Khasiat kulit jeruk mencegah kanker kulit

Jangan buang kulit jeruk saat menikmati buahnya, karena kandungan antioksidan kulit jeruk memilik manfaat untuk mencegah kanker kulit serta mencegah penuaan dini. Kulit jeruk mengandung senyawa d-limonene yang dapat melindungi kita terhadap sel kanker kulit yang dapat timbul pada permukaan kulit. Selain mencerahkan kulit sebagai bahan masker alami, kulit jeruk juga dapat disajikan sebagai selai yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut tips bermanfaat untuk anda.

Banyak ahli gizi yang telah lebih dulu meneliti kandungan dalam banyak buah yang sering kita konsumsi, mengandung banyak senyawa bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dan ini tidak banyak yang diketahui oleh umum. Walau rasanya getir dan pahit dilidah, namun nilai gizinya sangat tinggi.

Saat kita mengkonsumsi buah jeruk, bisa langsung dimakan setelah dikupas, dibuat sari jeruk atau bisa digunakan untuk campuran rujak dan salad. Tapi selain buahnya yang segar, kulit jeruk selalu dianggap sebagai limbah ternyata kulit jeruk memang memiliki rasa yang pahit, getir dan bau sengir, namun dengan pengolahan yang baik dan benar rasa pahit tersebut dapat dihilangkan sehingga akan dihasilkan suatu produk yang berkualitas baik dan dapat diterima oleh konsumen. Salah satu bentuk olahan kulit jeruk ini adalah selai. Selai yang dibuat dari sari buah dan kulit buah genus Citrus biasa disebut marmalade. Marmalade ini dapat digunakan sebagai olesan pada roti tawar, sebagai isi roti manis, dapat dimanfaatkan untuk pembuatan cake, kue kering, permen, atau pemanis pada minuman seperti yogurt dan es krim atau.

Jika anda ingin mengkonsumsi kulit jeruk sebagai bahan olahan selai, proses pembuatan selai kulit jeruk sama seperti pembuatan selai buah. Untuk menghilangkan pahit dan bau sengir pada kulit jeruk perlu dilakukan perebusan dan perendaman. Berikut langkah-langkah membuat selai kulit jeruk:

Bahan :
– kulit jeruk 1 kg
– gula pasir ¾ kg
– asam sitrat 0,2 g/kg bubur buah
– natrium benzoate 0,5 gram/kg bubur buah
– garam dapur secukupnya
– vanili secukupnya

Cara Pembuatan :
1. Pilih kulit jeruk yang sudah tua tapi tidak terlalu matang karena kandungan pektinnya tinggi yang sangat dibutuhkan untuk pembuatan selai dalam rangka pembentukan gel atau kekentalan.
2. Ambil kulit bagian tengah atau dalam yang menyurapai gabus berwarna putih dan ada juga yang berwarna kemerah-merahan, selanjutnya dilakukan pencucian untuk menghilangkan kotoran dan getah yang menempel.
3. Rebus dalam air panas (suhu 85-100 0C) selama 30-40 menit.
4. Cuci dengan air bersih secara berulang-ulang, kemudian rendam selama 24 jam lalu tiriskan
5. Hancurkan/ giling kulit buah yang telah ditiriskan. Ukuran partikel dari hasil penggilingan diusahakan tidak terlalu kasar dan tidak terlalu halus yang berbentuk serat-serat kasar.
6. Masak bubur kulit jeruk bersama gula, garam, vanili, asam sitrat dan Na Benzoat sebagai pengawet selama kurang lebih 1 jam sambil diaduk-aduk sampai mengental berwarna kuning kecoklatan. Pemanasan atau pemasakan yang terlalu lama menyebabkan hasil selai menjadi keras dan membentuk kristal gula.  Sedangkan bila terlalu cepat/singkat, selai yang dihasilkan akan encer.

Artikel terkait :   Mengobati radang tenggorokan pada anak

Khasiat kulit jeruk mencegah kanker kulit
Semua tahu buah jeruk, dan banyak macam dan asal pertumbuhannya. Jeruk menjadi komoditas yang sangat banyak peminatnya dengan kandungan vitamin tinggi terutama vitamin C menjadikan buah jeruk salah satu buah yang selalu kita konsumsi untuk meningkatkan stamina dan sistem imun tubuh menghadapi masa panca roba yang membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

Buah jeruk, saat kita mengkonsumsinya, sering dengan sadar membuang kulit jeruk karena tidak enak dimakan. Kulit jeruk, memiliki senyawa d-limonene dan pektin yang berfungsi mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Juga senyawa atsiri dengan berdasar banyak penelitian, senyawa yang terkandung dalam kulit jeruk ini bermanfaat sebagai antibiotik alami.
Untuk lebih memahami khasiat yang terkandung dalam kulit jeruk, berikut adalah daftar manfaat kulit jeruk yang mungkin belum anda sadari dan sangat mengejutkan.

