Gejala demam berdarah pada anak

Kita perlu waspada gejala demam berdarah pada anak mirip sakit demam biasa. Panas tinggi dan mual. Penyebab demam berdarah yang dialami oleh anak biasanya karena faktor lingkungan dimana dia sering beraktifitas disiang hari, bisa jadi dari lingkungan sekolah yang kurang bersih atau tempat dia bermain yang banyak nyamuk sebagai mediator penularan penyakit yang cukup berbahaya ini. Bukan saja menyerang anak-anak, tetapi juga berbagai usia. Perkembangan jentik nyamuk ini sering meningkat pada perubahan musim penghujan ke kemarau dimana banyak terjadi kubangan air yang tidak kita bersihkan secara rutin. Tindakan pencegahan juga sering ditekankan bagi kita, tetapi seringnya kita tidak memperhatikan lingkungan sekitar anak. Agar lebih waspada, agar penyakit demam berdarah tidak mengancam jiwa anak, sebaiknya kita bisa mengingat beberapa gejala demam berdarah pada anak. Seringnya orang tua menganggapnya hanya demam biasa. Mari kita bahas dalam artikel hidup sehat berikut ini.

demam-berdarah-anakApa saja gejala awal demam berdarah pada anak?

Gejala klinis demam berdarah dengue pada saat awal penyakit (hari demam 1-3) dapat menyerupai penyakit lain seperti radang tenggorokan, campak, dan tifus. Gejala yang membedakan satu dengan yang lain yaitu gejala yang menyertai gejala demam berdarah seperti tertera di atas.

a. Demam
Demam pada penyakit demam berdarah ini secara mendadak dan berkisar antara 38,50C-400C, Pada anak-anak terjadi peningkatan suhu yang mendadak. Pagi hari anak masih dapat sekolah dan bermain, mendadak sore harinya mengeluh demam sangat tinggi. Demam akan terus menerus baik pada pagi maupun malam hari dan hanya menurun sebentar setelah diberikan obat penurun panas. Pada anak yang lebih besar atau pada orang dewasa pada saat gejala awal seringkali tidak begitu dihiraukan oleh karena demam datang dengan tiba-tiba. Mereka tetap melakukan kegiatan seperti biasanya dan baru merasakan sakit bila timbul gejala berikutnya yaitu lesu, tidak enak makan dan lain sebagainya.

b. Lesu dan mual bagian perut
Disamping demam tinggi dan mendadak penderita demam berdarah dengue akan mengeluh atau terlihat lesu dan lemah. Seluruh badan lemah seolah tidak ada kekuatan, pada anak yang masih kecil tidak dapat mengeluh tetapi anak yang biasanya aktif kali ini tidak mau bermain lagi dan lebih senang diam duduk atau tiduran. Badan akan makin bertambah lemah oleh karena nafsu makan menghilang sama sekali baik minum maupun makan, rasa mual dan rasa tidak enak di perut dan didaerah ulu hati menyebabkan semua makanan dan minuman yang dimakan keluar lagi.

Rasa mual, muntah dan nyeri pada ulu hati akan makin bertambah bila penderita minum obat penurun panas yang dapat merangsang lambung (lihat Bagian 3 mengenai Pengobatan). Pada anak kecil dapat disertai mencret 3-5 kali sehari, cair, tanpa lendir. Jadi, bila seorang anak menderita mencret disertai demam tinggi kita harus waspada demam berdarah apalagi terjadi pada bayi atau anak kecil di bawah umur 2 tahun. Demam berdarah dengue sebagai penyakit virus sering menyebabkan muka dan badan anak kemerahan seperti “udang rebus” (flushing) dan bila dipegang badan sangat panas.

c. Nyeri Perut
Nyeri perut merupakan gejala yang penting pada demam berdarah dengue. Gejala ini tampak jelas pada anak besar atau dewasa oleh karena mereka telah dapat merasakan. Nyeri perut dapat dirasakan di daerah ulu hati dan daerah di bawah lengkung iga sebelah kanan. Nyeri perut di bawah lengkung iga sebelah kanan lebih mengarah pada penyakit demam berdarah dengue dibandingkan nyeri perut pada ulu hati. Penyebab dari nyeri perut di bawah lengkung iga sebelah kanan ini adalah pembesaran hati (liver) sehingga terjadi peregangan selaput yang membungkus hati.

