya bisa terus menerus.

Artikel terkait :   Gaya foto ibu hamil muda yang tren

Premenstual Syndrom (PMS). PMS sudah tidak asing lagi bagi kalangan wanita. Sindrom ini biasa terasa 2 minggu sebelum menstruasi dan berhenti setelah darah keluar namun ada juga yang mengalami ini sampai setelah menstruasi atau haid. Nah sindrom prahaid ini bisa berupa psikis, fisik ataupun emosi. Nah sekarang apa hubungannya dengan kopi? kafein dalam kopi dapat memperparah gejala itu tadi. Banyak wanita yang sering mengeluh sakit kepala, nyeri, dan kembung hal tersebut bisa disebabkan oleh kafein yang memiliki sifat mengurangi kandungan vitamin B dan proses metabolisme pada tubuh.

Gangguan Kehamilan. Bahaya Meminum Kopi bagi Wanita Hamil sudah tidak diragukan lagi, sehingga banyak wanita lebih baik menghindari kopi apabila sedang mengandung seorang bayi. Setiap seorang ibu hamil mengkonsumsi kafein kurang lebih sebanyak 100mg selama kehamilan akan mengurangi bobot bayi sebesar 28gr dan akan membuat waktu kelahiran bayi menjadi lebih lama kurang lebih sekitar 5 jam. Biasanya denyut jantung pada janin menjadi lemah atau tidak berarutan. Apalagi kalau mengkonsumsinya lebih dari 100 gr perhari.

Keguguran. Ibu hamil yang mengkonsumsi lebih dari 300mg kafein bisa meningkatkan risiko sebanyak 2 kali lipat mengalami keguguran. Kafein yang masuk ke plasenta bisa menyebabkan nyawa janin terancam karena janin belum bisa mencerna itu semua. Jadi jauhi kafein terutama kafein yang ada pada kopi. Agar janin dalam kandungan tetap sehat dan bayu dapat lahir dengan selamat dan sempurna.

Kelainan pada bayi. Bagi yang sedang mengandung ketahuilah jika mengkonsumsi kopi terlalu banyak selama beberapa hari pertama mengakibatkan bayi kesulitan tidur dandenyut jantungnyapun lebih cepat. Bayi yang lahir bisa saja prematur. Alangkah lebih baiknya setelah melahirkanpun sampai bayi sudah tidak menyusui ibu harus mengurangi kopi.

Nah, dari beberapa informasi diatas dapat anda pahami dan simpulkan. Kopi yang mengandung kafein tentunya tidak baik, bahkan sekali kopi itu dekafein tetap saja terkandung kafein didalamnya hanya saja lebih sedikit dari kafein. Kopi Jika dikonsumsi sebanyak 80 – 100 gelas dalam sehari bisa mengakibatkan kematian. Nah bagi anda yang menyukai kopi karena kopi menguras air dalam tubuh untuk menggantinya minumlah 2 gelas air mineral setelah meminum secangkir kopi. Kurangi yang namanya begadang dibarengi kopi ya karena bisa membuat kecantikan berkurang dan akan membuat wajah telihat cepat tua.

@Tips bermanfaat – 2016

Leave a Reply