Kenali gejala diabetes dan mencegahnya

Pola hidup sehat – Jika anda sering mengalami kesulitan kencig, itu suatu pertanda gangguan saluran kencing. Kenali gejala diabetes dan mencegahnya sebelum berakibat lebih buruk dengan konsumsi resep tradisional untuk menghindari keluhan kencing manis karena penyakit diabetes. Kencing manis dan kesulitan kencing menjadi pertanda awal dari penyakit ini, disamping beberapa pertanda lain yang nanti kita bahas secara detail. Penyakit diabetes melitus dapat dialami oleh semua orang jika kita kurang memperhatikan pola hidup sehat dengan benar dengan tidak memperhatikan konsumsi makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita dengan berbagai macam gejala diabetes yang terjadi.

buah-mengkuduMengikuti anjuran ahli kesehatan penyakit dalam, dalam hal ini yang berhubungan dengn ginjal, pentingnya mengenali sejak dini tentang penyakit diabetes merupakan suatu kesempatan bagi anda untuk mengendalikan gula darah bahkan mencegah timbulnya diabetes pada tubuh anda. Untuk mendeteksi pengidap diabetes yang utama yaitu dengan melakukan pemeriksaan gula darah.

PENYEBAB PENYAKIT DIABETES MELLITUS
Salah satu penyebab utama penyakit diabetes adalah bahwa apabila makanan kelebihan kandungan insulin, pankreas akan mengalami tekanan dan melemah. Hingga akhirnya pankreas tidak bisa menjalankan fungsinya. Maka, kadar gula darah pun akan merambat naik dan terus meningkat hingga akhirnya muncul penyakit diabetes.

Selain itu, diabetes melitus bisa terjadi bisa disebabkan oleh ada nya yang akan mempengaruhi naik nya kadar gula darah di dalam tubuh, dan tidak dapat diolah dengan baik akan menyebabkan penyakit gula. naik nya kadar gula darah di dalam tubuh bisa terjadi karena dipengaruhi oleh hormon atau pun makanan. pengaruh dari penggunaan alat kb yang akan mempengaruhi hormon di dalam tubuh, akan menyebabkan penyakit gula.

Penyakit diabetes melitus pun bisa di sebabkan oleh makanan, makanan yang bisa meningkatkan berat badan dengan cepat seperti hal nya makanan yang mengandung banyak lemak, dan banyak gula tidak baik untuk kesehatan karena selain menyebabkan kegemukan juga akan menyebabkan kadar gula darah naik. Minuman pun juga bisa menjadi penyebab penyakit gula, minuman yang bisa menyebabkan penyakit gula yaitu minuman yang memiliki kandungan gula, soda atau pun alkohol, karena minuman tersebut bisa meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh terlalu tinggi sehingga akibat buruk nya akan menyebabkan penyakit gula.

Artikel terkait :   Ciri ciri penyakit usus buntu

GEJALA DIABETES MELLITUS
Bagi anda yang tidak beitu memperhatikan kesehatan tubuh anda karena kesibukan kerja, mulailah dari sekarang untuk memperhatikan perubahan sekecil apapun dari tubuh anda. Ketika sering mengalami kejadian yang akan membuat tubuh selalu merasakan lapar dan juga haus, tanpa ada nya alasan yang jelas maka ada kemungkinan jika kadar gula darah di dalam tubuh terlalu tinggi menderita penyakit gula.

Penyakit diabetes mellitus pun akan menyebabkan kondisi tubuh penderita nya lemas dan juga mengalami penurunan berat badan. Dan ketika buang air kecil pun ada kotoran yang dinamakan keton dari otot dan juga lemak yang kurang zat insulin di dalam tubuh. Terjadi nya infeksi pada mulut atau pun pada saluran kemih pun bisa terjadi akibat penyakit gula. dan penderita penyakit gula tidak hanya kadar gula darah nya saja yang tinggi, tetapi tekanan darah nya juga tinggi. Dibeberapa kasus yang dialami pria adalah terjadinya ejakulasi dini karena gejala diabetes.

MENCEGAH PENYAKIT DIABETES MELLITUS DENGAN RESEP TRADISIONAL
Untuk mencegah penyakit diabetes mellitus, sebaik nya mulai diobati ketika gejala penyakit mulai di rasakan. Jika ingin mengobati penyakit gula maka bisa dengan menggunakan obat penyakit gula alami, yang akan menurunkan kadar gula darah. oleh sebab itu berikut obat penyakit gula :

Pare
Pare mengandung kalori yang sangat rendah, yaitu hanya tujuh kalori dalam 100 gramnya. Sayur pahit ini juga kaya akan fitonutrisi seperti antioksidan, vitamin, mineral dan serat makanan. Manfaat gizi pare termasuk kandungan flavonoid, seperti zeaxanthins, lutein, alfakaroten, dan betakaroten – ditambah juga dengan insulin tanaman yang dianggap bisa mengurangi kadar gula darah. Terdapat juga agen hipoglikemik yang dikenal dengan charantin. Charantin membantu meningkatkan sintesis glukogen dan pengambilan glukosa dalam sel-sel jaringan adiposa, otot, dan hati.

Artikel terkait :   Manfaat jeruk lemon di pagi hari

Daun kemangi
Daun kemangi biasa nya di gunakan untuk menghilangkan bau badan, dan belum banyak yang mengetahui jika daun kemangi bisa di gunakan menjadi obat penyakit gula. Selain itu khasiat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri, virus dan jamur serta kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

Daun sambiloto
Penyakit gula bisa diatasi dengan menggunakan obat penyakit gula dari daun sembiloto. Karena itu daun sambiloto bisa di rebus untuk mendapatkan air rebusan nya yang akan di gunakan menjadi obat obat penyakit gula yang akan menurunkan kadar gula darah. Zat etanolik pada sambiloto dapat mencegah terjadinya hiperglikemik dan menurunkan stress oksidatif berdasarkan percobaan terhadap tikus diabetes. Sedangkan penelitian lain yang memberikan herbal dengan fortifikasi sambiloto sebanya 50 mg dan 100 mg selama 60 hari menunjukan penurunanan signifikan gula darah, meningkatkan kadar insulin plasma dan glikogen hepatik serta hemoglobin total.

Buah mengkudu
Adanya antidiabetes di dalam pare dipercaya mampu menekan resiko diabetes pada anda. Selain itu  kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare sehingga mampu mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan.  Sebenarnya, rasa pahit pada sayur pare ini tersimpan nutrisi lebih seperti kandungan karbohidrat, pigmen dan albumnoid. Masing-masing kandungan itulah yang memiliki khasiat luar biasa dan seringkali digunakan sebagai obat dapat bekerja dengan rasa pahitnya sebagai penurun dari kadar gula yang lebih cenderung untuk naik.

Dengan konsumsi banyak sayuran hijau, yang mengandung nutrisi antioksidan akan memberikan dampak positip bagi tubuh untuk mencegah penyakit diabetes mellitus. Kenali gejala diabetes semenjak awal, dan lakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat.

One Comment

Leave a Reply