HP android baterai tahan lama merk apa?

Jangan nyari HP dibawah 1 jutaan kalo ingin HP android baterai tahan lama. Tapi merk apa?. Banyak HP dengan memori besar dan prosesor super kencang, tapi tidak jarang mereka sangat boros pemakaian baterai. Tidak hanya boros baterai, pada saat tertentu, sering mengalami overhead atau baterai panas saat standby. Sebenarnya apa yang membuat HP android boros pemakaian baterai hingga sering bingung menentukan merk HP yang akan kita beli. Kalau diperhatikan, rata-rata kapasitas baterai yang ada dipasaran hanya berkisar dibawah 4000mAh, malah sering berkisar 2000mAh. Lalu bagaimana menyiasati boros baterai walau kita beli HP android ?. Apakah merk memiliki pengaruh untuk awet tidaknya baterai saat standby?. Dalam artikel tips teknologi berikut, akan kami ulas mengenai beberapa hal yang membuat HP android boros dalam pemakaian baterai.

Berapa minimal kapasitas baterai yang aman untuk HP android?

Mempunyai Ponsel pintar yang tahan lama pasti menjadi keinginan banyak orang. Termasuk saya pribadi, pernah dari pengalaman memiliki sebuah Smartphone dengan harga yang cukup murah, Niat memiliki Smartphone yakni agar lebih mudah menjalankan aplikasi jejaring sosial seperti facebook, BBM atau untuk browsing internet. Namun ketika ponsel selalu terhubung dengan Internet data, kapasitas Daya baterai cepat berkurangnya, alhasil, gak perlu nunggu berjam-jam, hanya butuh 1 sampai dua jam kurang saja, baterai HP langsung habis dan ponsel mati.

Kapasitas Baterai yang baik untuk Smartphone Android menurut kami minimal 2500mAh, semakin besar maka semakin baik. terkadang kita kurang memperhatikan mengenai spesifikasi baterai yang digunakan. Bahkan lebih cenderung kepada segi kemampuan seperti Prosessor yang digunakan, atau RAM, atau bahkan kualitas kamera. Padahal, kapasitas baterai sangatlah vital peranannya.

Bagaimana mengetahui baterai masih dalam kondisi optimal?

Langkah awal yang harus dilakukan untuk memeriksa kondisi baterai pada smartphone adalah dengan melihat kondisi fisiknya. Kondisi fisik pada baterai telah terbukti mampu menggambarkan kondisi baterai. Baterai smartphone yang ada dalam kondisi yang baik akan memiliki bentuk yang normal, sedangkan baterai smartphone yang sudah rusak biasanya cenderung memili bentuk abnormal seperti penyok ataupun gembung.

Kondisi penyok pada baterai dapat mengindikasikan kerusakan fisik luar baterai yang kemungkinan juga ada kerusakan pada komponel lempengan sel pada bagian dalam baterai. Jika baterai smartphone sudah penyok, maka kemungkinan besar tingkat ketahanan baterai akan jauh lebih rendah dibandingkan ketika baterai smartphone berada dalam kondisi normal, atau dalam kondisi penyok yang parah, kemungkinan besar baterai sudah tidak dapat digunakan kembali.

Artikel terkait :   Manfaat anti gores tempered glass

Selain itu, mengecek kondisi kesehatan baterai smartphone adalah dengan memutar baterai di bidang yang rata. Baterai memiliki komponen berupa lempengan sel baterai disertai dengan gel/cairan baterai.

Untuk mengecek kondisi baterai dengan cara ini, Anda diharuskan untuk mecopot baterai dari ponsel Anda terlebih dahulu, untuk selanjutnya diputas membujur searah jarum jam di atas bidang datar seperti meja ataupun lantai. Jika baterai smartphone Anda dapat berputar dengan lancar, maka dapat dipastikan baterai ponsel Anda sudah berada di ambang batasnya dan perlu untuk segera diganti.

Bagaimana mengetahui ketahanan baterai dari HP android yang baru?

Baterai smartphone yang berada dalam kondisi baik biasanya akan mengalami penurunan daya secara normal. Persentase baterai yang sehat akan berkurang satu persatu dan sesuai dengan tingkat penggunaan dari smartphone tersebut. Semakin sering atau semakin lama smartphone digunakan, maka tentunya daya baterai akan berkurang lebih cepat dari biasanya.

