Khasiat kenikir untuk anti kanker

Khasiat kenikir untuk anti kanker sebagai obat tradisional yang mujarab serta alami. Banyak terapi kesehatan alternatif untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker secara bertahap. Kita tahu tanaman kenikir yang bentuknya kecil dengan bentuk yang unik ini, memiliki khasiat yang cukup banyak untuk hidup sehat. Kenikir biasa digunakan sebagai lalapan, kulupan(Jawa), ataupun campuran untuk pecel ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya mencegah kanker. Kandungan nutrisi alami / khasiat kenikir sebagai tumbuhan herbal ini mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Bagaimana penjelasannya?.

Daun kenikir sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, mungkin terasa hanya sebagai sayuran yang sepele dan sederhana. Namun dibalik itu, terdapat manfaat daun kenikir ini akan sangat membantu bagi orang-orang mengalami masalah gangguan kesehatan tertentu. Daun kenikir yang dalam bahasa latin disebut dengan Cosmos Caudatus kenikir adalah salah satu sayuran Indigenous yaitu spesies sayuran asli indonesia yang berasal dari daaerah/wilayah ataupun ekosistem tertentu.

Dalam sebuah penelitian juga menemukan kalau daun kenikir mengandung senyawa yang memiliki daya antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik(jalur mitokondria). Pemacuan apoptosis merupakan salah satu cara penghambatan karsiogenesis atau penyebab kanker.

Disamping daunnya, ternyata bunga kenikir juga bermanfaat antara lain untuk obat gondongan dan juga bisa jadi obat pembengkakan pada payudara. Caranya yaitu bunga kenikir ditumbuk dan dicampur cuka kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Selain itu bunga kenikir juga bisa mengusir serangga dengan aromanya yang khas.

Kandungan Kimiawi dan Manfaat Kenikir
Tanaman kenikir memiliki bunga berwarna merah, jingga, atau kuning yang sering dijumpai sebagai pengganti pagar tanaman. Siapa sangka pagar tanaman yang satu ini memiliki manfaat tak terduga. Tanaman herbal ini berkhasiat sebagai obat lemah lambung, penguat tulang dan penambah nafsu makan. Daun kenikir mengandung 3 persen protein, 0,4 persen lemak dan karbohidrat serta kaya dengan kalsium dan vitamin A.

Artikel terkait :   Manfaat bunga pepaya untuk mencegah kanker

Tanaman ini juga mengandung saponin, flavonoida polifenol dan minyak atsiri. Minyak atsiri diketahui sebagai bahan dasar dari minyak wangi yang mempunyai aroma khas dan mudah menguap.

Khasiat kenikir Sebagai Anti Kanker
Manfaat lain kenikir yakni mengandung zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dipercaya memicu banyak penyakit karena faktor lingkungan, seperti kanker dan jantung. Pada kenikir, kandungan flavonoidnya merupakan zat antioksidan paling efektif menangkal zat jahat tersebut. Karena hal ini, kenikir disebut sebagai agen kemopreventif. Zat antioksidan yang terkandung dalam kenikir untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dipercaya memicu banyak penyakit karena faktor lingkungan, seperti kanker dan jantung.

Selain itu, kenikir juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu seperti :
Khasiat kenikirMeningkatkan nafsu makan – manfaat daun kenikir ini dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Cara mengkonsumsinya anda ambil 100 gram daun kenikir yang masih segar dan bersihkan dengan menggunakan air. Kemudian anda dapat mengkonsumsi langsung daun kenikir ini untuk dijadikan lalapan mentah.
Khasiat kenikir – Mengatasi lemah jantung – manfaat daun kenikir yang selanjutnya yaitu dapat juga berkhasiat untuk mengatasi lemah jantung. Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan yang membuat anda menjadi ketergantungan dengan obat tersebut. Cukup dengan menggunakan daun kenikir ini anda dapat mengatasi lemah jantung tersebut. Cara penggunaannya yaitu bisa diolah menjadi lalapan mentah maupun masak, atau anda dapat merebus daun kenikis dengan tiga gelas air dan biarkan sampai tersisa menjadi dua gelas, kemudian minumlah air rebusan daun kenikir.
Khasiat kenikir – Untuk mengusir serangga – selain dapat dijadikan sebagai obat, daun kenikir juga dapat bermanfaat untuk mengusir serangga. Ambil beberapa helai daun kenikir lalu tumbuk sampai benar-benar halus, kemudian simpanlah ditempat yang biasa dilalui oleh serangga.
Khasiat kenikir – Mencegah penuaan dini – manfaat daun kenikir ini tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, namun berkhasiat juga untuk menjaga kecantikan kulit wajah, diantaranya untuk mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, mengkonsumsi daun kenikir ini sangat baik untuk tubuh.
Khasiat kenikir – Menghilangkan bau mulut – dengan mengkonsumsi daun kenikir secara rutin, akan menghilangkan bau nafas yang tidak sedap. Sebab kandungan daun kenikir juga terdapat kalsium yang tinggi dapat juga membantu memperkuat tulang.

Artikel terkait :   Khasiat daun seledri untuk hidup sehat

Dari penjelasan dan pemaparan diatas, dapat kita pahami manfaat yang terkandung dalam tanaman kenikir. Selain sebagai lalapan, tanaham herbal ini dapat menjadi obat yang manjur untuk berbagai masalah kesehatan secara alami. Selamat mencoba

@Tips bermanfaat

Leave a Reply