Garis putih pada layar HP

Jika anda menjumpai garis putih pada layar hp anda, sehingga menutupi tulisan dan mengganggu saat melakukan obrolan, tentu ini sangat menjengkelkan. Garis putih pada layar bisa secara melintang dari atas kebawah, ada juga yang garisnya mendatar dari samping kiri ke kanan. Pada awalnya mungkin masih belum begitu mengganggu karena masih hanya garis tipis dan kadang hilang dengan sendirinya. Tetapi lama kelamaan, garis putih itu semakin sering keluar dan malah bertambah lebar. Banyak sebab yang bisa memicu kasus ini, bisa karena hp pernah jatuh atau cara penggunaan yang kurang bisa memperhatikan kondisi hp yang sering panas. Bagaimana mengatasi kasus garis putih pada layar hp?. Apa penyebab utama terjadinya atau munculnya garis putih di layar?. Mari kita simak pemaparan dalam artikel tips teknologi berikut ini.

LCD merupakan bagian penting dari sebuah handphone, dengan adanya Layar LCD tentu kita bisa melihat aktifitas penggunaan handphone, dapat Anda bayangkan jika handphone tidak memiliki LCD atau LCD dari handphone tersebut dalam keadaan bermasalah, seperti mati, berkedip-kedip, retak, pecah atau bergaris-garis tentu hal ini akan membuat kita jengkel. Jika Handphone kita sudah mengalami kerusakan ini tentu Anda akan berpikir bahwa Anda akan mengeluarkan kocek lagi dan itupun tidak sedikit.

Memang secanggih-canggih dan sebagus-bagusnya sebuah smartphone tentu akan mengalami masa kerusakan baik itu karena kecerobohan sipengguna maupun karena usia dari hardware dari smartphone itu sendiri.

Oleh karena itu jika kerusakan dari hardware itu melanda smartphone kita, mungkin kita tak perlu terburu-buru untuk membawanya ke servis hp, mungkin dari tips yang dishare di internet dapat membantu kita untuk memperbaiknya sendiri. Hanya saja hal ini memang memerlukan mental dan kehati-hatian agar kerusakannya justru tidak bertambah parah.

Apa saja jenis kerusakan pada layar hp?

Untuk itu, kita harus tahu ciri-ciri touchscreen rusak sebelum memutuskan mengganti touchscreen tersebut.

Touchscreen pecah dan sama sekali tidak berfungsi atau sebagian fungsi.
Berarti bisa dipastikan, kita harus mengganti dengan touchscreen yang baru. Cukup buka dan ambil touchscreen-nya lalu tunjukkan ke konter terdekat untuk membeli touchscreen yang sesuai. Kalau kita tidak mau repot-repot, cukup bawa hp-nya, biar ditangani oleh konter yang sudah punya tenaga ahli di bidangnya

Artikel terkait :   HP cina yang banyak diminati

Touchscreen sama sekali tidak berfungsi namun tidak pecah.
Untuk yang ini, kita tidak perlu terburu-buru membongkar HP untuk mengganti touchscreen-nya. Karena ini bisa saja disebabkan Android yang mengalami hang. Langkah pertama adalah dengan menerapkan metode hard reset. Jika masih tetap sama, langkah kedua adalah dengan melakukan flashing. Jika masih tetap tidak berfungsi, berarti bisa dipastikan touchscreen tersebut rusak. Karena terkadang, touchscreen tidak berfungsi bisa disebabkan dari sisi softwarenya bukan hardware dari touchscreen itu sendiri. Untuk itu, kedua langkah tadi harus ditempuh dulu untuk memastikannya.

Touchscreen mati sebagian
Untuk touchscreen yang hanya berfungsi sebagian saja pada area tertentu, saya belum pernah menemukan kerusakan dari sisi software. Namun, tidak ada salahnya mencoba melakukan langkah hard reset ataupun flashing untuk memastikannya.

Touchscreen meleset
Yang dimaksud touchscreen meleset disini adalah ketika kita menyentuhnya yang kena justru atas, bawah, atau sampingnya. Misalnya menyentuh angka 1 yang keluar malah angka 2 atau 3. Biasanya touchscreen meleset semacam ini lebih disebabkan dari sisi software atau setelah flash dengan menggunakan firmware yang file-file didalamnya sudah mengalami kerusakan.

