Khasiat daun sirih merah untuk hipertensi

Hipertensi dapat diderita oleh setiap orang jika mengabaikan pola hidup sehat. sedikit orang mengetahui khasiat daun sirih untuk hipertensi dan menganggap daun sirih hanya untuk orang-orang tua. Daun sirih merupakan tanaman menjalar yang mudah ditanam dengan media tanah atau hidroponik. Daun sirih oleh para orang tua dulu dipakai untuk memutihkan gigi dan tulang, ternyata setelah diteliti lebih lanjut, nutrisi yang terkandung didalamnya dapat berfungsi mengontrol tekanan darah sehingga sangat baik untuk penderita hipertensi.

daun-sirih-merahSelama ini, orang mengenal tanaman sirih berdaun hijau yang secara turun temurun dimanfaatkan untuk mengatasi beragam keluhan seperti mimisan, mata merah, keputihan, membuat suara nyaring, dan banyak lagi. Khasiat daun sirih sudah teruji secara klinis. Hingga kini, penelitian tentang tanaman ini juga terus dikembangkan dan terutama untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Daun sirih merah ini sudah banyak dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Menurut keyakinan orang Jawa, daun sirih merah mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti ambeien, sebagai anti mikroba dan sering juga digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut. Selain itu, hal yang paling umum dari manfaat daun sirih merah adalah untuk mengurangi keputihan, salah satu manfaat dari daun sirih merah adalah sebagai antiseptik. Segudang manfaat dari daun sirih merah dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan senyawa aktif seperti alkaloid, polevenolad, flavonoid, tanin, dan minyak atsiri. Senyawa alkaloid mempunyai sifat antineoplastik yang ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, sedangkan senyawa polevenolad dan flavonoid bersifat antikanker, antioksidan, antidiabetik, antiseptik dan antiinflamasi.

Mengapa harus daun sirih merah?

Artikel terkait :   Penyebab gusi bengkak dan bernanah

Sebagai tanaman obat, manfaat sirih tak diragukan lagi. Jika selama ini orang lebih mengenal sirih berdaun hijau dengan kandungan antiseptiknya, kini ada jenis sirih merah yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang lebih beragam. Tumbuhan daun sirih merah ini mengandung berbagai macam zat kimia, Adapun kandungan yang dapat kita peroleh dari tumbuhan ini adalah seperti adanya kandungan (Allylprokatekol, Alkaloid, Kandungan cineole, Kandungan ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, Minyak astsiri) Dan masih banyak lagi manfaat kandungan dari daun sirih merah tersebut.

Sirih merah dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia seperti, Dapat memberikan anti kanker alami, antioksidan, sebagai tumbuhan anti-inflantasi anti septic, dan antideabetik. Mengapa daun sirih merah dapat memberikan manfaat sebegitu banyak dan besarnya, Hal ini di karenakan tumbuhan sirih merah mengandung Zat (Flavonoid polivenol).

Tidak berhenti begitu saja sirih merah juga dapat bermanfaat sebagai salah satu obat alami analgesic atau yang terlebih populer yang sangat di kenal masyarakat sebagai obat alami penenang. Hal ini di perkuat dengan adanya senyawa (eugenol) yang terkandung pada sirih merah tersebut. Kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Bagaimana meramu daun sirih merah untuk hipertensi?

Untuk pengobatan hipertensi dengan daun sirih merha dianjurkan untuk merebus 3 – 5 lembar daun Sirih Merah dengan tiga gelas air, didihkan sampai air tinggal 2 gelas, dan air rebusan dibagi tiga untuk diminum tiga kali sehari sebelum makan sampai badan terasa normal kembali.

Daun sirih merah sering digunakan sebagai obat pada klinik herbal sebagai bahan terapi terhadap seuatu penyakit, salah satunya hipertensi. Hal ini dimungkinkan relatif aman pada penderita penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan obat kimia atau memang sengaja dilarang menggunakan obat kimia. Sejak zaman dahulu, sirih merah sudah dipercaya sebagai tanaman yang memiliki khasiat yang tinggi, bahkan sampai ada yang mempercayai bahwa tanaman ini mempunyai nilai spiritual sehingga harus disediakan pada upacara adat. Selain banyaknya kandungan yang baik untuk kesehatan, daun sirih merah juga memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Artikel terkait :   Menghemat listrik di rumah

Nah, dengan pemaparan diatas mengenai nutrisi yang dikandung dalam daun sirih merah, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Tanaman herbal yang satu ini sangat mudah kita temui disekitar kita. Manfatkan dengan baik secara rutin dapat mempergunakan ekstrak daun sirih merah dalam bentuk kapsul yang sudah dapat banyak kita temui di toko obat tradisional.

@Tips bermanfaat – 2016

Leave a Reply