Efek foto keren di android

Mengapa suka foto selfie kalo hasilnya kurang memuaskan?. Tentu ada aplikasi untuk mempercantik foto. Efek foto keren di android yang sering digunakan untuk memperbaiki foto hasil jepretan yang kurang sempurna. Tidak sedikit aplikasi yang gratis dengan berbagai kemampuan untuk mengedit serta mengolah foto asli menjadi keren dan cantik. Semakin berkembangnya aplikasi yang dibagikan di play store untuk memanjakan penyuka foto selfie, terlebih untuk menambah pengunjung blog yang menyukai foto yang imut serta lucu. Banyak juga efek foto keren di android yang dimanfaatkan untuk mengedit secara total dari sebuah foto lama menjadi foto yang baru dan tajam. Jika anda masih jarang memakai aplikasi editor foto di android, anda akan kami paparkan beberapa jenis efek foto keren yang dapat anda lakukan agar foto anda yang biasa-biasa saja menjadi semakin keren.

Apa penyebab foto kurang menarik dilihat?

Jika sudah melakukan banyak hal dan beberapa kali percobaan, namun foto yang Anda coba tangkap ternyata masih berasa flat atau tidak menarik sama sekali. Tentunya menjadi satu keirian tersendiri jika melihat foto-foto hasil jepretan para profesional yang begitu menakjubkan. Ujung-ujungnya, Anda akan mengatakan bahwa spesifikasi kamera yang dimiliki kamera Anda adalah penyebab utama hal ini bisa terjadi. Berikut ini adalah beberapa hal alasan kenapa foto terlihat flat dan tidak menarik.

1. Mengabaikan Sudut Pencahayaan
Tentu saja, dunia fotografi berhubungan erat dengan cahaya, karena tinggi rendahnya pencahayaan akan memengaruhi kualitas foto yang dihasilkan. Oleh karenanya, jika Anda mengabaikan sudut pencahayaan atau dari mana cahaya tersebut berasal hingga jatuhnya, maka foto yang dihasilkan juga tidak maksimal.

Sebelum mengambil gambar, perhatikan terlebih dahulu dari mana cahaya datang dan Anda harus mempertimbangkan angle-nya sebelum menekan shutter. Semakin bagus angle yang Anda pilih, maka foto yang dihasilkan akan nampak lebih dramatis. Jangan melawan arah cahaya, karena obyek akan menjadi gelap dan akan menimbulkan flare serta kelebihan cahaya (over-exposure). Namun, jika konsep foto Anda adalah siluet, maka sah-sah saja untuk melakukannya.

2. Pembagian Obyek dan Background
Dalam hal ini yang dimaksud dengan pembagian obyek dan background adalah pengambilan dan pengaturan tinggi, rendah sampai dengan penetapan obyek lebih ke kiri atau ke kanan. Foto akan berasa flat walaupun background yang digunakan bagus, namun jika pembagian antara latar belakang dan obyek kurang pas, maka hasil foto tetap saja datar jika dilihat.

Jangan membagi sama rata atau tinggi-rendahnya, kanan-kirinya sama jika Anda mengambil mode landscape. Hal ini akan membuat foto menjadi ‘hambar’ dan seperti kurang akan sentuhan sisi artistiknya. Jangan pula terlalu tinggi mengambil sisi bagian atas atau langit dan menyisakan sedikit space untuk bagian latar bawahnya karena juga akan menghasilkan foto yang tidak sempurna.

Artikel terkait :   Cara membersihkan lensa kamera dslr

Anda dapat memanfaatkan obyek lain selain obyek utama sebagai pemanis, contohnya pohon atau cahaya agar foto yang dihasilkan lebih menarik. Jika Anda mengambil mode portrait, maka disarankan untuk pengambilan jangan terlalu tengah dan tidak seluruh badan.

3. Tidak memerhatikan angle
Angle adalah salah unsur penting yang harus diperhatikan dalam pengambilan foto yang bagus. Jika Anda asal-asalan mengambil foto baik dengan menggunakan kamera berjenis point and shoot atau DSLR, maka jangan berharap banyak untuk mendapatkan foto berkualitas.

Angle adalah sudut pandang mata ketika melihat suatu obyek dan dengan memperhatikan sudut pengambilan angle maka foto yang Anda hasilkan juga lebih menarik atau tidak lagi flat. Disarankan pula selain memperhatikan sudut pengambilan angle, Anda dapat bereksperimen untuk lebih menghasilkan foto yang bagus, contohnya saja mengikutsertakan atau tidak memotong arah jatuhnya bayangan dan sebagainya.

Apa yang dilakukan saat mengambil gambar dengan hp agar hasilnya memuaskan?

