Gaya bayi merangkak jadi model

Pernah anda foto bayi anda saat tertidur di malam hari tanpa flash agar natural?. Atau foto narsis gaya bayi merangkak yang lucu saat ketawa?. Foto bayi dengan berbagai gaya yang natural dan spontan memang sulit walau tidak sedikit karya indah fotografi ini menjadi model sebuah iklan produk bayi. Karena keunikan serta penataan cahaya yang alami serta tidak dibuat-buat membuat karya fotografi dengan tema bayi sedang beraktifitas menjadi hal yang bernilai dan layak mendapat perhatian. Jika anda memiliki anak bayi dirumah, tentu anda dapat menjadikan moment pertumbuhan bayi anda dalam sebuah karya fotografi yang cukup keren. Jika anda masih bingung membuat foto bayi anda dengan gaya yang layak menjadi sebuah model, mari simak artikel berikut ini.

gaya-bayi-merangkakBagaimana cara agar bayi dapat menikmati saat di foto?

Pada umumnya bayi memang sangat lucu untuk diabadikan melalui kamera akan tetapi untuk menambah hasil yang maksimal ketika memotret bayi anda dapat mengabadikan momen terbaik dengan memilih angle yang menggemaskan. Pilihlah aktivitas bayi yang natural seperti ketika makan, bermain, mandi atau ketika bayi anda tertidur. Selain itu momen terbaik bayi anda dapat diciptakan dengan membuatnya tertawa atau berteriak ataupun menggoyangkan mainan favoritnya. Anda juga harus memperhatikan ekspresi bayi anda dengan benda dan warna disekitarnya jangan sampai ekspresi bayi anda tenggelam.

Apabila anda akan mengambil foto bayi di dalam ruangan hindari menggunakan flash. Bayi tidak suka dengan lampu terang bersinar mengganggu pandangan mereka mata. Jika Anda menggunakan flash, Anda mungkin akan mendapatkan hasil foto yang kurang berkesan dengan senyum bayi yang terpaksa atau membuat bayi mengeluarkan air mata dari lampu flash yang digunakan.

Mengambil potret bayi di rumah bisa menjadi cara yang baik untuk menghemat uang. Anda tidak perlu banyak menggunakan peralatan yang mewah dalam mendapatkan pencahayaan. Lampu kerja halogen atau lampu meja yang tersedia secara luas dan cukup murah dapat anda gunakan tanpa berlebihan.

Apakah perlu bantuan orang lain saat memfoto bayi?

Memotret bayi memang memiliki tantangan tersendiri apalagi bila bayi anda sudah mulai aktif, bagi anda yang memiliki bayi masih berusia dibawah satu bulan tidak akan sulit untuk mendapatkan foto yang terbaik ketimbang bayi yang sudah mulai merangkak. Anda dapat melibatkan peranan anggota keluarga dalam memperbaiki posisi bayi, mengambil alat peraga atau membuat bayi anda tersenyum. Anda juga dapat melibatkan mainan favoritnya untuk membuatnya lebih fokus dan menyukai kegiatan memotret.

Libatkan orang lain dan serta hal hal lain. Gunakan bantuan ibu atau ayah untuk menahan posisinya(menggendong/berpose bersama). Bila perlu ajak dia bermain dengan mainan favoritnya. Ajak dia berkomunikasi dan mengadakan kontak mata dan sering-seringlah mengabadikan gambarnya karena dia akan terus tumbuh dengan cepat.

Gaya seperti apa yang biasanya cukup bagus bagi bayi untuk di foto?

Saat-saat tidur juga merupakan saat yang tepat untuk mengambil gambar. Aturlah background agar tampak rapi, bila perlu tidurkan dia dengan landasan yang bertekstur baik atau ranjang yang lucu, gunakan topi/baju kostum yang lucu(sebelum dia tidur). Seringkali foto yang dihasilkan saat tidur akan sangat dramatis.

Sebenarnya, semua aktivitas bayi menarik untuk difoto, misalnya ketika dia sedang makan, mandi, bermain, atau tidur. Sebelum difoto, bayi tidak perlu didandani berlebihan, misalnya wajahnya dibedaki, bibirnya dipulas lipstick, rambutnya ditata, dipakaikan bando besar, atau pakaiannya kelewat rapi. Ini menghasilkan foto yang tidak natural. Dalam lomba-lomba foto, foto-foto bayi dengan dandanan berlebihan biasanya langsung disingkirkan oleh dewan juri.

Kunci keindahan foto bayi, salah satunya adalah penampilan yang natural. Jangan sampai ekspresi bayi tenggelam oleh benda-benda atau warna-warni di sekitarnya. Kenakan pakaian polos, berwarna putih atau warna lembut. Singkirkan benda-benda di dekat bayi, seperti boneka atau bantal, ganti sepreinya dengan motif polos jika bayi difoto saat tidur. Momen bagus dapat dipancing atau diciptakan. Buatlah bayi tertawa, berteriak atau menggerak-gerakkan tangan, dengan memanggil namanya atau menggoyangkan mainan dalam jarak pandang matanya.

Bagaimana jika bayi masih terlalu kecil untuk bergaya?

Pada usia antara 0-3 bulan, bayi mungkin tidak bisa berpose sama sekali, karena dia baru bisa menggerakkan kepala saja. Disinilah kita membutuhkan seorang pendamping untuk menahan pose bayi. Mintalah mereka untuk menggendongnya, kemudian ambillah fotonya. Usahakan selalu fokus pada bayi, bukan hal lain. Kesulitan ini akan kita alami sampai bayi berusia 3-6 bulan.

Namun, pada usia ini bayi sudah bisa menyangga kepalanya sendiri, jadi lebih mudah mengabadikan close up bagian wajah. Baju/kostum serta peralatan lain yang aman untuk bayi bisa digunakan untuk lebih menghidupkan suasana. Bayi akan mulai duduk pada usia 6-9 bulan, saat inilah anda akan mendapatkan pose-pose yang “aneh” dari si bayi. Karena bayi sudah mulai aktif bergerak, sudah saatnya kita menguasai tentang pengaturan shutter speed atau lebih baiknya pengaturan segitiga eksposure. Kadang-kadang bayi pada usia 10 bulan ke atas sudah menyadari bahwa dia sedang difoto, dan berusaha menahan posisinya. Metode candid adalah yang terbaik untuk memotret bayi pada usia ini.

Leave a Reply