Kabel hdmi yang bagus untuk TV LED

Kualitas gambar full HD pada TV LED memang membutuhkan kabel hdmi yang bagus. Tentu jauh berbeda dengan kualitas gambar dengan kabel RCA, banyak noise dan tidak optimal. Teknologi gambar dengan kualitas HD memang memerlukan kabel dengan kelas yang direkomendasikan. Jika diperhatikan, jika kita menghubungkan komputer atau laptop dengan kabel HDMI maka data yang tersambung ke TV LED sudah termasuk data audio juga dengan kualitas stereo. Tetapi ada beberapa kelas dan model kabel hdmi yang beredar di pasaran. Nah, agar kualitas gambar maupun suara lebih optimal tampil di layar TV LED anda, pilih kabel hdmi dengan kualitas yang bagus. Berikut dalam artikel tips teknologi akan kami jelaskan mengenai teknologi kanel hdmi yang ada dipasaran. Terutama bagi anda yang belum mengenal tekologi dalam kabel hdmi.

Apakah HDMI itu? Apa bedanya dengan kabel RCA?

HDMI adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface (Antarmuka Multimedia Definisi Tinggi) dan merupakan standar industri untuk menyambungkan perangkat audio dan video definisi tinggi. pada saat sekarang ini banyak kita jumpai misalnya penggunaan kabel HDMI (Hight Definition Mutimedia Interface), kabel ini sebenarnya mewakili keberadaan kabel RCA (biasanya 3 in 1) dan kabel lain yang kegunaannya berbeda, kabel HDMI merupakan kabel dengan fisik tunggal yang isinya sudah memiliki alur untuk Audio dan Video, penggunaan multimedia digital serta multikanal.

Dengan menggunakan kabel HDMI dipastikan kualitas gambar juga sangat baik terutama resolusi gambar, makanya banyak digunakan untuk perangkat elektronik (multimedia) yang sudah mendukung kualitas HD.

Di jaman ini fitur HDMI port disediakan oleh hampir kebanyakan produk elektronik di dunia sebagai alternatif fungsi digital menggantikan fungsi standard analog seperti , composite video, S-video, componen video, coaxial cable, VGA, dan lainnya. Port HDMI bisa digunakan untuk mengkoneksikan seluruh sumber audio dan video berbentuk digital seperti Disc Player, PC, Video game Console, monitor computer, dan telivisi digital serta Blu-ray.

Ada berapa macam kabel selain kabel HDMI?

Karena memiliki fungsi dasar yang sama, tetapi ada jenis kabel yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda beda, berikut jenis kabel yang sering digunakan untuk menghubungkan perangkat video audio ke tv :

1. Kabel VGA (Video Graphics Array)
Kabel Video Graphics Array atau lebih dikenal dengan VGA adalah kabel yang memiliki fungsi untuk mengirimkan sinyal video hasil pengolahan komputer untuk ditampilkan ke media keluarang seperti Proyektor dan Monitor supaya dapat pengguna lihat.

Kabel VGA ini sudah dapat digunakan pada komputer Cembung (CRT) dalam arti lain, kabel VGA ini sudah lama ditemukan. Jenis kabel VGA yang paling sering digunakan adalah kabel VGA 15 pin. Dibandingkan dengan DVI dan HDMI, kabel VGA masih dibawah kedua kabel tersebut, dalam kualitas maupun kemampuan yang dimiliki.

Artikel terkait :   Cara mengetahui pemilik akun twitter

Pemasangan kabel VGA atau yang sering dikenal dengan kabel Monitor ini sangatlah mudah, kita hanya perlu mencolokkan salah satu kabel ke CPU dan satunya lagi dicolokkan pada komputer.

2. Kabel DVI (Digital Video Interface)
Kabel jenis ini lebih sering digunakan untuk monitor LCD. Dari namanya saja sudah dapat kita simpulkan bahwa kabel DVI memiliki kualitas yang baik dari segi kemampuan. Kabel Digital Video Interface ini mampu menghilangkan noise pada video saat konversi analog maupun konversi digital. Jenis kabel DVI yang paling sering digunakan adalah yang memiliki 24 pin.

DVI memiliki fungsi yang sama dengan kabel VGA, hal mendasar yang dapat membedakan kabel DVI dan VGA berada pada kemampuan. DVI lebih unggul dan jika dibandingkan harganya, DVI masih tetap unggul.

Kabel DVI mampu untuk streaming video dalam kualitas tinggi (HD) dan dengan konektor Dual-Link, kabel DVI mampu hingga 2560 sampai 1600 pixel.

