Kamera hp berembun dan buram

Seperti kaca, lensa hp juga bisa tumbuh jamur yang menghalangi cahaya masuk. Kamera hp berembun dan buram sering disebabkan lensa karena jarang dibersihkan atau tergores. Walau noda sekecil apapun yang ada pada area lensa hp akan mengakibatkan foto yang dihasilkan juga kurang sempurna. Karena kecilnya sehingga tidak begitu kelihatan dilihat dengan mata. Hal ini memang jarang terjadi pada kondisi hp yang terrawat serta mempergunakan case yang aman. Tetapi, bagaimana jika kondisi ini terjadi pada anda?. Lensa hp menyatu dengan mainboard sehingga tidak mudah kita gonta ganti dengan sparepart yang kita beli dan harus di bongkar ke tukang servis. Makanya kita perlu merawatnya agar tidak tergores atau berjamur. Bagaimana cara mencegah lensa kamera hp berembun dan buram?. Mari simak artikel dibawah ini.

Apa saja penyebab foto buram karena lensa hp bermasalah ?

Memang kamera menjadi sangat penting untuk sebuah hp di jaman sekarang. Karena kamera bisa bantu kamu capture peristiwa indah dan dengan cepat membagikannya ke sosial media. Akan tetapi apa yang terjadi bila kamera ponsel kamu burem?. Nah, ada beberapa kemungkinan mengapa kamera hp kamu burem dan terlihat berkabut.

Ada Baret – Terkadang baret halus memang tidak terlihat. Baret halus terjadi karena gesekan lensa luar kamera dengan partikel debu kecil. Nah jika anda sering meletakkan hp anda sembarangan, sebaiknya mulai sekarang di kurangi. Karena permukaan yang tidak bersih dan halus dapat merusak kamera luar kamera anda.

Solusi untuk masalah ini adalah, untuk menghilangkan baret halus pada kamera anda, bisa mengolesi lensa kamera dengan odol. Karena kandunganya dapat mengikis baret yang ada di lensa anda. Ingat jangan kebanyakan, karena semakin banyak odolnya maka dikhawatirkan lensa anda malah jadi semakin tipis ketebalannya karena di kikis odol.

Artikel terkait :   Membuat label undangan dengan excel

Kena debu – Terkadang debu memang menjengkelkan, karena sering nempel di lensa kamera kita. Apalagi kalau buat yang sering taruh ponsel di kasur yang debu kasurnya banyak, bisa jadi saking banyaknya debu yang nempel dipermukaan lensa.

Untuk problem yang satu ini kamu bisa mengatasinya dengan Minyak kayu putih. Tuangkan minyak kayu putih pada selembar tissue. lalu gunakan bagian basah yang terkena minyak kayu putih tadi untuk membersihkan debu yang menempel, karena minyak kayu putih akan mengangkat debu yang menempel.

Ada Embun di dalam lensa – kalau anda menaruh ponsel kamu di tempat yang lembab, kemungkinan mengembun bisa terjadi. Misalnya hp anda berada di celana dalam kondisi basah karena habis kehujanan. Ketika anda mengeluarkan pasti ada semacam putih putih di dalem lensa yang tidak dikeringkan.

Cara mengatasinya, bagian kamera pasti ada yang renggang kecil karena sanggup dimasuki udara. Karena udara tersebut yang membuat lensa mengembun maka anda cukup memberikan udara hangat kepada bagian kamera, hal ini bertujuan untuk menetralisir embun tadi supaya dapat terbawa oleh udara hangat. Anda bisa pakai hair dryer.

Apa penyebab lensa hp berjamur?

Ketika perubahan suhu dari ruang panas ke ruang dingin atau sebaliknya biasanya benda-benda berbahan kaca mengalami kondensasi atau berembun begitu pula dengan lensa kamera. Misalnya, ketika kita berada di dalam mobil ber-AC kemudan keluar dari mobil yang suhunya panas sambil membawa kamera pasti lensa akan mengembun. Embun ini hasil dari uap air yang menempel di atas kaca lensa yang berubah menjadi embun. Jika embun ini dibiarkan saja berulang-ulang terjadi akan menyebabkan permukaan lensa jamuran, berkarat atau malah korslet.

Artikel terkait :   Kamera hasil terbaik dengan kamera apa?

Hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk mencegah ini terjadi adalah ketika Anda akan berpindah dari suhu dingin ke panas atau sebaliknya simpan kamera dan lensa di dalam plastic kedap udara/ziplock. Tunggu sampai kamera atau lensa beradaptasi dengan suhu baru di dalam plastik dan pastinya akan menyesuaikan suhu sekitar dengan perlahan. Untuk menyesuaikan suhu ini bisa butuh waktu 10 -20 menit namun tergantung panjang lensanya. Lensa pendek dan sederhana seperti zoom 18-55mm atau fix 50mm biasanya waktunya sedikit dibandingkan lensa yang panjang.

Apabila lensa sudah mengalami kondensasi maka lakukan hal ini: jangan pisahkan kamera dengan lensa yang sudah terlanjur terpasang, masukkan ke dalam plastik dan keluarkan udara dari plastik tersebut. Anda juga bisa menggunakan silica gel atau beras untuk menyerap air.

Leave a Reply