Kreativitas dapat membantu Anda menyelesaikan masalah keterbatasan. Meskipun Anda hanya memiliki smartphone berkamera low-end , Anda tetap bisa memamerkan hasil foto ke teman atau share di situs jejaring Facebook, twitter atau instagram dengan bermodalkan kreativitas dan pengetahuan. Berikut efek pengambilan gambar dengan android yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan hasil foto yang keren :

1. Lebih dekat ke objek
Ponsel yang tersedia kebanyakan tidak dibekali dengan fitur zoom yang maksimal, jadi pastikan anda mendekati objek yang akan dibidik. Format pengambilan foto close up membuat hasil foto jauh terlihat lebih detail. Tetapi hati-hati, pengambilan gambar yang terlalu dekat malah akan membuat gambar menjadi blur. Jadi saran saya adalah perhatikan jarak dengan objek yang akan difoto.

2. Hati-hati dengan cahaya
Ingat baik-baik dengan premis ini, low light = gambar buruk. Cobalah untuk mengambil gambar dalam kondisi penerangan yang cukup. Kecuali ponsel anda memiliki fitur flash yang memadai.

3. Perhatikan latar belakang
Tempatkan objek dengan latar belakang yang tidak terlalu sibuk perhatikan juga apakah lata belakang tidak mengganggu objek. Jangan sampai pohon yang ada di belakang objek seolah-olah tumbuh dari kepala si objek.

4. Coba angel yang berbeda
Jangan takut untuk bereksperimen. Jika ponsel anda dibekali dengan kartu memori yag cukup, cobalah mengambil foto dengan angel yang berbeda-beda. Foto akan terlihat tidak monoton dan kreatif.

5. Pilihlah resolusi yang tinggi
Makin tinggi resolusi yang anda pakai, makin baik hasil gambar yang dihasilkan. Perbedaan kualitas foto antara resolusi tinggi dan rendah tidak akan terlihat di layar ponsel. Perbedaan ini akan terlihat begitu anda melihatnya di layar komputer.

6. Bersihkan lensa
Ponsel kamera pada umumnya tidak dibekal dengan penutup lensa. Ini membuat lensa mudah kotor karena debu atau cap sisik jari anda yang tertinggal. Pastikan untuk membersihkan lensa anda sebelum mengambil foto.

Artikel terkait :   Teknik foto malam hari tanpa flash

7. Bijaksanalah menggunakan memori
Biasakan untuk memindahkan foto anda ke PC. Jadi selalu ada kapasitas memori yang cukup untuk mengambil foto.

8. Steady
Jaga keseimbangan, jangan Goyang saat mengambil foto dengan tangan yang gemetar atau bergoyang-goyang, maka sudah bisa dipastikan bahwa foto yang dihasilpun akan tidak sempurna, tidak jelas dan banyak blur. Jadi usahakan ketika mengambil foto dengan camera phone, tangan anda stabil.

9. Eksplorasi fitur yang tersedia
Ponsel kamera untuk tipe-tipe ponsel mid-end dan high-end umumnya dibekali dengan fitur yang cukup lengkap. Di sana anda dapat temukan fitur brightness, exposure, white balance, dan fitur-fitur lain. Sesekali sempatkanlah untuk mengeksplorasi fitur apa saja yang ada di kamea ponsel anda.

10. Eksperimen white balance
Ponsel anda memiliki fitur white balance? Cobala mengutak-atik fitur ini. anda dapat memodifikasi warna dan menghasilkan warna dan menghasilkan foto yang berbeda-beda.

11. Hindari penggunaan digital zoom’
Dekatkan diri ke objek dengan cara mengeser posisi and, bukan dengan digital zoom. Penggunaan digital zoom bisa membuat kualitas gambar berkurang.

12. Perhatikan ukuran cetak
Foto yang dibidik dari ponsel bisa dicetak dengan kualitas maksimal jika anda menyesuakan ukuran cetak dengan resolusi gambar.

13. Hindari Mengedit Photo Anda di Ponsel
Setelah anda berhasil mengambil foto sebuah objek, sebaiknya jangan anda langsung edit di ponsel. Bagaimanapun proses editing foto dengan mempergunakan komputer adalah sebuah solusi yang harus anda lakukan, karena akan menghasilkan foto yang lebih berkualitas. Fotolah objek dengan setingan terbaik di camera ponsel anda, biar saat proses editing di komputer nanti, akan lebih mudah.

14. Banyak latihan dan Ambil Foto sebanyak mungkin
Salah satu kelebihan mengambil foto dengan camera phone adalah murah meriah. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk setiap foto yang anda ambil. Jadi anda bebas mengambil foto sebanyak mungkin, dan menghapusnya kapanpun anda mau. Karena alasan inilah, sebaiknya anda banyak berlatih mengambil foto dari berbagai sudut. Atas, bawah, kanan, kiri, samping pokoknya dari sudut manapun yang anda suka. Biar anda bisa mendapatkan sudut yang terbaik dalam pengambilan foto anda.

15. Jaga Etika
Jagalah etika ketika anda mengambil sebuah foto. Selalu minta izin terlebih dahulu saat anda akan mengambil foto seseorang yang tidak anda kenal. Anda pasti tidak mau kan dilaporkan kepada yang berwajib dengan tuduhan mata-mata atau mengganggu privacy orang, hanya karena anda mengambil foto orang yang tidak anda kenal.

Leave a Reply