Efek negatif konsumsi telor mentah

Menjadi pola hidup sehat untuk konsumsi telor sebagai sumber protein hewani. Telor mengandung banyak kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Telor menjadi salah satu sumber makanan yang disukai oleh banyak kalangan untuk kesehatan. Berbagai macam olahan dihasilkan dengan bahan dasar telor. Selain memakain secara utuh setelah direbus, maupun menjadi makanan olahan. Tidak sedikit juga mengkonmsumsinya secara mentah, dengan anggapan kandungan yang ada didalamnya akan lebih cepat dan mudah dicerna secara langsung. Ternyata, konsumsi telor mentah tidak dianjurkan oleh kalangan medis karena banyak resiko yang dapat ditimbulkan, terutama dalam hal higienis. berikut tips bermanfaat membahasnya untuk anda.

telor-mentahMengapa suka konsumsi telor mentah?

Untuk memiliki tubuh yang sehat dan stamina optimal, tidak harus mengkonsumsi makanan yang mewah, hanya dalam 1 butir telor, kita mendapatkan banyak kandungan gizi. Banyak yang mengkonsumsi kuning telor yang dicampur dengan madu dan jahe untuk meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh. Ada pula dengan merebusnya setengah matang.

Karena kandungan yang ada dalam 1 butur telor sangat kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Pola hidup sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi protein hewani dapat diperoleh dari 1 butir telor.

Hasil penelitian laboratorium kesehatan, protein dapat dihasilkan dari berbagai makanan seperti telur. Mengkonsumsi telur sedikitnya 1 butir per hari sangat dianjurkan, mengingat telur adalah sumber protein dengan nilai biologis paling tinggi. Dalam sebutir telur juga terdapat berbagai vitamin dan mineral esensial yang penting bagi tubuh seperti thiamin dan riboflavin. Dalam telur juga ada 13 jenis vitamin, termasuk vitamin A, D, E, dan 8. Kandungan mineralnya juga baik karena terdapat fosfor dan zinc. Hebat bukan, ternyata kaya nutrisi pokok penopang kesehatan tubuh.

Artikel terkait :   Cara mengobati ambeyen secara tradisional

Dikalangan kaum pria yang identik dengan kebutuhan akan stamina yang perkasa, berkembang mitos, jika makan telur mentah dapat meningkatkan jumlah atau volume sperma. Tidak ada bukti klinis untuk mendukung klaim ini. Namun hubungan antara konsumsi telur mentah dan meningkatnya jumlah sperma mungkin berasal tingginya asam amino, atau vitamin dan mineral pada telur yang mendukung fungsi reproduksi. Padahal, nutrisi dari telur setelah dimasak pun dikatakan tetap saja tinggi. Semua itu hanyalah sebuah mitos.

Bahayakah konsumsi telor mentah ?

Setelah melalui banyak penelitian secara nyata dilaboratorium, telur yang dikonsumsi mentah bisa menimbulkan risiko yang cukup besar bagi kesehatan, apalagi secara teratur dalam jangka waktu yang lama. Makan telur mentah tidak hanya meningkatkan risiko tertular penyakit, juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan protein. Kue atau makanan lain yang mengandung telur mentah juga sebaiknya dihindari, karena berpotensi menjadi penyakit karena bakteri yang ditemukan dalam telur.

Makan telur mentah bisa meningkatkan resiko terpapar bakteri salmonella. Salmonella adalah salah satu bakteri penyebab utama penyakitseperti sakit perut, diare, muntah, demam dan menggigil. Pada beberapa kasus, keracunan salmonella bisa berakibat fatal. Dengan demikian para ahli kesehatan merekomendasikan untuk memasak telur, karena ini adalah cara yang baik untuk mematikan kemungkinan adanya bakteri salmonela.

Gejala keracunan salmonella pada manusia biasanya baru terdeteksi setelah 5 sampai 36 jam. Keracunan salmonella diawali dengan sakit perut dan diare yang disertai juga dengan panas badan yang tinggi, perasaan mual, muntah, pusing-pusing dan dehidrasi. Hal ini lebih berbahaya lagi bagi anak-anak atau orang tua yang daya tahan tubuhnya lemah. Bila sudah nampak tanda-tanda keracunan Salmonella penderita harus segera dibawa ke dokter.

Artikel terkait :   Efek terlalu sering makan pedas

Setiap telur segar belum tentu mengandung Salmonella. Tetapi bila telur segar atau makanan yang mengandung telur mentah dibiarkan pada suhu ruang dalam beberapa hari, barulah bakteri ini dapat berkembang dan membahayakan tubuh manusia. Oleh karena itu sebaiknya hindari konsumsi telur dalam keadaan mentah.

Selain itu kita perlu teliti dan hati-hati dalam memilih telur sebelum membelinya untuk dikonsumsi. Berikut sedikit tips untuk membeli telur yang masih baik untuk dikonsumsi:
– Karena sifatnya yang tidak tahan lama, beli telur seperlunya. Ini baik untuk menghindari telur yang telah kedaluarsa.

– Kondisi cangkang tidak retak, bersih dari kotoran yang menempel serta cacat kondisi yang tidak normal lainnya.
– Putih telur akan terlihat jernih dan kuning telur berada di tengah ketika di teropong.
– Telur tidak terapung ketika di rendam di dalam air.

Selain kemungkinan resiko akibat kontaminasi bakteri Salmonella, ada resiko lain dalam telur. Protein sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi ada beberapa orang yang tidak tahan dengan protein-protein tertentu. Telur misalnya, Lysozyne yang ada pada protein telur menyebabkan alergi, terutama dalam keadaan mentah dapat menjadi antigen bagi tubuh. Zat Avidin juga beracun tetapi melemah dalam keadaan matang.

Nah, dari sekian banyak manfaat yang kita dapat dari 1 butir telor, ternyata kita harus menghindari konsumsi dalam keadaan masih mentah. Pola hidup sehat menjadi fokus kita untuk mewujudkan tubuh yang sehat dengan stamina optimal dengan memperhatikan tips bermanfaat untuk tidak mengkonsumsi telor secara sembarangan.

@Tips bermanfaat – 2015

Leave a Reply