Gaya hidup sehat konsumsi makanan protein

Pola hidup sehat – Banyak sekali sumber makanan yang dibutuhkan untuk tubuh menjadi sehat dengan menu diet sehat, gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan yg mengandung protein sangat penting untuk program diet sehat anda. Makanan sumber protein, termasuk protein hewani dapat kita peroleh dengan pilihan sajian dari ayam petelur yang sangat mudah kita beli di pasar tradisional maupun modern. Gaya hidup sehat, selain harus memperhatikan kebersihan makanan yang akan kita konsumsi, kita juga perlu memperhatikan kualitas ayam petelur yang akan kita masak. Harga ayam petelur yang sering naik turun sering membuat penjual tidak begitu memperhatikan kebersihan dan terjadinya penjualan ayam petelur yang sudah tidak segar lagi. Oleh itu, bagi kita yang membutuhkan makanan sumber protein untuk selalu memperhatikan kondisi ayam petelur yang akan kita konsumsi.

makanan-sumber-proteinMANFAAT NUTRISI PROTEIN BAGI TUBUH
Sebelum membahas lebih jauh mengenai makanan dengan kandungan protein untuk memiliki gaya hidup sehat dengan bener, ada baiknya anda mengetahui apa sebenarnya fungsi protein bagi tubuh manusia. Selain berfungsi untuk menunjang berbagai aktifitas pada organ tubuh dan juga membantu metabolisme tubuh, makanan yang mengandung protein juga berguna sebagai zat pembangun dalam tubuh. Oleh sebab itu protein memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yang ingin selalu menjaga kesehatan tubuhnya.

Protein adalah zat yang berperan penting dalam proses pembentukan jaringan otot. Protein juga berfungsi sebagai zat pengatur hormon-hormon yang ada di dalam organ pencernaan manusia. Tak hanya itu protein berfungsi sebagai pengatur pH asam dan basa dalam tubuh. Fungsi protein yang lainnya adalah sebagai cadangan makanan dan energy dalam tubuh kita.

Baca juga : Tips menurunkan berat badan dengan diet sehat tepat.

Protein terdapat dalam tiap sel tubuh manusia. Zat ini dibutuhkan oleh manusia untuk membantu tubuh memperbaiki sel dan memproduksi sel yang baru. Asupan protein terutama sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan pada masa anak-anak, remaja dan juga pada masa kehamilan.

MAKANAN YANG MENGANDUNG PROTEIN
Protein dibedakan menjadi 2, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang dihasilkan oleh hewan, sedangkan protein nabati adalah protein yang berasal dari bermacam tumbuhan. Profit asam yang terkandung dalam protein hewani diperlukan manusia untuk proses pembentukan perkembangan tubuh manusia. Kita bisa mendapatkan berbagai jenis protein melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Artikel terkait :   Manfaat minyak kelapa untuk diet sehat

Tak semua makanan yang mengandung protein bisa kita konsumsi. Di dalam kehidupan sehari-hari kita bisa mendapatkan asupan protein dengan berbagai varian menu makanan. Tahu dan Tempe misalnya. Menu yang satu ini sangat digemari masyarakat sejak jaman dulu. Makanan ini sangat mudah kita dapatkan. Selain harganya relatif murah, makanan yang sering dipandang sebelah mata ini ternyata kaya akan protein.

Tahu
Tahu adalah makanan yang berasal dari kacang kedelai. Tahu memiliki kandungan protein tinggi. Tak hanya protein, di dalam tahu terdapat banyak zat penting lainnya. Misalnya saja kalium. Kalium sangat berperan penting dalam pembentukan tulang manusia. Kalori, vitamin E, vitamin B dan B12 juga terkandung dalam makanan ini. Di dalam kelezatan nya, tahu tidak mengandung kolesterol sehingga baik untuk digunakan makanan saat kita berdiet.

