Kepala pusing saat bangun tidur siang

Semestinya istirahat membuat tubuh menjadi segar. Tetapi mengapa kepala pusing saat bangun tidur siang?. Apakah terlalu lama tidur atau karena salah posisi tidur sehingga kepala menjadi pusing ?. Tentu ini tidak sedikit orang pernah mengalaminya, dan kondisi ini juga tidak berlangsung lama. Walaupun begitu, tentu ada berbagai pertanyaan mengenai penyebab kondisi ini terjadi agar tidak menjadikan keluhan ini sering dialami setiap kali tidur siang. Padahal tujuan tidur siang adalah untuk mendapatkan kesegaran tubuh kembali untuk melakukan aktifitas selanjutnya. Nah, apa kata ahli medis mengenai hal ini?. Pola hidup sehat seperti apa yang perlu dilakukan agar tidur siang kita tidak menimbulkan keluhan sakit kepala.

bangun-tidur-siangMengapa tidur siang bisa mengalami kepala pusing?

Pakar kesehatan di seluruh dunia telah mengatakan bahwa pada saat tidur, seluruh indra kita tidak boleh menerima rangsangan. Apabila salah satu dari indera kita menerima rangsangan, maka otak kita tidak akan bisa rileks. Dalam arti saat bangun nanti otak anda tidak bisa fresh karena yang tidur hanyalah tubuh anda, otak anda masih bekerja sebagaimana mestinya. Sejauh ini mengerti?

Nah, pada saat tidur siang biasanya mata kita masih menerima rangsangan berupa cahaya kecil yang sedikit menembus kelopak mata. Dengan begitu, otak anda tidak bisa rileks. Nah, lantas apa hubungannya dengan kepala pusing?

Bayangkan saja tubuh anda dalam keadaan rileks sedangkan otak masih panas seperti sedang menghitung soal matematika. Tidak seimbang bukan? Nah, ketidakseimbangan ini membuat otak anda menerima respon yang berbeda dari segala arah. Otak akan bingung harus memberi respon rileks atau fokus. Oleh sebab itu secara otomatis kepala kita akan terasa sakit.

Artikel terkait :   Bahaya dehidrasi pada ibu hamil

Apakah suatu tanda memiliki penyakit vertigo?

Menurut wikipedia, Vertigo adalah pusing yang disebabkan adanya gangguan keseimbangan pada bagian dalam telinga. Pusing yang ditimbulkan biasanya disertai sensasi berputar seolah ditarik ke alam lain. Di banyak kasus, penderita vertigo juga disertai gangguan pendengaran.

Gejala lain dari vertigo adalah mual, nyeri otot, peka pada cahaya, dan mudah lelah. Jika kita mengalami gangguan pusing kepala setelah bangun tidur disertai gangguan pendengaran, periksa segera ke dokter agar didiagnosa.

Tekanan darah rendah, apakah bisa jadi pemicu?

Ketika kita tidur dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan, kemungkinan besar kita akan merasakan pusing ketika bangun. Solusinya, minum air putih secukupnya sebelum tidur, atau sediakan air putih di samping tempat tidur sehingga begitu bangun tidur kita merasa pusing, langsung bisa kita minum.

Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Vitamin B12 berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah. Jika kekurangan, maka akan timbul anemia yang menyebabkan tekanan darah menurun. Selain mudah pusing, efek lain dari kekurangan vitamin B12 adalah mudah mengantuk, mudah kesemutan, tak tahan sinar matahari dan selera makan berkurang.

Sering – seringlah makan makanan yang mengandung vitamin B12 seperti hati, dada ayam, daging sapi, telur, yogurt, oatmeal, tahu, tempe serta susu agar tidak mudah terkena tekanan darah rendah serta tidak mudah pusing setelah bangun tidur.

Apakah karena pengaruh obat-obatan yang sedang dikonsumsi?

Obat-obatan memang memiliki khasiat masing-masing. Obat sakit kepala mempunyai khasiat meredakan atau menghilangkan sakit kepala. Obat flu berkhasiat meredakan dan mengobati flu. Obat sakit perut berkhasiat mengobati sakit perut. Begitu pula yang lainnya.

Artikel terkait :   Benarkah mandi malam penyebab rematik

Namun, hampir semua obat – obatan juga memiliki efek samping bagi peminumnya. Diantara berbagai efek samping yang ada, pusing kepala adalah salah satunya. Obat yang memiliki kandungan diuretik, analgesik, transquilizer, anticonvulsant adalah diantara obat-obatan yang memiliki efek samping pusing kepala terutama setelah bangun tidur.

Jika karena suatu hal Anda harus meminum obat, jangan lupa baca aturan pakai, kandungan, serta efek samping yang ada dalam kemasan. Kalau obat tersebut dari dokter, jangan sungkan untuk bertanya efek samping obat yang diberikan.

Sering cemas dan sedang banyak pikiran juga bisa memicu sakit kepala?

Rasa cemas dan gelisah yang terbawa tidur membuat nafas kita keluar masuk secara cepat sehingga mengganggu keseimbangan antara oksigen dan karbondioksida. Efeknya, pembuluh arteri menjadi sempit dan ketika bangun tidur kepala akan terasa pusing.

Solusinya, kalau kita punya permasalahan, selesaikan permasalahan tersebut sesegera mungkin agar tidak terbawa tidur. Andai permasalahan belum juga selesai, sadarilah bahwa masih ada hari esok untuk berfikir dan menyelesaikan masalah. Sekarang adalah saatnya istirahat.