Touchscreen tidak berfungsi untuk fitur tertentu
Hal ini pernah saya alami untuk Samsung Replika SM-G9006V, dimana ketika menyentuh angka nol, bintang, dan pagar saat akan digunakan untuk cek pulsa atau melakukan panggilan, ketiganya tidak muncul. Hal ini juga lebih disebabkan kerusakan dari sisi software. Karena dalam hal memperbaiki software replika cukup sulit, Anda harus tahu cara flash samsung replika yang benar agar tidak salah langkah yang berujung pada matinya HP replika.

Touchscreen gerak-gerak sendiri
Untuk touchscreen yang bergerak dengan sendirinya, kita harus jeli apakah bergeraknya itu saat di cas atau baik di cas ataupun tidak. Selengkapnya mengenai hal ini baca pada artikel solusi touchscreen gerak-gerak sendiri.

Bisakah karena rusak dari pabriknya?

Orang sering menyebutnya sebagai dead pixel. Dead pixel adalah cacat bawaan pabrikan atau karena penyebab tertentu (biasanya karena benturan keras). Ini adalah ‘matinya’ satu atau beberapa piksel di layar, sehingga menampilkan sebuah titik yang tidak berubah, kemanapun anda bernavigasi di perangkat. Karena ‘mati’, maka piksel ini tidak dapat ‘mengikuti perintah’ dari hardware untuk menampilkan warna tertentu. Kabar buruknya, dead pixel yang semula kecil, bisa bertambah banyak/besar, sehingga pada akhirnya menjadikan layar perangkat anda kesulitan menampilkan gambar yang diinginkan.

Artikel terkait :   Benarkah power bank bisa merusak hp?

Kenali gejala ini sejak awal membeli perangkat dengan memperhatikan seksama seluruh permukaan layar. Biasanya ini lebih mudah ditemukan jika anda menampilkan wallpaper yang memiliki satu warna (missal merah atau biru). Bila ada dead pixel, maka anda akan melihat titik kecil berwarna putih di bagian tertentu layar perangkat anda.

Apa penyebab terjadinya keluhan pada layar hp?

Penyebab utama kerusakan pada layar hp android karena terjadi benturan atau penekanan keras salah satunya adalah handphone android terjatuh. Ada beberapa penyebab terjadinya layar sentuh bergaris, diantaranya:

  • Panas yang terlalu over
  • Umur pakai layar yang memang sudah waktunya ganti (handphone terlalu tua)
  • Handphone terlalu sering jatuh atau terkena benturan benda keras
  • Terlalu sering terkena radiasi signal
  • Layar Terkena Air

Bagaimana mengatasi garis putih pada layar hp?

Untuk kasus mengatasi layar sentuh bergaris, perlu untuk dicoba beberapa langkah yang dilakukan sebagai cara memperbaiki layar hp android bergaris garis. Alat yang kita butuhkan yaitu:

  • Sikat gigi bekas
  • Pengorek telinga (CottonBud)
  • Kain lembut (sapu tangan)

Berikut ini adalah cara yang dilakukan untuk memperbaiki layar sentuh lcd hp yang bergaris :

  1. Pertama buka cashing handphone dalam keadaan hidup atau menyala
  2. Lalu gosok secara perlahan dan beraturan di atas layar pada bagian yang rusak dengan cottonbud
  3. Kemudian jika bergaris kebawah (Vertical), gosok secara halus dari atas ke bawah.
  4. Jika membentuk lingkaran, gosok secara halus searah jarum jam.
  5. Namun jika bergaris ke samping (Horiginalzontal), gosok secara halus kekiri dan ke kanan.
  6. Pada saat penggosokan, perlu sedikit tekanan dan lihat LCD akan tampak bagian yang rusak seperti lengket.
  7. Gosok terus kurang lebih 30 menit. Perlu sebuah kesabaran, karena jika terlalu menekan justru menambah rusak permukaan layar.
  8. Jika sudah, Restart handphone, pasang kembali chasingnya.

Namun jika cara ini belum berhasil mungkin Anda bisa mencoba cara kedua. Caranya cukup mudah.

  1. Silakan semprot konektor perempuan flexible LCD dengan Contact Cleaner
  2. Sikat dengan sikat gigi secara perlahan atau pelan-pelan
  3. Keringkan lalu coba pasang lagi.

Leave a Reply