Foto dalam air dengan action cam

Tak sedikit pemilik camera GoPro saat melakukan foto selfie dalam air dengan action cam, hasilnya masih kurang memuaskan, blur dan kurang jelas walau sudah mengeluarkan banyak uang. Hal ini karena kurangnya pengetahuan dasar tentang fotografi serta teknik pengambilan gambar, terutam dalam air yang memiliki tingkat kesulitan dibanding pengambilan gambar di darat. Foto dalam air dengan action cam membutuhkan kejelian serta insting yang kuat kapan dan bagaimana mengambil sudut yang tepat. Secara teknologi yang disematkan pada action cam sudah mumpuni dengan diperlengkapi case anti air, tetapi sang pengguna harus dapat memahami karakter action cam yang dia miliki. Beberapa pemiliki merasa kurang paham fungsi yang ada dalam setiap seting yang disediakan. Lalu bagaimana teknik yang benar agar hasilnya dapat memuaskan untuk proses foto dalam air dengan action cam?.

Apa kelebihan action cam dengan smartphone?

Action camera atau kamera aksi dirancang untuk satu tujuan yaitu mengabadikan momen dari sudut, posisi, ataupun kondisi yang hampir tidak mungkin dan tidak bisa dilakukan dengan kamera biasa. Action camera atau juga disebut sport camera menuai kepopulerannya semanjak GoPro memperkenalkan beberapa lini produk Hero-nya yang banyak dipakai oleh olahragawan atau atlet-atlet terbaik dunia. Banyak konsumen yang membelinya untuk kebutuhan aslinya yakni merekam kegiatan olahraga atau petualangan hingga hal sederhana seperti selfie.

Selain itu, action cam adalah sebuah kamera dengan fitur khusus untuk mengambil gambar atau video di luar ruangan (outdoor) tanpa perlu takut kamera tersebut rusak. Hal-hal yang bisa dilakukan menggunakan action camera adalah hiking, berenang, bersepeda, menyelam, dan olahraga extreme lainnya. Selain untuk kegiatan extreme, action camera juga banyak digunakan di acara-acara televisi seperti acara uji nyali, game show, dan juga acara yang memerlukan kamera pengintai.

Fungsi action camera saat ini adalah untuk menghasilkan sebuah foto dan video dengan resolusi tinggi di berbagai tempat tanpa harus takut kamera tersebut rusak. Action camera memiliki perlindungan di bagian casing. Casing tersebut sangatlah kuat sehingga tidak akan mudah hancur saat jatuh. Selain itu, casing action camera juga kedap air, jadi akan tetap aman saat dibawa berenang. Untuk beberapa casing action camera juga dilengkapi dengan dudukan khusus, untuk mempermudah saat ditaruh di berbagai tempat seperti helm, papan selancar, sepeda motor, mobil dan lainnya.

snorkelingApa saja yang perlu disiapkan untuk foto dalam air dengan action cam?

Split underwater atau foto dalam air sekarang ini sedang sangat booming di kalangan para pecinta fotografi. Foto dua alam di dalam satu frame ini bisa membuat foto Anda akan lebih menarik. Tentu saja ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar foto Anda lebih keren. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan !

Artikel terkait :   5 Penyebab baterai cepat habis

Siapkan peralatan – Sebelum memulai untuk memfoto, ada baiknya menyiapkan beberapa peralatan seperti action cam dan juga aksesoris yang mendukung untuk memfoto di bawah air. Hal ini untuk membuat kamera tetap terjaga dan tidak terkena air. %image_alt%Selain itu foto akan jauh lebih indah. semakin lengkap anda membawa alan pendukung action cam maka akan semakin banyak kreativitas yang dapat dilakukan sehingga kinerja action cam anda lebih maksimal dan mengagumkan. terkadang kita butuh mengambil view yang berbeda, hal ini pastinya membutuhkan perubahan baik itu dalam pengaturan ataupun posisi kamera, hingga aksesoris lainnya dibutuhkan. aksesoris berbeda dapan membuat view berbeda serta kesan yang berbeda pula

Tes Menggunakan tisu – Sebelum Anda memasukkan Action Cam ke air, ada baiknya gunakan tisu terlebih dahulu untuk memastikan bahwa housing tidak mudah rembes air. Pastikan semuanya kedap air. tutup rapat housing terlebih dahulu tanpa ada action cam di dalamnya. kemudian masukkan kedalam air dengan kedalama secukupnya atau sekitar 30 m. setelah itu angkat kembali housing dari dalam air, buka housing tersebut. yang harus anda lakukan mengambil selembar tisu kemudian lap bagian dalam housing. jika tisu yang anda lapkan ke bagian dalam housing basah berarti housing anda ada kebocoran dan tidak aman untuk di selipkan kamera dan bermain di kedalaman air.