Jika daya baterai mengalami penurunan secara signifikan meskipun tidak banyak digunakan, maka dapat dipastikan baterai telah mengalami penurunan kapasitas daya. Kejadian seperti ini biasanya diakibatkan oleh umur baterai yang memang sudah uzur.

Adakah fitur untuk mengetahui kondisi baterai?

Di smartphone bersistem operasi Android, Anda dapat memanfaatkan fitur informasi baterai yang tersedia di ponsel Anda. Cara menggunakan fitur ini adalah dengan menghubungi code *#*#4636#*#*. Dengan menghubungi kode ini, Anda akan diperlihatkan beberapa informasi mengenai kondisi hardware yang ada pada ponsel pintar Android Anda.

Yang harus Anda lakukan untuk bisa melihat kondisi kesehatan baterai adalah memilih menu ‘battery information’. Dalam menu ini Anda akan disajikan beberapa informasi tentang baterai Anda seperti battery status, power plug, battery level, battery scale, battery healt, battery voltage, battery temperature, battery technology, dan time since boot. Dengan memanfaatkan informasi-informasi ini Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan baterai Anda dengan lebih mudah dan akurat.

Gunakan berbagai tools pemeriksa kesehatan baterai. Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek kondisi kesehatan baterai. Hampir di seluruh sistem operasi mobile untuk smartphone telah tersedia aplikasi tools pemeriksa kesehatan baterai ini. Dengan menggunakan aplikasi tools kesehatan baterai, Anda akan dapat melihat kondisi kesehatan baterai Anda seperti halnya ketika Anda melihat kondisi baterai dengan memanfaatkan fitur informasi hardware bawaan ponsel Android. kelebihan dari penggunaan aplikasi tools ini ada pada kepraktisannya. Hanya dengan menggunakn aplikasi ini, Anda akan mengetahui kondisi kesehatan baterai smartphone Anda secara lengkap dan jelas.

Artikel terkait :   Cara mengetahui pengguna wifi speedy

Lalu, merk apa yang baterainya awet dan tahan lama?

Banyaknya merk yang beredar di pasaran membuat pelanggan bingung memilih manakah merk yang benar-benar berkualitas. Utamakan untuk membeli baterai dengan merk besar, ternama dan sudah dikenal dalam waktu minimal 5tahun ke atas. Pemilik merk besar akan menjaga nama baik dan kualitas produk mereka. Tidak disarankan membeli baterai dengan merk yang belum terkenal, karena banyak ditemukan baterai seperti itu dengan kualitas yang sangat jelek dengan kapasitas yang sangat rendah dan tidak disertai ic protector yang dapat membahayakan ponsel.

Jangan memilih baterai dengan label kapasitas yang jauh lebih besar daripada baterai original bawaan. Banyak beredar baterai dengan ukuran yang sama dengan baterai original bawaan tetapi di labelnya kita menemukan kapasitas baterai yang jauh lebih tinggi dari label baterai original. Importir baterai tersebut sengaja mencetak label dengan kapasitas yang tinggi dengan tujuan untuk memikat pembeli dengan iming-iming baterai mereka berkapasitas yang tinggi dan akan lebih tahan dari baterai original, sedangkan kenyataannya baterai tersebut biasanya berkapasitas di bawah baterai original.

Merk-merk baterai yang dengan sembarangan mencantumkan kapasitas baterai yang jauh lebih besar, dipastikan tidak melewati standarisasi baterai. Hati-hati dengan bahaya kerusakan yang bisa ditimbulkan baterai yang tidak berstandar, yang dapat mengganggu penggunaan smartphone Anda, bahkan yang lebih parahnya lagi bisa meledak.

Yang terakhir, Harga menentukan kualitas. Harga merk baterai berkualitas selalu lebih mahal daripada merk baterai berkualitas jelek. Terutama masalah garansi, pilihlah merk baterai yang berani memberikan garansi. Garansi yang dimaksud disini bukan cuma jangka waktu garansi, melainkan sistem garansi. Artinya apabila baterai yang kita beli tidak tahan, akankah kita dipersulit untuk mengganti ataupun mengembalikan baterai yang kita beli.