1. Manfaat kulit jeruk – Anti kolesterol
Hampir semua senyawa anti kolesterol dalam jeruk ditemukan di bagian kulit. Senyawa ini membantu memerangi LDL atau kolesterol “buruk” dalam tubuh kita yang membentuk bekuan plak yang berpuncak pada pembuluh darah ke jantung yang tersumbat. Oleh karena itu, diet kulit jeruk termasuk dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

2. Manfaat kulit jeruk – Mengatasi Perut Mulas
Anda menderita sakit maag kronis? dengan bantuan kulit jeruk alami, dapat menyingkirkan mulas dengan seketika. Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia aktif dalam kulit jeruk membantu meringankan mulas. Ketika digunakan selama 20 hari, penderita bisa mendapatkan bantuan tambahan untuk meringankan penyakit maag.

3. Manfaat kulit jeruk – Menyehatkan pencernaan pencernaan
Kulit jeruk mengandung serat makanan yang tinggi, sekitar 100 gram kulit jeruk mengandung setidaknya 10,6 gram serat. Serat pangan bermanfaat untuk mencegah sindrom iritasi usus, termasuk sembelit dan kembung. Manfaat teh yang dikombinasikan dengan ekstrak kulit jeruk akan menenangkan sistem pencernaan anda.

Artikel terkait :   Mengurangi mata minus secara alami

4. Manfaat kulit jeruk – Memperbaiki kondisi pernapasan
Perasan jeruk penuh dengan vitamin C, merupakan pendorong peningkatan kekebalan sistem imunitas tubuh. Antioksidan dalam jeruk khususnya vitamin C dapat membantu mencegah berbagai masalah pernapasan seperti gejala penyakit bronkitis, pilek, flu, gejala penyakit asma dan paru-paru.

5. Manfaat kulit jeruk – Mengatasi gangguan masalah pencernaan
Sejak dahulu, orang-orang telah menghargai kulit jeruk karena sifat penyembuhan alami mereka. Bahan-bahan yang diekstrak dari kulit jeruk digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai gangguan fungsi pencernaan. Serat makanan yang kaya. akan membantu mengatur gerakan usus, sehingga sistem pencernaan bekerja lebih mudah.

6. Manfaat kulit jeruk – Mencegah Kanker (Kulit dan Paru-paru)
Percaya atau tidak percaya kulit jeruk memiliki berbagai efek yang dapat mencegah berbagai jenis kanker yang mengancam kita. Flavonoid dalam kulit jeruk membantu vitamin C agar dapat bekerja secara efisien serta memperlambat pertumbuhan sel kanker. Satu studi menunjukkan bagaimana kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yang merupakan penyebab fatal kanker kulit. Orang yang mengkonsumsi kulit jeruk secara teratur memiliki lebih sedikit risiko menderita kanker kulit dan kanker paru-paru dibandingkan mereka yang hanya makan jeruk di dalamnya.

7. Manfaat kulit jeruk – Menurunkan Berat Badan
Kulit jeruk telah dipercaya banyak pakar kesehatan karena kemampuannya yang dapat secara efektif meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan.

8. Manfaat kulit jeruk – Menyembuhkan infeksi, flu, dan demam
Kulit jeruk merupakan sumber terbaik yang mengandung vitamin C dan A, keduanya merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh.

9. Manfaat kulit jeruk – Meringankan Bronkitis
Penyakit bronkitis adalah salah satu penyakit yang sangat menyakitkan dan sulit untuk ditangani. Dengan meminum kulit jeruk dengan rutin maka ia dapat membantu menyembuhkan infeksi serta memiliki efek yang menenangkan.

Wow, banyak juga manfaat kulit jeruk untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang sangat tinggi dan bermanfaat sekali, tanpa harus mengkonsumi suplemen atau vitamin kemasan yang diproduksi dari pabrik. Nikmati kesehatan tubuh alami dengan konsumsi kulit jeruk dengan berbagai kemasan yang dapat anda pilih sesuai selera.

One Comment

Leave a Reply