Kapasitas power bank yang awet

Harga power bank yang murah dengan berbagai merk membuat kita selalu mengabaikan seberapa kapasitas power bank yang tepat dan awet untuk HP. Sering faktor harga membuat kita berpikir, semakin besar kapasitas mAh maka akan semakin baik, terlebih jika memang kita bisa membelinya dengan harga yang murah. Seiring persaingan harga yang murah ini, kadang kita mengabaikan faktor keawetan dari power bank itu sendiri, yang pada akhirnya mengakibatkan kerusakan pada HP karena kapasitas power bank yang kita pilih tidak sesuai dengan kemampuan HP untuk mengisi tenaga. Nah, dalam artikel tips teknologi berikut, kita akan ulas, berapa kapasitas power bank yang tepat untuk HP agar lebih awet.

kapasitas-power-bankAnda sebaiknya tidak begitu saja tergiur dengan power bank berharga murah namun punya kapasitas yang besar. Salah memilih, justru akan membuat gadget anda rusak. Jika demikian, bukankah kocek yang anda butuhkan untuk perbaikan akan jauh lebih mahal daripada budget yang anda keluarkan untuk membeli power bank? Maka dari itu, perhatikan hal – hal apa saja yang harus anda pertimbangkan untuk memilih dan menggunakan power bank. Berikut ulasan cara memilih power bank yang paling tepat buat anda:

Pilih Power bank dengan Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Cara memilih power bank yang paling pertama adalah dengan menentukan kebutuhan. Kita sendiri tahu bahwa fungsi utama power bank adalah untuk pengisian daya, sesuai kebutuhan. Berapa kali kawan Begawei harus mengisi ulang daya gadget anda? Pastikan power bank yang anda gunakan dayanya sama atau lebih besar daripada daya yang dibutuhkan gadget. Contoh mudahnya, jika anda menggunakan smartphone OPPO R5 yang membutuhkan daya 2000 mAh. Pastikan power bank yang anda pakai berdaya lebih besar, misalkan 8600 mAh.

Jadi akan bisa untuk me-recharge lebih dari empat kali. Hitungan itu adalah hitungan kasar, karena pasti akan ada daya yang hilang ketika pengisian. Selain bisa digunakan beberapa kali, memilih daya power bank yang lebih besar daripada kebutuhan daya gadget akan membuat anda tidak perlu bolak – balik me –recharge power bank. Jadi cara memilih power bank dengan memperhatikan kebutuhan anda perlulan anda perhatikan.

Bermacam – macam Konektor Bukan Jaminan

Nah sekarang kita masuk tips kedua untuk cara memilih power bank yang membahas tentang Konektor. Saat ini sendiri di pasaran beredar begitu banyak merk dan jenis power bank. Masing – masing juga menggunakan kelengkapan yang berbeda – beda. Kebanyakan mereka menawarkan konektor dengan berbagai macam bentuk. Hal ini juga banyak menarik minat konsumen karena akan bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis gadget.

Artikel terkait :   Tips memilih power bank yang awet

Bermacam – macam konektor yang ditawarkan dengan harga yang murah, tentu menjadi perhatian. Salah – salah, penggunaan konektor yang tidak berkualitas akan menyebabkan arus pendek pada gadget anda. Justru berbahaya bukan? Maka dari itu, Begawei sarankan untuk tetap menggunakan konertor original bawaan gadget saat mengisi baterai dengan power bank.

Pilih Power Bank dengan Fitur – Fitur Keamanan

Cara memilih power bank kali ini cukuplah penting karena sering kali terlewatkan saat kita memilih power bank. Harga murah dengan kapasitas bersar dan bentuk yang unik, membuat kita tidak memperhatikan fitur – fitur pendukung keamanannya. Ada beberapa fitur yang menyertai power bank. Misalnya “Short Circuit Protection”. Fitur tersebut melindungi power bank dan gadget yang sedang di charge jika terjadi arus pendek. Fitur keamanan berikutnya adalah “Over Charging protection”. Mungkin anda salah satu yang suka kelupaan mengisi daya ponsel dengan power bank sampai ditinggal tidur semalaman. Nah, fitur ini otomatis akan memutus aliran listrik jika pengisian sudah penuh. Ini melindungi gadget anda dari daya yang berlebihan, yang justru akan merusak gadget.

