Efek negatif root pada android

Banyak pemilik hp memiliki alasan khusus untuk melakukan rooting, terutama HP Xiaomi walau efek negatif root pada android bisa berakibat fatal jika salah dalam upgrade OS yang bisa kita download secara gratis di internet. Memang dari sekian banyak hp android yang berada di pasaran, HP dengan merk Xiaomi yang paling tinggi dilakukan proses root oleh pemilikinya dengan berbagai alasan, salah satunya melakukan penambahan kinerja perangkat dengan melakuka pengaturan beberapa aplikasi yang sengaja dibuang dan digantikan dengan aplikasi yang lebih ringan serta efektif. Memang dari sekian proses rooting, tidak jarang ada efek negatif yang dirasakan terutama pada hp android. Nah, dalam artikel tips teknologi berikut, kami akan mengulasnya untuk anda, apa saja efek negatif proses root pada android.

Apa sih root hp android itu?

Root adalah membongkar sistem android dari pabrik atau aslinya. Jadi setelah kita melakukan rooting pada android kita, kita bisa melakukan sesuka hati dengan fitur fitur android kita. Loh kok bisa ? Inilah kelebihan rooting android. Banyak yang tergiur ingin melakukan rooting karena iming iming dari teman temanya yang sudah melakukannya.

Root Android memang banyak di inginkan oleh hampir semua pengguna, sebab mereka ingin menghilangkan batas akses ke sistemnya. Tapi setiap tindakan pasti ada kelebihan dan kekurangan, atau resiko. Nah, khusus untuk Anda yang ingin melakukan rooting ponsel Android, atau yang sudah melakukanya tapi minim informasi tentang hal ini, berikut adalah plus minus Android yang telah ter-rooted.

Sebenarnya dengan me-root Android tidak mengalami dampak negatif atau bahaya. Hal itu tergantung dari penggunanya. Jika digunakan dengan benar akan lebih menguntungkan Anda tapi jika tidak digunakan dengan benar dapat menyebabkan ponsel Anda error.

Artikel terkait :   Bagaimana cara menghilangkan iklan di internet?

Walaupun kelihatannya agak bagus untuk beberapa android, rooting juga memiliki efek yang sangat buruk. Namun, ada juga yang tidak mempunyai kendala apapun. Dan apabila saat kalian melakukan root, tiba tiba android anda mati. Langsung instal ulangkan saja. Karena agar bisa digunakan kembali.

Dan untuk para pengguna android yang lain, sebaiknya pikir pikir dulu saat hendak melakukan rooting. Pikir dengan baik resiko terbesar yang akan terjadi. Karena ketika setelah root, banyak yang sering mengeluh, menyesal karena tidak sesuai yang diharapkan.

Ponsel berperilaku tidak normal/sering error
Memang me-root Android dapat meningkatkan kinerja ponsel secara maksimal tapi itu jika dipakai dengan benar. Nah, jika tidak? maka ponsel Android Anda akan sering error seperti; ponsel sering mati, nge-hang, sering reboot sendiri bahkan dapat menyebabkan ponsel bootlop (Bootlop adalah masalah pada saat booting dimana ponsel Anda tidak bisa melakukan startup sebelum masuk ke homescreen pada saat kalian menghidupkan ponsel.)

Garansi Ponsel Yang Masih Berlaku Akan Hangus/Tidak berlaku lagi
Jika ponsel Android Anda sudah di-root maka garansi yang masih berlaku akan hangus/tidak berlaku lagi seperti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya. Hal tersebut berlaku hampir setiap vendor-vendor ponsel Android. Nah, misalkan ponsel Anda mengalami kerusakan hardware atau error maka Anda tidak dapat menggunakan Garansi ponsel Anda.

Dapat Menyebabkan Panas Yang Berlebihan Pada Ponsel (Overheating)
Dengan melakukan rooting Android memang dapat memaksimalkan kinerja CPU pada ponsel Anda. Tetapi jika Ponsel Anda dipakai berlama-lamaan, maka akan meyebabkan panas yang berlebihan atau sering disebut Overheating.

Mudah Terserang Malware
Melakukan rooting pada ponel Android maka kita dapat menginstall aplikasi-aplikasi yang memerlukan akses root. Namun aplikasi yang mengandung virus/malware dapat dengan mudahnya menyerang ponsel Android Anda.

Artikel terkait :   Berapa biaya pasang wifi di rumah?