Artikel terkait :   Mengapa jantung sering berdebar debar?

d. Pendarahan pada pembuluh darah
Pada gejala selanjutnya dapat diikuti dengan perdarahan pembuluh darah kecil pada selaput tersebut. Sedangkan nyeri perut di daerah ulu hati yang menyerupai gejala sakit lambung (sakit maag) dapat juga disebabkan oleh rangsangan obat penurun panas khususnya obat golongan aspirin atau asetosal. Untuk memastikan adanya nyeri perut ini dapat dilakukan penekanan (perabaan disertai penekanan) pada daerah ulu hati dan di bawah lengkung iga sebelah kanan, terutama pada anak yang belum dapat mengeluh.

Perlu diperhatikan bahwa nyeri perut dapat menyerupai gejala radang usus buntu. Letak usus buntu pada daerah perut sebelah kanan bawah dekat pangkal paha kanan. Jadi bila terdapat peradangan usus buntu akan terasa sakit bila ditekan di daerah perut sebelah kanan bawah, tetapi pada anak-anak perasaan nyeri perut dapat menjalar dan dirasakan pada daerah pusar sehingga kadangkala sulit dibedakan dengan nyeri perut pada demam berdarah dengue. Apalagi gejala radang usus buntu juga disertai dengan demam, muntah, dan nyeri perut. Pada pengalaman kami sekitar 2/3 penderita demam berdarah dengue pada anak besar dan dewasa mengeluh nyeri perut, oleh karena itu bila terdapat nyeri perut disertai demam tinggi harus waspada.

e. Tanda Perdarahan kulit
Pada awal penyakit demam berdarah dengue, tanda perdarahan yang terjadi adalah perdarahan yang tergolong ringan. Perdarahan kulit merupakan perdarahan yang terbanyak ditemukan. Bintik kemerahan sebesar ujung jarum pentul menyerupai bintik gigitan nyamuk.

Untuk membedakan bintik merah yang disebabkan oleh karena perdarahan pada demam berdarah dengan bintik karena gigitan nyamuk, carilah juga di daerah yang terlindung pakaian (misalnya dada dan punggung) sehingga hampir dapat dipastikan terlindung dari gigitan nyamuk. Kemudian coba tekan bintik merah tersebut: bila menghilang itu berarti gigitan nyamuk dan sebaliknya bila menetap itu adalah perdarahan kulit, juga pada perabaan pada gigitan nyamuk akan teraba menonjol sedangkan pada demam berdarah bintik tersebut rata dengan permukaan kulit.

Hal ini karena pada gigitan nyamuk bintik merah disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah sebagai akibat dari reaksi terhadap “racun” yang terdapat di dalam kelenjar liur nyamuk dan bukan karena perdarahan kulit. Bintik merah pada demam berdarah tidak bergerombol seperti halnya bintik merah pada campak, tetapi terpisah satu-satu.

Kapan anak harus dibawah ke rumah sakit ?

Anak yang diduga menderita demam berdarah akan mengalami bahaya bila mendapat syok dan perdarahan hebat. Untuk mencegah hal-hal tersebut, maka penderita dianjurkan dirawat di rumah sakit. Seseorang harus dirawat apabila menderita dianjurkan dirawat di rumah sakit. Anak harus dirawat apabila menderita gejala-gejala di bawah ini:

