Jual mobil bekas berniaga dimana?

Jika anda ingin memiliki bisnis jual beli mobil bekas, apakah anda sudah mengetahui jual mobil bekas berniaga?. Bagaimana cara menampilkan iklan mobil bekas anda?. Berapa komisi yang harus diberikan kepada pihak pengelola?. Apakah menjual mobil bekas tanpa perantara lebih baik daripada melalui pihak ketiga?. Jual beli mobil berniaga memang memerlukan kesiapan dalam banyak hal, tidak bisa asal menjual dan mendapatkan keuntungan dari nilai penjualan. Jika anda memulai bisnis jual mobil bekas sendiri, sebaiknya anda mempelajari seluk beluk bisnis ini agar anda dapat memperoleh peluang lebih baik dan terhindar dari kemungkinan kerugian dan penipuan. Nah, dalam artikel berniaga ini, mari kita pelajari lebih lanjut mengenai bisnis bidang jual beli mobil bekas ini.

jual-mobil-bekasApakah peluang pasar masih tinggi untuk bisnis jual mobil bekas berniaga?

Sebagai sebuah kendaraan yang penting untuk digunakan berbagai keperluan dari bisnis hingga kepentingan pribadi, mobil saat ini memang menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki. Dengan kondisi transportasi umum yang tak juga kunjung membaik membuat keberadaan mobil menjadi yang terdepan bagi sebagian orang. Dan salah satu pilihan memiliki mobil yang kini juga mendapatkan tempat adalah pembelian mobil bekas.

Untuk bisa memiliki mobil bekas ini sekarang banyak cara dan pilihan yang bisa dipakai. Anda bisa mencari mobil bekas ini dengan cara menggunakan jasa perantara atau penengah (makelar), mendatangi showroom atau langsung mendatangi penjual yang berniat menjual mobilnya. Tentunya diantara tiga cara tersebut semua memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan.

Membeli mobil bekas melalui jasa perantara atau penengah (makelar) tentunya harus membuat Anda menyediakan budget tersendiri untuk komisi makelar tersebut yang telah mencarikan mobil untuk Anda. Namun bagi Anda yang sangat membutuhkan mobil bekas ini dengan cepat, maka memakai jasa perantara memang akan menjadi solusinya.

Sedangkan membeli ke showroom memang akan membuat Anda memiliki banyak pilihan mobil bekas untuk bisa Anda pilih, namun lagi-lagi budget yang harus Anda sediakan saat membeli mobil di showroom ini juga harus besar. Mengapa demikian? Ini karena showroom juga harus memberikan komisi pada setiap mobil yang terjual, maka harga mobil yang harus ditanggung pembeli akan membengkak.

Artikel terkait :   Memilih jasa pengiriman barang untuk bisnis

Harga mobil bekas yang murah menjadi peluang masih terbuka lebar

Untuk para pelaku bisnis, kondisi seperti ini tentu menjadi sebuah peluang yang begitu menjanjikan, dengan menekuni jual beli kendaraan, tentu ini akan membuat Anda semakin banyak pengalaman. Apalagi untuk sekarang ini, mobil bekas begitu diminati. Ini dikarenakan harga mobil bekas yang begitu miring namun manfaatnya hampir sama dengan mobil baru.

Bisnis jual beli ini semakin begitu banyak diminati. Hal ini terbukti hampir di setiap daerah telah banyak penjualan mobil bekas yang sering bertebaran. Bahkan di kota-kota besar ada banyak sekali penjual mobil. Mobil bekas memang banyak sekali di cari oleh masyarakat dikarenakan selain harganya yang begitu terjangkau, perkembangan gaya hidup masyarakat yang modern ikut terpengaruh dengan peningkatan jumlah mobil.

Bagaimana dengan persaingan jual mobil bekas yang sudah lama terjun?

Untuk saat ini, bisnts mobil bekas masih tergolong sangat sedikit akan tetapi tingkat keuntungannya masih sangat besar. Dengan menjual satu mobil bekas bisa dipastikan anda akan untung minimall juta. Hal ini tentu menjadikan bisnis ini memiliki prospek yang tinggi. Apalagi jika anda mampumemutar hasil penjualan dalam waktu yang singkat. Tentu kemungkinan rugi pun akan sangat kecil.

Selain itu, anda pun harus menciptakan persaingan dengan baik. Sebab, tidak menutup kemungkinan jika pesaing anda justru dapat menjadi relasi yang menguntungkan juga. Misalnya, ketika anda tidak memiliki modal atau mobil bekas, bisa saja anda bekerjasama dengan pesaing anda terse but kemudian mengambil keuntungan dari selisih penjualannya.

Apakah tempat yang strategis mempengaruhi cara menjual dengan cepat?

Berbisnis mobil bekas memiliki beberapa kriteria tersendiri dalarn memilih tempat. Untung menjaring calon konsumen maka pilihlah tempat yang ramai dengan orang. Seperti, di pinggir jalan, di dekat alon-alon kota, atau di mana orang- orang seringkali terlthat lalu-lalang. Selain itu, bisnis mobil bekas ini juga memerlukan tempat yang cukup luas untuk memarkir mobil. Dan akan lebih baik lagi jika anda menyediakan lahan untuk test drive mobil bekas.

Artikel terkait :   Cara promosi produk secara online

Untuk memiliki lahan tentu anda perlu modal besar. Namun, apabila anda tidak memiliki lahan sendiri, anda bisa memanfaatkan tempat orang lain. Dengan sistem kerjasama dan bagi hasil maka akan terjadi bisnis yang saling menguntungkan.

Apa saja tips paling tepat untuk memulai bisnis jual mobil bekas berniaga?

Berikut ini tips untuk memulai bisnis jual beli mobil bekas yang harus Anda ketahui, antara lain:

  • Siapkan modal. Tidak dapat dipungkiri, agar bisa terjun ke bisnis ini Anda memerlukan modal yang cukup besar, paling tidak 100 juta. Selain itu Anda pun harus mempunyai pengetahuan tentang seluk beluk mobil atau otomotif.
  • Perluas relasi. Lebih baik perbanyak relasi dengan membuat pertemanan hingga seluas-luasnya. Hal ini begitu penting di dalam menjalankan bisnis, dikarenakan awal Anda membuka sebuah bisnis, belum banyak orang yang mengetahui.
  • Pemilihan lokasi. Pilih lokasi showroom mobil. Pilihlah lokasi yang benar-benar strategis, atau tempat yang banyak kendaraan berlalu lalang di sana. Jangan lupa untuk mempertimbangkan harga tempat usaha dengan pendapatan yang akan Anda peroleh nantinya.
  • Jalin kerjasama yang baik dengan pihak finance. Sekarang ini memang tidak hanya mobil baru saja yang dapat di beli menggunakan cara kredit, namun mobil bekas pula. Oleh sebab itu Anda dapat menjalin sebuah kerjasama dengan lembaga finance.