3. Kabel HDMI (High Definition Multimedia Interface)
Dibandingkan dengan kedua kabel sebelumnya, HDMI adalah rajanya. Kabel ini banyak digunakan untuk komputer/tv yang memerlukan resolusi tinggi (HD). Selain itu, Kabel HDMI memiliki bentuk yang sederhana dan lebih simple dibandingkan dengan pendahulunya membuatnya lebih mudah untuk dipasang. Salah satu kelebihan yang dimiliki, HDMI mampu menstream audio san video bersamaan dengan hanya menggunakan 1 kabel.

Apa kelebihan HDMI dengan generasi sebelumnya?

HDMI dikenal sebagai koneksi standard untuk semua peralatan keluaran terbaru yang memberikan kualitas transfer data terbaik saat ini. Tidak hanya menyajikan kualitas yang sangat baik, koneksi HDMIjuga memberikan kemudahan set up peralatan hanya dengan menggunakan sebuah kabel.

Dalam sebuah kabel HDMI, dapat menghantarkan 8 kanal suara dari sebuah player Hi-End dengan sempurna. Selain suara, sebuah kabel HDMI mampu menghantarkan data digital yang tidak dikompress dengan cepat, sehingga memberikan kualitas gambar dan data yang lebih sempurna.

Sebuah kabel HDMI mampu menghantarkan gambar 1080p – 4000p bahkan lebih untuk video HD. Bahkan kemampuan transfer datanya telah dipersiapkan untuk data yang lebih besar untuk teknologi baru di masa yang akan datang. Sebagai perbandingan, HDTV saat ini hanya menggunakan 1/2 dari bandwide yang dimiliki oleh HDMI yaitu sebesar 5 Gigabits.

Artikel terkait :   Memilih kabel data yang bagus

Kemampuan HDMI membuat hampir semua peralatan telah memberikan keluaran tersebut mulai dari peralatan Handycam, Game, Hand phone, DVR, Blueray player, DVD player, TV kabel bahkan komputer memberikan opsi output untuk dihubungkan ke TV melalui kabel jenis tersebut,

Apa kekurangan kabel hdmi?

HOMl merupakan teknologi yang masih cukup baru. Akibatnya tidak semua TV memiliki input model tersebut. TV keluaran model lama umumnya tidak memiliki colokan jenis ini. Selain itu, kabel HDMI juga memiliki harga yang lebih mahal.

Kabel HDMI tidak bisa dlbuat cabang seperti halnya dengan koneksi jenis lain. Berbeda halnya dcngan koncksi RCA, bila koncksi akan dibuat untuk beberapa ruangan, maka koncksi dcngan menggunakan HDMI akan mengalami kesulitan.

Ada berapa jenis kabel hdmi di pasaran?

Kabel HDMI di pasaran sangat banyak sekali menawarkan kelebihan, biasanya mereka mengunggulkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik namun anda perlu merogoh kocek yang sedikit lebih mahal. Menurut artikel yang bersumber dari CNET, semua kabel HDMI akan menghasilkan suara dan kualitas audio yang sama, meskipun anda membeli kabel yang mahal atau yang murah, kualitas yang anda akan dapatkan sudah tentu sama.

Ada beberapa jenis kabel HDMI yang perlu anda ketahui:

1. Kabel HDMI High speed dilengkapi Ethernet

2. Kabel HDMI High speed tanpa Ethernet

3. Kabel HDMI Standard speed dilengkapi Ethernet

4. Kabel HDMI Standard speed tanpa Ethernet

Perbedaan kabel HDMI High Speed dengan Standard adalah pada kemampuannya, untuk kabel standard mereka mampu menghadel kualitas gambar hingga 1080i, sedangkan untuk kabel high speed mereka mampu mengahandel diatas 1080i. Kebanyakan kabel HDMI yang anda temukan di pasaran, mereka sudah memiliki kualitas kabel high speed.

Untuk kabel HDMI yang dilengkapi Ethernet, itu berguna bagi anda saat televisi yang anda miliki ingin anda gunakan untuk mengakses internet langsung pada televisi anda. Untuk yang satu ini, anda harus memperhatikan betul jika kabel HDMI yang ingin anda beli nanti dilengkapi Ethernet atau tidak jika anda memiliki rencana untuk menghubungkan televisi anda dengan internet.

HDMI 2.0 sudah dirilis di pasaran, namun masih banyak produk yang belum mensupport HDMI 2.0 ini, dan berita baiknya, jika anda memiliki perangkat dengan HDMI 2.0, anda tetap bisa menggunakan kabel HDMI biasa untuk terhubung, kabel HDMI biasa akan kompatibel dengan perangkat yang dilengkapi HDMI 2.0

Leave a Reply