Merek dan Keaslian Power Bank

Pelajari merek power bank yang akan anda beli. Apakah merek ini mempunyai komentar atau review yang bagus dari user yang pernah memakainya. Merk power bank yang bagus misalnya Yoobao, Romoss, Enerpad yang sudah terkenal dari segi kualitasnya. Karena banyak merek China yang masuk ke Indonesia maka coba cari dahulu merek ini di Internet untuk reputasinya sebelum membeli. Keaslian power bank juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting mengingat banyak produk palsu yang banyak masuk ke Indonesia. Pastikan anda mengetahui ciri-ciri power bank yang asli seperti apa.

Jangan Terpancing Dengan Harga Murah

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah beli power bank yang penting “MURAH”, ini paling sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana mungkin dengan harga murah anda bisa mendapatkan power bank yang bagus? Justru hal ini malah dimanfaatkan oleh pedagang untuk menjual power bank murah tetapi kualitasnya jelek. Jadi hati-hati jangan terpancing dengan harga murah saja.

Artikel terkait :   Memilih power bank yang tepat

Jangan terpancing dengan Power Bank Murah Kapasitas Besar

Kesalahan kedua adalah terpancing dengan kapasitas yang besar tetapi harganya murah. Misalnya power bank 88.000mAh dengan harga 200.000, sedangkan ada power bank 10.400mAh dengan harga 225.000. Apakah masuk akal? Power bank dengan kapasitas 88.000mAh harganya bisa lebih murah daripada kapasitas 10.400mAh. Dan lagi jika anda perhatikan ukuran dari power bank 88.000mAh itu pasti tidak begitu jauh berbeda dengan yang 10.400mAh. Semakin besar kapasitas power bank maka ukuran power bank akan semakin besar.

Sesuaikan Power Bank dengan Kapasitas Baterai Android

Dalam memilih power bank berkualitas dengan kondisi yang bagus, kita yang pertama perlu perhatikan adalah mengenai penyesuaian kapasitas baterai yang ada pada smartphone anda dengan kapasitas daya pada power bank. Dengan menyesuakan kapasitas baterai dengan power bank, maka itu akan sangat bagus jika keduanya sesuai dengan daya nantinya, tujuanya untuk memberikan kenyamanan yang lebih lama lagi nantinya.

Contohnya jika anda memiliki smartphone android dengan kapasitas baterai 4000 mAh, maka alangkah lebih baik jika anda memilih power bank denga kapasitas tampung daya baterai diatas kapasitas baterai smartphone android. Dengan memiliki kapasitas power bank yang lebih besar dari kapasitas baterai, maka akan lebih nyaman nantinya karena power bank dapat menampung daya lebih besar untuk memberikan daya pengisian terhadap baterai smartphone.

Jika kita memilih power bank dibawah kapasitas baterai smartphone tersebut, maka itu akan percuma saja sebab anda jika membeli power bank yang kapasitas dibawah kapasitas baterai yang tidak akan mengisis 100% terhadap baterai oleh power bank.

Kesimpulanya kita harus memilih power bank yang kapasitasnya lebih besar, supaya power bank yang anda beli nantinya dapat mengisi baterai dengan penuh dan bahkan bisa digunakan lagi sisanya nantinya. Pemilihan power bank yang memiliki kapasitas kecil akan terasa cepat habis saja, padahal kapasatas yang tidak seimbang itu tidak bagus. Oleh sebab itu pastikan bahwa anda membeli power bank yang memiliki kapasitas lebih besar daripada kapasitas baterai smartphone android.