Hubungan sakit gigi dengan sakit kepala

Sakit gigi sampai ke kepala dan mata yang sering mengganggu kita beraktifitas. Lalu apa hubungan sakit gigi dengan sakit kepala?. Sering kita tidak merasa sakit pada gigi, tetapi malah langsung kerasa pusing sebelah pada sekita telinga dan mata. Sudah minum obat pusing tapi tidak berpengaruh, ternyata tetelah beberapa saat, baru kita sadar semua itu disebabkan oleh karena gigi kita yang sakit. Bagi sebagian dari kita yang pernah mengalaminya tentu paham dengan kondisi ini. Bukannya minum obat sakit gigi tetapi malah mengobati sakit kepalanya. Nah, sebenarnya apa hubungan sakit gigi dengan sakit kepala?. Bagaimana menangani sakit gigi agar tidak membuat sakit kepala berkelanjutan?. Dalam artikel hidup sehat berikut ini, kita akan membahas mengenai penanganan awal sakit gigi agar tidak menimbulkan sakit kepala.

sakit-gigiApakah sakit gigi pasti akan memicu sakit kepala?

Pada dasarnya saraf antara gigi dan kepala itu berhubungan, hal inilah yang membuat kita sering merasakan pusing seperti cenat-cenut saat sakit gigi datang, terlebih jika sakit gigi tersebut sudah lama atau parah. Maka rasa pusing ini bisa sangat parah. Bahkan beberapa kasus menunjukan pusing akibat sakit gigi ini bisa menyebabkan penderita meninggal secara mendadak. Maka dari itu jika Anda mengalami sakit gigi lebih baik lakukan penanganan secara secepatnya agar tidak menjadi semakin parah.

Biasanya saat kita sakit gigi, pastinya kita akan lebih sering menahan rasa sakit tersebut, padahal menahan rasa sakit ini tidaklah baik bagi tubuh, karena dengan manahan sakit gigi seperti nyeri. Akan membuat sistem saraf sensorik ataupun motorik menjadi terganggu, sehingga pada akhirnya menyebabkan munculnya sakit kepala. Biasanya sakit kepala akibat dari menahan sakit ini akan muncul disebelah kepala saja atau kerap disebut dengan sakit kepala migrain. Jika sakit gigi Anda berada di bagian kanan, maka sakit kepala migrain akan menyerang sebelah kiri, begitu pula berlaku untuk sebaliknya.

Artikel terkait :   Kandungan gizi dalam brokoli

Mengapa minum obat sakit gigi malah bikin sakit kepala?

Semua orang menganggap bahwa dengan konsumsi obat secara lebih banyak, maka sakit gigi mereka bisa sembuh dengan cepat, akan tetapi apabila Anda tahu yang sebenarnya. Cara tersebut sebenarnya tidaklah baik, karena pad a dasarnya obat yang terlalu banyak akan menaikan dosis yang pada akhirnya akan menimbulkan overdosis. Biasanya overdosis memiliki gejala awal dengan munculnya pusing yang sangat berlebihan. rasa pusing ini biasanya muncul setelah sa kit gigi sembuh. Maka dari itu jika Anda konsumsi obat sakit gigi, usahakan untuk memenuhi dosis atau aturan pakai agar Anda tidak mengalami berbagai macam gangguan kesehatan yang lebih berbahaya dari pada sakit gigi.

Kapan kita harus ke dokter gigi?

Jika seseorang mengalami sakit gigi dengan kriteria sebagai berikut sangat dianjurkan untuk memeriksakannya ke dokter gigi :

  • Bila ada tanda-tanda infeksi, seperti pembengkakan, nyeri ketika menggigit, gusi merah atau terdapat nanah.
  • Sakit gigi yang terus berlanjut selama lebih dari satu atau dua hari.
  • Sakit Gigi yang disertai demam.
  • Jika mengalami kesulitan bernapas atau menelan.

Untuk mengobati sakit gigi, dokter gigi pertamakali akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Dia akan mengajukan pertanyaan tentang rasa sakit, kapan mulainya, seberapa parah, pencetusnya, apa yang membuat rasa sakit lebih buruk, dan apa yang membuatnya lebih baik. Dokter gigi akan memeriksa mulut, gigi, gusi, rahang, lidah, tenggorokan, sinus, telinga, hidung, dan leher. Terkadang rongsen gigi atau pemeriksaan lanjutan lainnya juga diperlukan sesuai kecurigaan sang dokter mengenai penyebab sakit gigi yang pasien alami.

Setelah melakukan pemeriksaan kemudian menentukan tindakan atau prosedur terapi yang sesuai dengan penyebab sakit gigi yang Anda alami, cara seperti inilah yang akan membuat tuntas masalah sakit gigi.

Artikel terkait :   Cara menghilangkan racun dalam tubuh

Apa saja yang dilakukan untuk menangani sakit gigi berlubang?

Secara umum penanganan yang dilakukan untuk mengatasi sakit gigi antara lain:

Penambalan Gigi
Jika penyebab sakit gigi adalah gigi berlubang yang membuat lapisan saraf terekspos sehingga menjadikan gigi sensitif, seperti terasa sakit atau ngilu ketika tersentuh makanan atau minuman dingin, maka tindakan yang dilakukan adalah penambalan gigi.

Perawatan Saluran Akar
Dilakukan pada gigi berlubang yang lebih dalam, dimana jaringan saluran akar gigi (pulpa) mengalami infeksi. Pada perawatan saluran akar ini dokter akan membersihkan jaringan terinfeksi, kemudian menambalnya (butuh waktu beberapa kali kunjungan). perawatan saluran akar: Dibersihkan beberapa tahap lalu ditambal

Pencabutan Gigi
Pada beberapa kasus, gigi yang rusak tidak bisa diperbaiki, pada kondisi demikian jalan terbaik adalah dilakukan pencabutan gigi.

Pembersihan Karang Gigi
Karang gigi juga berpotensi menyebabkan sakit gigi, maka untuk mengatasi sakit gigi yang seperti ini harus dibersihkan karang giginya.