HP Android sering panas?

Semakin banyak aplikasi yang gratis serta mudah di download melalui play store, banyak pula keluhan HP android sering panas saat digunakan. Apakah karena salah memilih aplikasi ketika download dan instal?. Ada pula keluhan hp yang hang atau macet saat menjalankan aplikasi. Hal ini sering membuat kita bertanya dan mencari sebabnya. HP yang sering panas tentu ada sesuatu yang tidak benar yang membuat kinerja HP menjadi menurun. Apa saja penyebab hp android sering panas?. Kali ini dalam tips teknologi akan membeberkan beberapa alasan dan akibatnya jika hp anda sering panas saat dipergunakan.

Walaupun kebanyakan Hp Android sering panas, tetap saja sebagai kita harus tahu batasan panas yang sering terjadi pada gadget. Panas yang terlalu melebihi kewajaran bisa saja menyebabkan terjadinya ledakan atau hal lain yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting bagi pengguna smartphone untuk mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android sering panas.

Apa penyebab HP sering panas?

Penyebab dari perangkat yang cepat panas sangatlah beragam, bisa terjadi karena terdapat masalah pada hardware, atau tak jarang pula yang disebabkan karena kesalahan dari kita sendiri. Biasanya, perangkat yang mengalami panas berlebih ini juga akan mengalami gejala baterai menjadi lebih boros karena memang suhu yang tinggi akan menurunkan kinerja baterai.

Apapun yang menjadi penyebabnya, masalah seperti ini tidak boleh dianggap remeh karena jika terlalu lama dibiarkan, panas yang berlebih akan menimbulkan efek samping pada perangkat seperti misalnya mempercepat kerusakan baterai atau bahkan mempercepat kerusakan perangkat itu sendiri.

Berikut beberapa penyebab hp android sering panas :

Penggunaan yang berlebihan. Terlalu sering menggunakan gadget untuk sms, telpon berlama-lama, chatting atau browsing. Atau bermain game terlalu lama juga bisa menyebabkan overheat, karena prosesor, GPU, dan komponen lainnya harus bekerja ekstra yang tentunya juga membutuhkan tenaga ekstra dari baterai, sehingga suhu baterai ikut meningkat karena aktivitas tersebut. Meski demikian, perlu dicatat bahwa sumber panas bukanlah sepenuhnya berasal dari baterai, tetapi yang paling sering menyebabkan panas adalah prosesor dari perangkat.

Artikel terkait :   Mengabadikan momen liburan dengan hp

Solusinya, gunakanlah perangkatmu sewajarnya. Penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan daya baterai lebih cepat terkuras alias boros. Pemakaian wajar juga bisa membantu menghemat baterai gadget milikmu.

Pengaruh kekuatan sinyal yang sering naik turun. Kekuatan sinyal juga berpengaruh pada naiknya suhu pada gadget. Jaringan atau sinyal yang lemah dan tidak stabil akan membuat gadget lebih cepat panas terutama jika digunakan untuk browsing. Hal ini terjadi karena gadgetmu akan terus mencari jaringan yang lebih baik jika sinyal yang didapatnya terlalu lemah yang (sekali lagi) menyebabkan gadget harus bekerja ekstra.

Solusinya, jika ingin browsing dengan gadget kesayangan, sebaiknya cari tempat yang lebih terbuka. Karena selain lebih sejuk, sering kali jaringan tersebut terhalang oleh tembok, sehingga sinyal yang diterima oleh gadget menjadi lemah. Terlalu memaksakan memilih jaringan (dengan mengunci jaringan di 4G atau 3G Only misalnya) juga bisa menyebabkan gadget menjadi cepat panas.

Wifi masih nyala walau tidak diluar jangkauan. Membiarkan konektivitas WiFi tetap menyala saat berada diluar jangkauan WiFi yang kamu gunakan juga merupakan salah satu penyebab mengapa suhu perangkat menjadi lebih tinggi, meski pengaruhnya tidaklah terlalu besar. Hal itu karena perangkat akan terus melakukan scan untuk menemukan konektivitas WiFi di sekitarnya jika ternyata jaringan yang digunakannya (sebelumnya) telah berada diluar jangkauan.

Solusinya, jika kamu menggunakan jaringan WiFi di rumah atau kantor untuk dapat terkoneksi dengan internet, maka jangan lupa untuk mematikan konektivitas WiFi pada perangkat kesayanganmu ketika kamu ingin bepergian. Hal ini akan sedikit menghemat baterai dan juga membantu mencegah naiknya suhu perangkat meski memang konektivitas selular (3G/EDGE dll) juga akan menaikkan suhu perangkat dengan cepat. Setidaknya hal ini dilakukan untuk meminimalisir.

Banyak aplikasi yang melakukan proses otomatis. Sering kali aplikasi yang kita jalankan sebelumnya masih tetap melakukan proses “dibalik layar” atau di background. Memang hal ini bukanlah sebuah masalah jika kapasitas RAM masih mencukupi untuk menampung mereka semua, namun akan menjadi masalah ketika data dari aplikasi yang berjalan melebihi kapasitas RAM yang ada sehingga akan lebih membebani kinerja prosesor.

Artikel terkait :   Cara mengetahui pengguna wifi speedy

Melakukan proses disini maksudnya adalah aplikasi masih benar-benar aktif karena sebelumnya kita tidak menutup aplikasi melainkan hanya me-minimize nya saja sehingga aplikasi akan terus memaksa prosesor untuk bekerja. Contoh yang biasa mimin alami adalah ketika membuka browser dengan beberapa tab sekaligus, namun mimin lupa menutupnya karena mimin kemudian membuka aplikasi lain sehingga ketika mimin membuka kembali aplikasi browser, ia akan menampilkan konten yang sama seperti terakhir kali mimin membukanya lengkap dengan beberapa tab yang mimin buka sebelumnya.

Batere sedang bermasalah. Menggunakan handphone pada saat sedang di-charge secara terus-menerus akan dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan bukan tidak mungkin juga pada perangkat hp itu sendiri. Kerusakan pada baterai hp ini biasanya ditandai dengan panas pada hp dan juga baterai yang sering drop (cepat kosong padahal baru saja diisi).

Selain karena penggunaan handphone pada saat dicharge, tegangan listrik yang tidak stabil juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Untuk kasus ini, anda dapat menukar baterai handphone anda dengan baterai yang baru (mungkin bisa anda coba dulu dengan menukar baterai hp anda dengan baterai hp teman anda yang serupa untuk memastikan apakah benar-benar kerusakan terdapat pada baterai anda), dan batasi untuk sebisa mungkin tidak menggunakan handphone pada saat sedang dicharge.

HP sedang bermasalah. Apabila semua langkah diatas telah anda lakukan tapi ternyata hp Android anda masih terasa cepat panas, maka bisa jadi terdapat kerusakan pada komponen di dalam handphone anda. Well, tidak ada solusi lain untuk permasalahan ini selain membawa handphone anda ke service center ataupun toko reparasi handphone yang terpercaya!

Leave a Reply