Memastikan suhu – Usai memastikan housing aman, segera masukkan action cam ke dalam air sehingga suhu kamera sudah sesuai dengan suhu air. Tentu saja hal ini untuk mencegah munculnya fog yang bisa membuat foto menjadi buram. jika terlalu lama membiarkannya akan membuat housing berembun. dan hal ini biasanya tidak disadari oleh anda. akan ketahuan saat kita melihat hasil tembakan lewat smartphone. dan ini akan sangat mengecewakan karena anda harus mengulang aksing menyenangkan yang melelahkan dari awal lagi, sedangkan waktu tidask mencukupi atau bahkan liburan sudah berakhir.

Gunakan Anti Fog – maslah di atas sebenarnya dapat di atasi dengan menggunakan alat anti fog. Anti fog ini berfungsi untuk menghilangkan embun saat Anda menggunakan Xiaomi Yi / GoPro / SJ CAM / B Pro di dalam air. benda ini sangat kecil mungkin hampir seperti kapas yang sedikit padat. Cara pasangnya sangat gampang dengan menyelipkan anti fog ke casing waterproof.

Lakukan percobaan – Jangan langsung mengambil gambar yang Anda inginkan. Ada baiknya lakukan percobaan dan latihan terlebih dahulu. untuk menguasi cara penggunaan. Disarankan untuk mencobanya di kolam renang sebelum Anda memulai liburan. Sehingga kamera sudah terbiasa dan Anda sudah terlatih. karena di kolam renang rumah sepertinya lebih ramah dan anda akan lebih cepat menguasai cara pemakainnya. jika anda langsung membawanya liburan dan diajak bekerja menangkap gambar atau video itu terlalu riskan. gelombang dan tekanan di sana tidak seramah di kolam rumah. bahkan jika anda memaksa kemungkinan dapat membahayakan kamera kesayangan anda, entah karena gambarnya tidak fokus, kamera kemasukan air atau bahkan kamera jatuh karena belum terlatih.

Artikel terkait :   OLX Motor menyajikan bursa motor bekas

Hindari bintik air – hal lain yang terkadang tidak disadari saat bermain action cam di air adalah bintik air. saat kita menyelam di kedalaman air dan terlalu senang terkadang kita lupa melihat bagian depan lensa atau housing action kamera saat kita di permuakaan. terkadang masih ada sisa bintik air yang menempel disana, dan ini sangat menggangu view yang akan kita ambil di permukaan. Untuk mendapatkan foto yang bagus, pastikan bahwa lensa dome sudah terhindar dari bintik-bintik air. Jika terdapat bintik air, gunakan sabun bayi agar bintik air hilang. Untuk mengatasi hal ini Anda harus sabar dan jangan tergesa-gesa.

Fokus pada obyek tertentu – Ketika ingin mengambil gambar, disarakan untuk fokus di area atau objek yang ingin Anda abadikan dengan action cam. Hal ini untuk menghasilkan gambar yang jernih dan jelas serta tidak blur.jiak kita hanya sekedar membawa action cam tanpa bisa fokus pada objek yang kita ambil akan menyebakan kurang maksimalnya hasil tembakan. mun gkin karena tamak menganggap semua yang sedang terjadi perlu di abadikan kita kehilangan fokus hingga momen berharga anda sama sekali tidak ada yang tertangkap dengan jelas. jika memang banyak objek yang harus di abadikan lebih baik selesaikan satu persatu dengan maksimal.

Rileks – Salah satu cara agar gambar menjadi lebih bagus adalah rileks. Jangan terlalu grogi yang bisa membuat foto yang Anda abadikan bisa buram. Usahakan rileks dan menikmati suasana di bawah air tersebut. karena gugup akan menghasilkan gambar yang tidak bagus juga. gugup biasanya akan membuat tangan kita bergetar dan ini tidak baik bagi action cam yang hanya menggunakan mount biasa yang tanpa di lengkapi stabilizer yang cukup canggih. bukankah tujuan anda bersenang senang dan mengabadikannya kenapa harus gugup, anda tidak sedang di medan perang. Have fun.

Ambil kala siang hari – Untuk mendapatkan split undewater, waktu yang pas adalah siang hari. Pasalnya di siang hari sinar matahari bisa membantu Anda untuk mendapatkan foto yang terang dan cerah. seperti kita ketahui bahwa kelemahan action cam adalah di cahaya rendah. ini akan menjadi masalah cukup bessar bagi kualitas tembakan anda. noise tidak bisa dihindari saat anda mengambil di cahaya rendah kecuali anda menggunakan aksesoris pendukung seperti flash eksternal. mungkin flash ekternal cukup membantu namun jika diperhatikan kembali hal itu tidak cukup untuk menghasilkan gambar atau video sejernih di kala siang hari.

Leave a Reply