Tempe
Tempe adalah hasil fermentasi kedelai dengan Rhizopus Oligosporus. Tempe mengandung banyak protein karena sebagian dari tempe terbuat dari kedelai. Telah kita ketahui bahwa kedelai merupakan sumber protein nabati yang sudah terbukti sejak masa penjajahan. Di dalam sepotong tempe terdapat vitamin, lemak, serat, dan enzim yang tak kalah pentingnya untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi manusia.

Tahu dan tempe adalah satu kesatuan makanan yang mengandung banyak protein. Oleh sebab itu kita tak perlu meragukan kandungan yang ada di dalam tahu dan tempe. Protein sangat berperan aktif dalam pembentukan syaraf. Selain tahu dan tempe kita juga bisa mendapatkan asupan lain dari menu makanan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Telur
Selain daging, telur juga menjadi salah satu makanan sehat yang mengandung protein tinggi. Idalnya pada telur dengan ukuran besar, akan mengandung 6.3 gram protein hewani. Protein tersebut diantaranya adalah 3.6 gram yang terdapat pada putih telur, serta 2.7 gram protein yang terdapat pada kuning telur. Tetapi bedangnya pada kuning telur mengandung kolesterol dan lemak jenuh, sehingga untuk anda yang memiliki penyakit kolesterol, diasarankan untuk mengkonsumsi putih telurnya saja..

Artikel terkait :   Manfaat jeruk lemon di pagi hari

Daging Ayam
Daging ayam mengandung banyak protein yang kita butuhkan. Jumlah kandungan protein yang terdapat pada daging ayam mencapai 18 gram per 100 gram dada ayam. Daging ayam merupakan jenis daging yang bisa dibilang paling murah dan sering dikonsumsi oleh masyarakat kita.

Udang
Di dalam 100gram udang mengandung 20.3 gram protein. Kandungan protein dalam udang disebut “Complete Protein” karena kandungan asam aminonya yang tinggi.

Ikan
Selain mengandung vitamin ikan segar juga mengandung banyak protein. Untuk jenis ikan laut, ikan kembung, tenggiri, tongkol dan kakap merupakan jenis yang mempunyai kandungan protein tertinggi. Untuk ikan air tawar, belut adalah sumber protein yang paling bagus. Seringkali kita lihat produk makanan kesehatan berbahan dasar ikan yang menjelaskan mengenai kandunga protein yang terdapat pada ikan. Nah harus diakui kalau ikan memang menjadi salah satu jenis makan dengan kandungan protein tinggi. Baik ikan laut maupun ikan tawar, keduanya sama-sama memiliki kandungan protein. Selain ikan, kepiting juga dikenal memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh anda.

Susu
Di dalam susu tidak hanya terkandung lemak dan kalsium. Namun susu juga mengandung protein. Dianjurkan bagi kaum obesitas untuk mengurangi susu dalam pemenuhan protein dalam tubuh. Hal itu dikarenakan kandungan lemak susu dapat menambah tumpukan lemak yang ada di dalam tubuh penyandang obesitas. Untuk sumber protein nabati bisa diperoleh dari susu kedelai.

Kacang Almond
Selain kaya serat kacang almond juga mengandung banyak protein. Harganya relative mahal. Namun kandungan protein pada kacang almond cukup tinggi. Jadi tak ada salahnya sesekali kita mengkonsumsi makanan ini untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita.

Keju
Kandungan protein dalam keju cukup tinggi. Namun dianjurkan tidak terlalu banyak mengkonsumsi keju. Keju mengandung lemak, sehingga jika dikonsumsi secara terus menerus menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan.

Selain beberapa makanan tersbeut, sebenarnya masih banyak jenis makanan yang tinggi protein, seperti bayam, tahu, jamur, hingga jagung manis. Miliki hidup sehat dengan pilihan menu sehat dengan konsumsi makanan sumber protein yang dibutuhkan untuk program diet sehat anda.

One Comment

Leave a Reply