  • Demam terlalu tinggi (lebih dari 390C atau lebih)
  • Muntah terus menerus
  • Tidak dapat atau tidak mau minum sesuai anjuran
  • Kejang
  • Perdarahan hebat, muntah atau berak darah
  • Nyeri perut hebat
  • Timbul gejala syok, gelisah atau tidak sadarkan diri, nafas cepat, seluruh badan teraba dan lembab, bibir dan kuku kebiruan, anak merasa haus, kencing berkurang atau tidak ada sama sekali
  • Hasil laboratorium menunjukkan peningkatan kekentalan darah dan atau penurunan jumlah trombosit.
Artikel terkait :   Kenali gejala diabetes dan mencegahnya

Perlu diingatkan, pada saat mengantar penderita untuk dirawat; sesaat setelah tiba di rumah sakit segera beritahukan kepada perawat bahwa anak ini kemungkinan menderita demam berdarah. Pemberitahuan ini perlu disampaikan kepada perawat atau dokter yang menerima pertama kali untuk mendapat pertolongan lebih cepat. Penderita dalam keadaan kegawatan, memerlukan pertolongan segera dan makin cepat ditolong makin besar kemungkinan untuk sembuh kembali.

Fase apa saja yang dialami anak saat terkena demam berdarah?

Jika diperhatikan secara prosentase pasien, setidaknya 80% dari pasien yang terserang penyakit demam berdarah tidak menunjukkan gejala sama sekali. Ada juga yang hanya menyertakan gejala ringan seperti demam. Mereka yang terdeteksi mengalami infeksi yang berat dan juga nantinya mengalami masalah penyebaran penyakit yang lebih menyiksa lagi. Ancaman dari penyakit demam berdarah memang sepenting pemahaman kita akan penyakit ini. Gejala yang muncul bisa berlangsung setidaknya 3 hingga 14 hari setelah terkena virus tersebut.

Fase demam
Gejala demam berdarah biasanya digambarkan sebagai fase pelana kuda. Pada tiga hari pertama, suhu tubuh pasien akan naik sangat tinggi, hingga mencapai 40 derjat. Gejala ini akan diikuti gejala lain seperti sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan lain sebagainya. Sakit kepala ini akan menjadi lebih parah jika demam menjadi lebih tinggi. Namun, gejala demam berdarah dengue pada tahap ini bisa dikatakan tidak spesifik. Pasalnya, gejala yang sama bisa saja dialami sebagai bagian dari gejala penyakit lainnya. Oleh sebab itu, tindakan yang bisa diambil adalah memberikan obat penurun panas, seperti parasetamol, atau meminta bantuan dokter.

Fase kritis
Pada fase berikutnya, yakni fase kritis, demam akan turun. Namun, ini adalah fase yang sering membahayakan, karena pasien maupun keluarga akan menganggap kalau pasien sudah sembuh kembali dan bisa beraktivitas. Jika diperhatikan lebih seksama, gejala penyakit demam berdarah di fase ini adalah ruam atau bintik kemerahan pada kulit pasien sudah mulai terlihat. Ruam tersebut memiliki bentuk dan warna yang menyerupai campak. Bintik-bintik merah tersebut tidak akan hilang jika ditekan. Penyebab utama dari bintik-bintik merah tersebut pecahnya pembuluh kapiler.

Pasien bisa saja mengalami pendarahan ringan pada bagian hidung dan juga mulut. cairan akan menumpuk pada bagian abdomen dan juga dada yang mana dapat menimbulkan bocornya pembuluh darah, sehingga harus dibantu dengan transfusi. Oleh sebab itu, di fase kritis, pasien harus mendapatkan pertolongan medis, berupa infus cairan, dan pasien harus minum sebanyak mungkin. Fase ini juga ditandai dengan terjadinya penurunan kadar trombosit darah hingga di bawah 150.000. Hal ini hanya bisa diketahui melalui pengukuran secara medis.

Fase Penyembuhan
Di fase terakhir, suhu tubuh pasien akan naik kembali. Ini adalah periode penyembuhan, meski tidak semua penderita penyakit demam berdarah dengue akan mengalami fase ini. Periode penyembuhan ini juga ditandai dengan mulai naiknya kadar trombosit dalam darah.

Leave a Reply