Telapak tangan berkeringat dingin?

Telapak tangan memiliki banyak pembuluh darah, jika telapak tangan berkeringat dingin walau tidak sedang beraktifitas berat, perlu diperhatikan kondisi kesehatan anda. Banyak juga keluhan yang dialami oleh penderita jantung dan hipertensi yang sering mengalami keluar keringat dingin berlebih pada telapak tangan. Tetapi belum pasti keluar keringan dingin pada telapak tangan adalah karena ada gangguan pada organ jantung. Memang beberapa pendapat menyatakan ada hubungannya anatara telapak tangan dengan organ jantung. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab telapak tangan berkeringat dingin, mari kita simak penjelasan berikut.

keringat-dinginMengapa tubuh mengeluarkan keringat?

Keluarnya keringat pada bagian tubuh, termasuk telapak tangan adalah reaksi tubuh untuk pendinginan. Tetapi jika anda sering berkeringat berlebih meskipun cuaca sedang tidak panas atau Anda tidak sedang sehabis berolahraga atau Anda sering merasakan telapak tangan dan ketiak Anda sangat basah.

Menurut bidang ilmu kedokteran dan beberapa diskusi yang membicarakan mengenai sistem sekresi pada tubuh manusia, munculnya keringat merupakan mekanisme normal dari dalam tubuh sebagai upaya untuk mendinginkan diri. Keluarnya keringat dari dalam tubuh secara berlebih ini disebut juga dengan istilah Hiperhidrosis. Pada area tertentu seperti telapak tangan dan ketiak akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori kulit.

Keluarnya keringat secara efek setelah melakukan aktivitas atau kegiatan yang menggunakan tenaga maka temperatur atau suhu tubuh anda akan meningkat. Pada kondisi inilah kelenjar keringat secara otomatis akan dipicu oleh sistem saraf untuk berkeringat sebagai upaya dalam mendinginkan diri. Penderita Hiperhidrosis menyebabkan saraf mempunyai kendali penuh dalam memicu kelenjar keringat menjadi over aktif. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh berkeringat meskipun berada pada kondisi yang tidak diperlukan.

Artikel terkait :   Ciri obat pelangsing berbahaya

Apa penyebab tubuh mengeluarkan keringat ?

Berkeringat tentu saja sangat normal dan tidak menunjukan adanya gejala gangguan kesehatan pada tubuh manusia. Namun apabila produksi dari kelenjar keringat ini terjadi secara berlebihan sedangkan anda tidak melakukan aktivitas atau kegiatan yang memerlukan tenaga maka ada beberapa tanda atau gejala yang perlu anda ketahui penyebabnya.

Pengaruh Kondisi Psikologis
Ketika otak merasa terancam dan timbul rasa cemas bahkan rasa tidak aman maka kelenjar keringat akan memproduksi keringat dalam kapasitas yang lebih banyak dari biasanya. Psikologi manusia secara tidak langsung dapat berpotensi membuat bagian tubuh tertentu seperti, telapak tangan atau kaki berkeringat. Selain itu, faktor neurologis juga turut beperan dalam berlebihnya produksi kelenjar keringat yang dikeluarkan oleh tubuh.

Respon Tubuh
Ketika tubuh melakukan aktivitas berat bahkan olah raga berat maka, kelenjar keringat akan terproduksi secara alami. Keluarnya keringat ini merupakan hal yang normal sebagai respon tubuh setelah beraktivitas.

Gejala Penyakit Jantung
Keringat berlebih yang keluar melalui pori-pori kulit juga, dapat dijadikan indikasi adanya permasalahan pada kesehatan fungsi jantung. Namun asumsi ini tidak sepenuhnya dapat menentukan seberapa sehat atau ada tidaknya gangguan kesehatan pada jantung anda. Jika anda menderita keringat berlebih hingga menetes, segera konsultasikan ke pihak medis untuk ditindak lanjuti lebih dini sebelum semakin menjadi semakin parah.

Produksi Keringat Tidak Normal
Dengan adanya gejala gangguan kesehatan seperti keringat berlebihan, pada bagian tubuh tertentu akan menghambat kinerja dan aktivitas anda sehari-hari. Keringat berlebih ini disebabkan oleh kelenjar keringat yang memproduksi keringat secara tidak normal atau melebihi normal. Hal ini tentu saja menunjukan adanya kelainan pada jaringan keringat dari dalam tubuh.

Artikel terkait :   Makanan penambah darah untuk ibu hamil

Dari ke empat jenis penyebab keluarnya keringat tersebut diatas, tentunya memiliki ciri yang berbeda. Anda dapat mengklasifikasikan apa yang terjadi pada telapak tangan anda saat berkeringat. Apakah normal sebagai respon tubuh karena aktifitas, atau karena ada yang perlu anda periksakan lebih lanjut ke dokter?.

@Tips bermanfaat – 2016

Leave a Reply